Bentuk Karakter Bangsa, Serda Sumardi Bekali Pelajar Bela Negara

SHARE:

Kebumen, Jateng | IMC - Siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) memiliki posisi strategis dalam membentuk dasar-dasar mental dan perilaku generas...


Kebumen, Jateng | IMC - Siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) memiliki posisi strategis dalam membentuk dasar-dasar mental dan perilaku generasi muda bangsa. Usia seperti ini tentunya sangat penting diberikan bekal Bela Negara yang memadai untuk mewarnai perjalanannya meraih cita-cita dimasa yang akan datang. Dengan alasan tersebut, siswa SD juga perlu diberi materi tentang Bela Negara bagi Generasi Muda. Tampak seperti yang dilakukan Serda Sumardi saat menjadi Pembina Upacara dihadapan warga sekolah SDN 2 Candi Karanganyar, Kabupaten Kebumen, Senin (03/01/2020).

Dalam amanatnya Serda Sumardi memberikan beberapa penekanan penting terkait peran serta dan kewajiban sebagai warga negara dan usaha Bela Negara. Terutama peran seorang pelajar dalam usaha Bela negara yakni dengan melakukan belajar dengan tekun, giat serta dapat mencapai prestasi. Disamping itu dibumbui dengan pembekalan materi kedisiplinan untuk siswa-siswi.

Harapannya dengan pembinaan kedisiplinan akan sedikit merubah pola berfikir anak untuk berbuat yang positif. Dikonfirmasi usai kegiatan Upacara Bendera, Serda Sumardi menuturkan "Pembekalan Bela Negara dan kedisiplinan harus sesuai dengan levelnya, tentu pemberian pembekalan materi tersebut harus disesuaikan dengan keadaan usia. Sehingga bisa mudah dicerna, dipahami dan dimengerti untuk dilaksanakan dalam kehidupan,” kata Serda Sumardi.

Pemberian pembekalan Bela Negara kepada siswa-siswi SD materinya disesuaikan dengan kemampuan daya pikir anak setingkat SD.

"Dengan penyampaian materi Bela Negara, diharapkan tumbuh rasa bela negara, rasa cinta Tanah Air dan berwawasan kebangsaan. Nantinya, siswa dapat menjadi generasi yang berkompeten dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," pungkasnya.

Serda Sumardi juga  berpesan kepada siswa-siswi agar selalu rajin belajar, berlaku sopan kepada orang tua, guru dan kepada siapapun juga. (Sty)


Sumber : Pendim Kebumen

COMMENTS

[/fa-book/ THE LATEST NEWS]_$type=two$m=0$rm=0$h=400$c=2