Babinsa Plarangan Bantu Petugas P3A Bersihkan Saluran Irigasi


Kebumen, Jateng, IMC - Babinsa Plarangan, Koramil 04/Kranganyar, Serda Sugiyanto bersama petugas pengairan (ulu-ulu) yang tergabung dalam Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) melaksanakan pembersihan saluran irigasi di Kelurahan Plarangan, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Kebumen, Minggu (23/02/2020).

Kegiatan membersihkan irigasi yang dilakukan bertujuan agar saluran air dapat mengalir dengan lancar menuju ke sawah warga.

"Musim hujan seperti sekarang ini sampah-sampah menumpuk terbawa aliran air dan menyumbat di pintu air saluran irigasi. Untuk itu kita harus rajin melakukan pembersihan agar air dapat mengalir ke sawah para petani dan tidak menimbulkan dampak banjir, " kata Serda Sugiyanto.

“Dewasa ini kebutuhan air memang sangat diperlukan petani, sehingga banyak petani yang komplin jika ketersediaan air terbatas. Program swasembada pangan merupakan program pemerintah yang tertuang dalam program Nawacita sehingga harus kita dukung bersama untuk mewujudkan ketahanan pangan di Indonesia khususnya di wilayah Kec. Karanganyar Kabupaten Kebumen,” pungkas Sugiyanto.

Bapak Slamet sebagai petugas pembagi air sangat berterima kasih kepada TNI yang selama ini telah mendampingi kegiatan Petani dan Petuga P3A. Slamet juga mengaku selalu rajin memeriksa saluran-saluran air, terutama selama musim hujan. Pasalnya, jika tidak diperiksa saluran air yang tersumbat bisa mengakibatkan banjir dan  air yang seharusnya bisa dialirkan ke lahan persawahan terbuang percuma. (Sty)


Sumber: Pendim Kebumen

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال