Babinsa Panjatan Sukseskan Program Posyandu Lansia

SHARE:

Kebumen | Jateng, IMC - Babinsa Koramil 04/Karanganyar Serda Pangudi bersama Koptu Eko Mulyono melaksanakan pendampingan kegiatan progra...


Kebumen | Jateng, IMC - Babinsa Koramil 04/Karanganyar Serda Pangudi bersama Koptu Eko Mulyono melaksanakan pendampingan kegiatan program Posyandu Lansia di lingkungan RW. 03, Kelurahan Panjatan, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Kebumen. Rabu (19/02/20).

Posyandu Lansia merupakan fasilitas pelayanan kesehatan yang berada di desa atau kelurahan yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat khususnya bagi warga yang berusia lanjut. Posyandu Lansia menitik beratkan pada pelayanan promotif dan preventif tanpa mengabaikan upaya kuratif dan rehabilitatif.

Serda Pangudi menyampaikan “Posyandu Lansia merupakan upaya menjaga kesehatan Lansia yang mencakup kegiatan pelayanan kesehatan dengan tujuan mewujudkan masa tua yang bahagia dan berdayaguna. Proses penuaan akan berdampak pada berbagai aspek kehidupan. Ditinjau dari aspek kesehatan bertambahnya usia, maka Lansia akan semakin rentan terhadap berbagai keluhan fisik dan psikis. Untuk itu, pelayanan kesehatan bagi Lansia berupa Posyandu Lansia sangatlah penting untuk diadakan guna memperhatikan  status kesehatan para Lansia,” ungkap Pangudi.

Lebih lanjut Pangudi mengatakan, “Pelayanan kesehatan meliputi timbang badan, cek tensi darah, pengukuran tinggi badan, pengukuran lingkar perut, hingga pemeriksaan lanjutan. Pemeriksaan lanjutan itu dikhususkan bagi yang membutuhkan uji laboratorium berupa pengecekan gula darah, kadar kolesterol, serta asam urat,” imbuhnya.

Kader Posyandu Kelurahan Panjatan Karmilah mengucapkan “Terima kasih kepada Babinsa Koramil 04/Karanganyar yang telah melakukan pendampingan, memberikan semangat dan memberikan penyuluhan mengenai pola hidup sehat bagi Lansia. Mudah-mudahan dengan Posyandu Lansia ini diharapkan dapat membantu para Lansia menjadi penduduk usia lanjut yang terus mempertahankan kesehatan fisik serta psikologis,” ucap Karmilah. (Sty)


Sumber: Pendim Kebumen

COMMENTS

[/fa-book/ THE LATEST NEWS]_$type=two$m=0$rm=0$h=400$c=2