Babinsa Karya Bakti Bantu Kesulitan Warga Binaan

SHARE:

Kebumen, Jateng | IMC - Bintara Pembina Desa (Babinsa) disamping selalu memonitor kondisi dan keadaan di wilayah binaannya juga dalam se...


Kebumen, Jateng | IMC - Bintara Pembina Desa (Babinsa) disamping selalu memonitor kondisi dan keadaan di wilayah binaannya juga dalam segala hal harus bisa menjadi contoh dan tauladan bagi masyarakat khususnya. Apalagi di tempat desa binaannya seorang Babinsa harus mampu menjadi barometer yang positif. Babinsa harus selalu hadir di tengah-tengah warganya dan menganggap desa binaanya itu seperti kampung halamannya juga.

Peran babinsa di desa sungguh sangat di harapkan. Salah satunya membantu kegiatan dan kesulitan warga desa. Namun ini yang perlu dicatat dan garis hitam tebal, seorang Babinsa jangan hanya berpatokan pada desa binaanya saja. Itu salah besar.
Memang tanggung jawab desa binaanya tergantung dari Babinsa masing-masing. Akan tetapi yang harus diingat adalah seorang Babinsa harus cepat tepat menolong orang siapa saja yang membutuhkan. Manakala mungkin seorang Babinsa sedang lewat suatu desa yang bukan desa binaannya, di situ melihat masyarakat banyak atau perorangan sedang bekerja, maka sebaiknya berhenti. Minimal tegur sapa. Lebih baik lagi berhenti kemudian turun dari kendaraan dan ikut membantu walau hanya  sebentar. Disitulah letaknya seorang babinsa yang benar dan bisa menjadi tauladan.

Seperti yang terjadi di Desa Kajoran Kecamatan Karanggayam, Kabupaten Kebumen, Senin (3/2/20), masyarakat desa sedang melaksanakan kerja bakti memperbaiki saluran air. Gerak cepat, Serda Priyo Samiaji anggota Koramil 05/Karanggayam yang melintasi jalan tersebut akhirnya berhenti dan ikut bergabung dengan masyarakat banyak walau desa tersebut bukan desa binaanya.

Masyarakat luas semakin kedepan semakin memberikan apresiasi tinggi pada kemajuan peran TNI di tengah tengah masyarakat. Terbukti TNI sekarang semakin dekat dengan  masyarakat. Kehadiranya selalu dinantikan. Ini semua sangat membantu untuk kemajuan TNI kedepanya.

Babinsa adalah sebagai ujung tombaknya  karena peran Babinsa sangat dekat dengan masyarakat. Babinsa harus pro aktif memonitor wilayah dan harus dekat dengan masyarakat. Peran Babinsa di wilayah sangat memberikan andil besar dalam meningkatkan terwujudnya profesional di tubuh TNI. (Sty)


Sumber : Pendim Kebumen

COMMENTS

[/fa-book/ THE LATEST NEWS]_$type=two$m=0$rm=0$h=400$c=2