Memasuki MT 1, Babinsa Tambaksari Bantu Bersihkan Saluran Irigasi

SHARE:

Kebumen, Jateng | IMC - Guna memperoleh dan memenuhi kebutuhan pengairan sawah yang saat ini memasuki  Musim Tanam pertama Padi ( MT.1 )...


Kebumen, Jateng | IMC - Guna memperoleh dan memenuhi kebutuhan pengairan sawah yang saat ini memasuki  Musim Tanam pertama Padi ( MT.1 ), Babinsa Tambaksari Koramil 19/Kuwarasan, Kodim 0709/Kebumen, Serda Teguh Raharjo bersama  Persatuan Petani Pengguna Air (P3A) dan Poktan Sari Tani desa Tambaksari melaksanakan kegiatan pembersihan saluran irigasi tersier di wilayah Desa Tambaksari Kecamatan Kuwarasan Kabupaten Kebumen, Kamis (30/01).

Irigasi adalah usaha penyediaan dan pengaturan air untuk menunjang pertanian secara buatan atau alami dari sumber air yang tersedia kepada sebidang tanah lahan untuk memenuhi kebutuhan tanaman. Dengan demikian tujuan irigasi adalah mengalirkan air secara teratur sesuai kebutuhan tanaman pada saat persediaan air tanah tidak mencukupi untuk mendukung pertumbuhan tanaman, sehingga tanaman bisa tumbuh secara normal.

Tujuan pembersihan saluran irigasi adalah agar penyaluran air ke lahan-lahan pertanian dapat lancar sehingga lahan tidak mengalami kekurangan air, sekaligus menunjang peningkatan target panen padi pada MT.1 untuk mensukseskan swasembada pangan yang dicanangkan oleh pemerintah.

Babinsa Desa Tambaksari mengatakan bahwa, "Pemeliharaan saluran irigasi ini kita lakukan adalah dengan pembersihan sekaligus pengerukan sampah dan endapan tanah akibat pendangkalan" tutur Serda Teguh Raharjo.

Lebih lanjut Kades Tambaksari Rasipan, S.Pd yang memimpin langsung di lokasi mengatakan, "Pembersihan dan pemeliharaan saluran irigasi ini kita lakukan agar areal persawahan di wilayah desa Tambaksari ini kebutuhan air untuk petani tercukupi, dimana saat ini petani sudah melakukan, pengolahan lahan, penyemaian bahkan sebagian sudah ada yang Tanam padi".

"Alkhamdulillah pembersihan cepat selesai ,kita bekerja semaksimal mungkin dengan penuh semangat gotong royong , mari kita rawat dan pelihara bersama saluran irigasi ini biar lancar agar kedepannya pengairan di areal persawahan desa Tambaksari dapat merata dan optimal". Pungkas Rasipan. (SSY'95-Sty)

COMMENTS

[/fa-book/ THE LATEST NEWS]_$type=two$m=0$rm=0$h=400$c=2