Danrem 071 : Wasrik Adalah Fungsi Kontrol Pelaksanaan Progja


Banyumas, Jateng | IMC - Dalam siklus management suatu organisasi, fungsi pengawasan, pemeriksaan dan kontrol sangat diperlukan. Hal ini bertujuan untuk menghindari dan mencegah terjadinya kesalahan atau penyimpangan terhadap aturan dan ketentuan penggunaan anggaran yang berlaku.

Hal tersebut dikatakan Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Kav Dani Wardhana, S.Sos., M.M., M.Han., dalam sambutannya pada Penerimaan Wasrik Post Audit Tim Wasrik Itdam IV/Diponegoro, Selasa (28/1/2020) di Aula Jenderal Sudirman Makorem 071/Wijayakusuma, Sokaraja, Banyumas.

"Wasrik pada hakekatnya merupakan aplikasi dari pelaksanaan fungsi alat kontrol dan kendali bagi penyelenggaraan sistem pengawasan, dengan tujuan untuk mengawasi program kerja dan anggaran agar berjalan sesuai program kerja dan anggaran yang dilaksanakan satuan", terangnya.

Ditegaskan pula bahwa pengawasan dan pemeriksaan yang dilakukan secara intern maupun ekstern merupakan bagian dari upaya untuk menghindari terjadinya kesalahan, penyimpangan, dan kekeliruan dalam pelaksanaan program kerja dan anggaran beserta pembuatan laporan keuangannya.

Karena pentingnya wasrik dalam pengoptimalisasian program kerja dan anggaran serta akuntabilitasnya, diharapkan koordinasi dan kerjasama yang baik dalam pelaksanaannya. Prinsip ketaatan dan kepatuhan terhadap aturan serta efektifitas, efisiensi dan ekonomis yang bermuara pada pengelolaan program kerja dan anggaran yang akuntabel harus dapat tercapai.

"Berikan data yang akuntabel dan transparan disertai bukti-bukti yang ada tanpa harus ditutup-tutupi. Dengan demikian, Tim Wasrik akan mengetahui kondisi progra kerja", pintanya.

Sementara itu, Kolonel Inf Legowo. WR. Jatmiko, S.I.P., selaku Ketua Tim Wasrik Post Audit Kodam IV/Diponegoro  mengatakan, tim Wasrik ini akan melihat dan memeriksa tentang pelaksanaan tugas dan fungsi yang berkaitan dengan pembinaan potensi matra darat, penataan potensi kekuatan, sarana dan strategi wilayah pertahanan yang nantinya dilaporkan kepada pimpinan atau komando atas.

Dirinya berharap semua tertib administrasi baik yang menyangkut keuangan, materiil, penyelenggaraan program kegiatan sesuai program kerja satuan serta penyempurnaan bentuk pelaporan agar ditingkatkan sesuai prosedur dan aturan yang berlaku.

Menyinggung adanya Virus Corona, Irdam meminta agar setiap personel untuk mengantisipasinya dengan melaksanakan olahraga untuk kebugaran tubuh. (*)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال