Atasi Kerusakan Saluran Air, Babinsa Pos Ramil Padureso Bantu Pembuatan Talud

SHARE:

Kebumen, Jateng | IMC - Babinsa Pos Koramil Padureso, Sertu Eko Trisno S.  bersama warga melaksanakan  gotong royong pembuat talud jalan...


Kebumen, Jateng | IMC - Babinsa Pos Koramil Padureso, Sertu Eko Trisno S.  bersama warga melaksanakan  gotong royong pembuat talud jalan di Desa Rahayu, Kecamatan Padureso, Kabupaten Kebumen, Kamis (30/01).

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan penguatan bahu jalan desa, terkait musim hujan yang akhir-akhir ini banyak bahu jalan yang tergerus air. Selain itu tujuan pembuatan talud ini juga untuk menormalisasi saluran air yang berada disepanjang bahu jalan desa.

Sertu Eko Trisno membuktikan hal tersebut, diaplikasikan dalam bentuk semangat kerja bakti membantu warga desa binaannya. Hal ini sebagai salah satu cara meningkatkan kinerja dan silaturahmi untuk mewujudkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat. Talud sepanjang 120 meter dengan tinggi 0,7 meter dan lebar 0,3 meter itu dikerjakan warga secara gotong royong.

Sertu Eko Trisno dalam kesempatan itu mengatakan, “Pembangunan talud sebagai dinding penahan bahu jalan tersebut berfungsi untuk menahan dinding tanah, melindungi kondisi jalan dan mencegah timbulnya longsor bahu jalan." ungkapnya.

Lebih lanjut dijelaskan Eko Trisno, “Penyebab rusaknya bahu jalan desa ini bisa disebabkan oleh banyak hal seperti beban kendaraan yang melintas, hujan lebat yang menimbulkan genangan air di jalan dan arus air selokan yang terlampau berlebih. Untuk itu pembuatan talud ini selain sebagai pelindung bahu jalan, juga pemeliharaan sarana jalan dari kerusakan, sekaligus menciptakan ruang wilayah yang stabil," imbuhnya.

Ia juga menghimbau seluruh warga untuk turut membantu dalam kerja bakti tersebut, agar proses pengerjaan cepat selesai. Mengingat musim penghujan sudah tiba. Sehingga dikhawatirkan pekerjaan akan tertunda, pasalnya sebagian warga sudah mulai meladang dan turun sawah.

Sementara itu Kades Rahayu Paiman menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Babinsa yang sudah membantu pembuatan talud di wilayahnya.

"Saya sudah lama kenal Babinsa Sertu Eko Trisno, beliau ringan tangan dan mudah diajak koordinasi senang membantu warga dalam segala hal. Sekali lagi saya atas nama warga Rahayu mengucapkan terima kasih atas peran dari Babinsa Sertu Eko Trisno, warga menjadi lebih semangat, lebih giat dan lebih senang." ungkap Paiman. (Sty)


Sumber : Pendim 0709/Kebumen.

COMMENTS

[/fa-book/ THE LATEST NEWS]_$type=two$m=0$rm=0$h=400$c=2