Aksi Babinsa Bantarkawung Brebes Dalam Meminimalisir Dampak Bencana Longsor

SHARE:

Brebes | Jateng, IMC –  Aksi Babinsa Koramil 12 Bantarkawung Kodim 0713 Brebes, dalam upaya meminimalisir dampak bencana alam tanah longso...

Brebes | Jateng, IMC – Aksi Babinsa Koramil 12 Bantarkawung Kodim 0713 Brebes, dalam upaya meminimalisir dampak bencana alam tanah longsor adalah dengan membentuk tim siaga pos kamling di desa binaannya, yaitu Desa Jipang, Kecamatan Bantarkawung, Kabupaten Brebes, Jateng.

Hal ini disampaikan oleh Sertu Sunaryo, Babinsa Jipang, saat talk show bertajuk Aksi Babinsa Kodim Brebes yang disiarkan secara live di Radio Singosari 103.9 FM. Rara Elshanum (31) atau Siti Khumairoh, tampak memandu dialog interaktif ini di Studio 2 Singosari FM Brebes, Jalan Veteran nomor 14 Brebes. Rabu (8/1/2020).


Dijelaskan Sunaryo, bahwa pihaknya bersama perangkat desa setempat memotivasi warga untuk lebih aktif lagi dalam melaksanakan siskamling khususnya pada puncak musim penghujan ini.

Pasalnya, geografis Jipang adalah wilayah pegunungan yang cukup berpotensi terjadi bencana alam.

“Pencegahan dini untuk meminimalisir dampak longsor yang dilakukan Babinsa dan Pemerintahan Desa adalah dengan melakukan sosialisasi kepada warganya apabila terjadi,” ucapnya.

Sementara dari penuturan Sugiharto (55), Kadus 1 Jipang, bahwa warganya sudah terjadwal secara bergiliran untuk ronda malam, sehingga dapat memberikan peringatan dini jika terjadi bencana.

“Semuanya kebagian jaga sehingga apabila terjadi bencana maka petugas jaga saat itu berkewajiban mengumumkannya langsung melalui pengeras suara di masjid/mushola dan kentongan untuk pencegahan dini,” tutur Kadus.

Kebersamaan tiga pilar (TNI, Polri dan Pemdes) Jipang dalam mengantisipasi bencana alam, juga diwujudkan melalui langkah membentuk jaring komunikasi melalui whatsapp sebagai media lapor cepat yang dikomandoi oleh Babinsa, Babinkamtibmas dan Kepala Desa.

Sekedar diketahui, acara ini ditayangkan setiap Rabu siang pada pukul 10.00-11.00 WIB, dan dapat diakses melalui interaksi langsung di nomor telepon (0283) 671636. Juga dapat diakses melalui link youtube Singosari di https://youtu.be/7heRkU14Llk serta link radio streaming di http://singosarifmbrebes.radiostream123.com/.

Sedangkan siaran tundanya ditayangkan di Radio Top FM Bumiayu pada pukul 12.00 WIB setelahnya. (Utsm-Aan/Red)

COMMENTS

[/fa-book/ THE LATEST NEWS]_$type=two$m=0$rm=0$h=400$c=2