BEM Fakultas Hukum Unsam Menggelar Seminar Kepemimpinan

SHARE:

Langsa,IMC - Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Samudra (BEM FH Unsam) melaksanakan kegiatan Seminar Kepemimpinan da...


Langsa,IMC - Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Samudra (BEM FH Unsam) melaksanakan kegiatan Seminar Kepemimpinan dan Pra Training Leadership di gedung auditorium. Kamis (19/12/19)

Turut di hadiri oleh Wakil Rektor lll Kemahasiswaan Universitas Samudra, Dekan Fakultas Hukum, Dandim 0104 Aceh Timur, Kapolsek Langsa Timur,  kalapas 2B Langsa , Mahasiswa Kota Langsa dan siswa siswi Aceh timur kota Langsa dan Aceh Tamiang.

Dandim 0104 Aceh Timur Letkol Czi Hasanul Arifin,S.sos,.M.Tr (Han) mengapresiasikan acara seminar kepimpinan dan pra training leadership yang diadakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum ini dan berharap agar tidak henti melakukan kegiatan-kegiatan mahasiswa yang nantinya akan membantu mahasiswa untuk menjadi pemimpin yang berintelektual untuk meningkatkan kreatifitas mahasiswa.



Dalam seminar kepemimpinan tersebut,Dandim mengatakan mewujudkan pembinaan karakter kepemimpinan untuk mahasiswa kedepannya diharapkan mampu membangun pemikiran kritis dan karakter pemimpin sesungguhnya,karena sebelum ditempah jiwa pemimpin maka generasi muda kedepannya sulit untuk memimpin, ditengah jamannya 4.0.

"generasi muda harus mampu mewujudkan jati diri pemimpin yang sesungguhnya,Contohnya adalah mereka yang memiliki karakter pemimpin, karena mereka mampu menjadi panutan dan juga memberikan manfaat bagi orang di sekitarnya. Karakter ini perlu dimiliki oleh anda sebagai mahasiswa,” ujar Dandim.

Lebih lanjut,dijelaskan oleh Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Samudra Ali Iqbal, bahwa kriteria pemimpin dapat dimiliki oleh setiap orang. “Menjadi seorang pemimpin bukan merupakan bakat bawaan dan dapat dilatih oleh setiap orang yang memiliki kemampuan kognitif yang baik.


"Kepemimpinan adalah kemampuan untuk memahami, mendengarkan dan memanfaatkan potensi yang anda miliki, karena itu menjadi pemimpin harus dimulai dari dalam diri sendiri. Menjadi pemimpin berarti menjadi orang yang punya kejelasan visi tentang hidup mereka dan tahu apa yang harus dilakukan,” ungkapnya.

Iqbal menambahkan bahwa setiap orang memiliki potensi untuk menjadi pemimpin namun kadang potensi tersebut harus digali dan diaktualisasikan terlebih dahulu. “Ada beberapa sikap yang dapat kita adopsi untuk mampu mengatualisasikan potensi yang kita miliki. Yang paling utama adalah menjadi Mahasiswa dengan lebih peka terhadap berbagai isu yang terjadi di sekeliling kita dan mau berkontribusi untuk menjadikan lingkungan kita lebih baik. Kemudian kedua adalah menjadi pribadi yang berorientasi pada solusi dalam menghadapi masalah, bukan dengan menyalahkan.



Selanjutnya adalah mampu membantu memberdayakan orang di sekitar kita dengan melakukan komunikasi yang baik. Lalu yang terakhir adalah menyadari dan menerima diri sendiri, pahami diri dan pegang prinsip anda, juga terus kembangkan minat anda,” tutup Iqbal.

Penyuting :BH

COMMENTS

[/fa-book/ THE LATEST NEWS]_$type=two$m=0$rm=0$h=400$c=2