Jelang Peringatan HUT Kemerdekaan RI,Koramil dan Polsek Warungasem Gembleng Paskibra

Batang | Jateng,IMC - Putra-putri dari berbagai sekolah menengah atas di Kecamatan Warungasem, Kabupaten Batang -Jateng  ditempa fisik dan mentalnya bertempat di lapangan sepak bola  Desa Warungasem,Senin (05/08/2019). 

Mereka digembleng oleh personil dari Koramil dan Polsek Warungasem untuk  disiapkan menjadi pasukan pengibar bendera (Paskibra) tingkat Kecamatan saat peringatan HUT kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus mendatang.

Titis , seorang anggota Paskibra mengaku senang bisa terpilih, mewakili sekolahnya SMK N I Warungasem. Selain mengenal banyak teman baru, dirinya menjadi memahami tata cara baris berbaris yang benar. Meski dari pagi sampai siang, kekuatan fisik digembleng, tapi bagi Titis merupakan pengalaman berharga.

“Fisiknya jadi lebih bagus, karena sebelum latihan baris-berbaris melaksanakan senam pagi dan lari muter lapangan 3 kali,pada awalnya baris berbaris agak susah, tapi lama kelamaan menjadi tahu seperti apa yang benar, “ ujar Titis.

Instruktur Paskibra dari Koramil 11/Warungasem,Kodim 0736/Batang Serda Sugianto  menuturkan pihaknya berusaha menanamkan kepada anggota Paskibra berupa kedisiplinan, rasa nasionalisme, dan kebersamaan. Sejak tanggal 1 Agustus  proses latihan dimulai, per hari selesai pukul 11.30 WIB. Nantinya membutuhkan total waktu selama 10 hari. 3 hari pertama  fokus pada tahap dasar, hari ke 4 pemilahan dan menggabungkan kekompakan antar kelompok, saat mengibarkan bendera.

“Jadi yang awal – awal ini menyamakan langkah tegap, masuk tahap dasar. Ketika pemilahan nanti, dibagi kelompok 17, 8 dan 45. Saat terakhir, barulah memantapkan persiapan seluruh formasi, “ bebernya.

Anggota TNI yang merupakan Babinsa Menguneng Kecamatan Warungasem ini menambahkan,bahwa khusus tahap pemilahan, yang paling dicermati adalah ketika memilih kelompok 8. Mereka akan menjadi fokus perhatian masyarakat dan tamu undangan, karena bertugas mengibarkan bendera. Menurutnya, kelompok 8 dipilih dari peserta terbaik.

“Semua memiliki peran penting. Tapi untuk kelompok 8 ini menjadi perhatian. Yang kita pilih, kategorinya tinggi badan memenuhi syarat, minimal 160 centi meter, fisik mumpuni dan baris berbarisnya bagus. Jadi benar – benar kita pilih yang terbaik, “ imbuhnya.

Selama latihan Paskibra, semangat kedisiplinan menjadi patokan utama. Semisal ada yang terlambat datang atau melanggar tata tertib, pasti akan menerima sanksi fisik. Serda Sugianto menekankan cara itu semata – mata demi menanamkan rasa tanggung jawab. (Pen-0736). 

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال