Jalan Sehat Sambil Berswafoto di Rest Area Banjaratma

SHARE:

Brebes | Jateng, IMC - Jalan sehat dalam rangka memeriahkan HUT ke-74  RI yang digelar Pemerintah Kabupaten Brebes kali ini tampak berbed...

Brebes | Jateng, IMC - Jalan sehat dalam rangka memeriahkan HUT ke-74  RI yang digelar Pemerintah Kabupaten Brebes kali ini tampak berbeda. Biasanya hanya menyusuri jalanan, kemudian finish di lapangan. Kali ini, Rest Area 260B Banjaratma yang merupakan Ex Pabrik Gula, dijadikan tempat finish. Peserta bisa menikmati tempat sarat sejarah tersebut dengan berswafoto.

"Kiranya jalan sehat kali ini menarik, karena finish berada di Rest Area Banjaratma," ucap Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH, saat memberikan sambutan sebelum melepas peserta jalan sehat, di Balai Desa Banjaratma. Selasa (27/8).

Idza mengapresiasi panitia yang memilih Rest Area 260B sebagai finish kegiatan jalan sehat. Menurutnya, hal tersebut bisa dijadikan ajang untuk memperkenalkan kepada masyarakat luas, bahwa Brebes punya tempat khas yang dapat dikunjungi.

"Karena Rest Area ex Pabrik Gula Banjaratma ini mempunyai nilai sejarah, maka masyarakat Brebes patut mengetahui dan menikmati. Komplek ini dibangun pada masa Penjajahan Belanda di tahun 1908 dan berstatus cagar budaya," jelas Idza.

Selain bisa berolahraga, jalan sehat tersebut juga bisa dimanfaatkan warga Brebes untuk bisa menikmati kuliner khas Brebes yang disuguhkan oleh para pelaku UMKM yang ada di dalam rest area.

"Ada banyak UMKM yang dilibatkan di rest area ini. Display produk unggulan tersebut merupakan salah satu cara untuk memperkenalkannya kepada para pengguna tol yang muaranya pada peningkatan roda perekonomian di Kabupaten Brebes," terang Idza.

Ketua panitia jalan sehat Moh Samsul Haris mengungkapkan, dipilihnya rest area tersebut sebagai finish merupakan langkah untuk memperkenalkan bangunan heritage ex pabrik gula Banjaratma yang disulap menjadi rest area dengan masih mempertahankan bangunan asli.

"Jalan sehat diikuti 20.000 peserta dari berbagai lapisan masyarakat. Mereka berkumpul di halaman balai desa, dan diberangkatkan bersama bupati serta forkompinda," terang Haris.

Dilanjutkan Haris, peserta akan menempuh jarak kurang lebih 3 Km. Peserta dapat menikmati bangunan cagar budaya yang disulap menjadi rest area. Mereka bisa menikmati kulinernya dan berfoto di setiap sudut bangunan yang masih asli.

"Kami sengaja memberikan waktu cukup banyak bagi peserta untuk menyusuri bagian dalam rest area, sebelum dilakukan pengundian," tambah Haris.

Usai menikmati indahnya rest area, peserta berkumpul di dekat panggung untuk mengikuti pengundian hadiah. Berbagai hadiah yang disediakan seperti kipas angin, magic com, televisi dan sepeda gunung dan  hadiah utama berupa satu unit sepeda motor.

Peserta jalan sehat dilepas Kapolres Brebes Aris Supriyono dan Bupati diikuti jajaran Forkopimda, Sekda Brebes Djoko Gunawan, Kepala SKPD Brebes, masyarakat umum dan anak-anak sekolah.

Pengamananpun dilakukan oleh Kodim 0713/Brebes, Polres Brebes, Satpol PP dan Linmas. (Bayu Arfi/Wasdiun/Pendim0713).

COMMENTS

[/fa-book/ THE LATEST NEWS]_$type=two$m=0$rm=0$h=400$c=2