Puluhan Saka Wira Kartika Paguyangan Brebes Dikukuhkan

Brebes | Jateng, IMC – Pamong Satuan Karya Wira Kartika (SWK) Koramil 11 Paguyangan Kodim 0713 Brebes mengukuhkan 41 orang anggota baru pramuka melalui upacara penutupan di halaman Makoramil. Minggu sore (7/4/2019).

Dibenarkan Sertu Joni Rakhyanto (Inspektur Upacara) mewakili Danramil, bahwa kegiatan dibuka sehari sebelumnya (6/4). “Bagi Pramuka yang hari ini diterima sebagai keluarga baru Saka Wira Kartika binaan Koramil 11 Paguyangan, sebelumnya telah melalui uji 5 krida, yaitu Navigasi Darat, Pionering, Mountaineering, Survival dan Krida Penanggulangan Bencana” ucapnya.

Lebih lanjut, Saka ini dibentuk lewat kerjasama antara Kwartir Nasional dengan TNI Angkatan Darat yang bertujuan untuk mengembangkan pendidikan bela negara. dibentuk berdasarkan Keputusan Bersama antara TNI AD dan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor Perkasad 182/X/2007 dan Nomor 199 Tahun 2007 tentang  Kerjasama dalam Usaha Pembinaan dan Pengembangan Pendidikan Bela Negara dan Kepramukaan. Diperkuat dengan Keputusan Musyawarah Nasional Gerakan Pramuka Nomor 13/Munas/2008 tentang Satuan Karya Pramuka Wira Kartika. Dalam pelaksanaannya Saka ini diatur oleh Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 205 Tahun 2009 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Satuan Karya Pramuka Wira Kartika.



Diketahui disamping SWK, saka lainnya yang bersifat nasional meliputi Saka Bhayangkara, Saka Bahari, Saka Dirgantara, Saka Kencana, Saka Taruna Bumi, Saka Wanabakti, Saka Pariwisata, Saka Kalpataru, Saka Widya Budaya Bakti dan Saka Bakti Husada. Untuk kegiatan rutinitas meliputi perkemahan Bakti Wira Kartika, perkemahan antar Satuan Karya serta kegiatan khusus seperti persiapan lomba, ulang tahun SWK, hari pramuka dan lain-lain.

“TNI dituntut aktif dalam pengkaderan serta mendidik dan membina generasi muda penerus bangsa sehingga memiliki karakter yang kuat, cinta tanah air dan bangsa dan berharap mereka kelak menjadi pemimpin masa depan berkarakter sesuai dengan Satya Dharma Pramuka,” imbuhnya. (Aan Pendim Brebes).

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال