Safari Bintal TNI di Wilayah Cilacap


Cilacap | Jateng, IMC - Guna mengoptimalkan Pembinaan mental di jajaran TNI khususnya di wilayah Koordinasi Kodam IV/Diponegoro (Korem 071/Wijayakusuma, Lanal Cilacap, Lanud Jenderal Sudirman), maka dilaksanakan Safari Bintal TNI yang dibuka Danlanal Cilacap di Gedung RE. Martadinata Lanal Cilacap Jln. Kolonel Sugiono Cilacap, Rabu (13/03)

Dengan mengangkat tema " Mental Tangguh mencegah pelanggaran, meningkatkan Kinerja Satuan ", kegiatan pembinaan mental ini mendatangkan Tim Pusbintal Mabes TNI yang dipimpin Letkol Caj. Drs. Wagirun. Kegiatan ini diikuti oleh anggota TNI dan PNS dari Korem 071/WK, Kodim 0703/Cilacap, Lanal Cilacap, Lanud Jenderal Sudirman dan Yonif 405/Suryakusuma.

Turut serta Persit, Jalasenatri, Pia Argarini, PEPABRI, Warakawuri, Persatuan Veteran Republik Indonesia (Piveri), Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI), Persatuan Purnawirawan Angkatan Darat (PPAD) wilayah Cilacap juga hadir dalam kegiatan ini.

Danlanal Cilacap dalam sambutannya yang dibacakan Mayor Cpm (L) Okto mengatakan bahwa kegiatan pembinaan mental ini sangat berguna bagi prajurit guna meningkatkan etos kerja, kedisiplinan dan profesionalisme sebagai Prajurit dan PNS. Begitu juga bagi para istri TNI sangat berguna untuk menambah wawasan guna mendukung tugas suami sebagai prajurit TNI.

Menurut dia, kepribadian tidak terlepas dari kualitas mental dan moral yang baik dan hal itu merupakan syarat mutlak bagi Prajurit dan PNS TNI untuk dapat melaksanakan tugas pokoknya secara optimal serta mewujudkan kebahagiaan dalam rumah tangga.

" Harapan kami, dengan adanya kegiatan ini dapat membangkitkan kesadaran para anggota akan pentingnya memiliki sikap dan mental yang tangguh dalam rangka pelaksanaan tugas kedepan." papar Mayor Okto

Dalam  pelaksanaan tugas dan pengabdian kita, sikap dan tekad untuk menampilkan karya dan kinerja terbaik adalah suatu tuntutan moral, karena dengan semangat kerja yang dilandasi mental rohani, mental ideologi kejuangan dan mental psikis yang tangguh, akan mampu mengoptimalkan pencapaian tugas pokok yang kita emban." tandasnya

Sementara itu Letkol Caj Wagirun selaku ketua Tim Pusbintal Mabes TNI menjelaskan berbagai bentuk pelanggaran yang sering dilakukan oleh anggota TNI. Menurutnya semua itu tidak terlepas dari buruknya mental yang dimiliki oleh prajurit. Faktor yang mempengaruhi sikap dan mental tersebut diantaranya karena pengaruh lingkungan global, kesadaran hukum/aturan yang masih kurang serta fungsi Bintal satuan yang belum optimal.

Peran strategi mental adalah sebagai motor penggerak pengendalian tingkah laku dan etos kerja prajurit. Hal itu mengapa pembinaan mental bagi Prajurit TNI sangat penting. Dia berharap pembinaan mental terus dilakukan terhadap prajurit TNI agar mereka memiliki mental yang tangguh, mencegah pelanggaran serta  meningkatkan kinerja satuannya.

Diakhir kegiatan itu juga diserahkan bantuan zakat UPZ UO Mabes TNI kepada para Veteran, Warakawuri dan Anak Yatim serta bantuan kitab suci Al Qur'an yang diberikan kepada perwakilan masing-masing satuan.

[ Urp/Sty ]

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال