Menjelang Pemilu, Kodim 0713/Brebes Menggelar Pembinaan Netralitas TNI

Brebes | Jateng, IMC - Menjelang pesta demokrasi pada Pemilihan Umum (Pemilu) yaitu Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) April 2019 mendatang, Ratusan personel TNI dan PNS Kodim 0713/Brebes mengikuti sosialisasi pembinaan netralitas TNI Jumat (08/03/2019) bertempat di Aula Jenderal Sudirman No. 107 Brebes.

Melalui pembinaan netralitas TNI dalam Pileg/Pilpres, diharapkan akan terwujud profesionalisme TNI yang bersikap netral dalam penyelenggaraan pemilu. TNI juga senantiasa mendukung suksesnya penyelenggaraan pemilu yang luber dan jurdil di seluruh wilayah NKRI.
Komandan Kodim 0713/Brebes Letnan kolonel Infanteri Faisal Amri, S.E. menyampaikan dari Komando atas dalam hal ini TNI AD membuat program pembinaan netralitas TNI kepada prajurit aktif, Persatuan Istri Tentara (Persit), Keluarga besar TNI (Pepabri).
Hal itu, Menurut Dandim, Netralitas TNI dalam Pileg/Pilpres, diatur dalam Undang Undang Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI dalam pasal 2 pada huruf “d” antara lain ditegaskan bahwa TNI sebagai tentara profesional adalah tentara yang tidak berpolitik praktis.
Dia menegaskan setiap prajurit TNI baik selaku perorangan maupun atas nama institusi tidak boleh memberikan bantuan dalam bentuk apapun pada kegiatan politik praktis, tidak melakukan tindakan dan/atau pernyataan apapun yang bersifat mempengaruhi keputusan KPU atau KPUD dan/atau Panwaslu atau Panwasda.
“Khusus bagi keluarga prajurit TNI (istri/suami/anak prajurit TNI), hak memilih merupakan hak individu selaku warga Negara, institusi atau satuan dilarang memberi arahan di dalam menentukan pelaksanaan dari hak pilih tersebut,” tegasnya.
“Maka kegiatan ini tujuannya untuk membekali para prajurit TNI khususnya di jajaran Kodim 0713/brebes, agar tidak melanggar aturan yang telah ditetapkan oleh undang undang dan perintah Pimpinan TNI Angkatan Darat, jika melanggar tentu ada pemberlakuan sanksi bagi prajurit jika terbukti terlibat politik,” ungkap perwira TNI AD lulusan Akademi Militer (Akmil) 1999.


Hadir sebagai pemateri pembinaan netralitas TNI yakni Pasiter Kodim 0713/Brebes Kapten Arh Budiono dan Danramil 04/Tanjung Kapten Inf Muchtadi. Selain itu dihadiri Kasdim, para Perwira staf, Danramil, Persit KCK Cabang XXIII Dim 0713/Brebes, Anggota minvetcad, Subdenpom, Ketua Pepabri, Bintara dan Tamtama Kodim 0713/Brebes. (Wdd).

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال