Lomba Siskamling Tingkat Kecamatan Warnai Hari Jadi Kabupaten Cilacap ke - 163


Cilacap | Jateng, IMC - Peringatan Hari Jadi Kabupaten Cilacap yang ke 163 tahun 2019, berbagai perlombaan digalakan oleh segenap instansi pemerintahan daerah Kabupaten Cilacap,  mulai dari tingkat desa, kecamatan, hingga tingkat kabupaten.

Seperti halnya yang dilaksanakan di wilayah Kecamatan Sidareja dan Kecamatan Maos. Dalam rangka peringatan Hari Jadi Kabupaten Cilacap dua wilayah  menggelar perlombaan Siskamling, Kamis (07/02).

Di Kecamatan Sidareja, menurut  Danramil 11/Sidareja melalui  Pelda Slamet Widada turut serta menjadi tim penilai lomba Siskamling bersama unsur  Forkompimcam Sidareja. Dalam penilaian lomba Pos Kamling ada kriteria penilaian yang meliputi, aspek ukuran Pos Kamling, bentuk ruangan, sarana perlengkapan pos dan kemampuan perorangan dalam memahami tanda-tanda bahaya.

" Pemenang perlombaan Pos Kamling di tingkat kecamatan ini nantinya akan mewakili Kecamatan Sidareja untuk maju di tingkat Kabupaten Cilacap dalam rangka memperingati Hari jadi Kabupaten Cilacap ke 163," terang Pelda Slamet Widada di sela sela kegiatannya.


Menurut dia, perlombaan seperti ini tentunya sangat baik dilombakan guna menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban lingkungannya. Baginya, Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) merupakan  pengamanan swakarsa yang dilaksanakan masyarakat atas dasar budaya kepaguyuban dan gotong royong yang menjiwai masyarakat khususnya di wilayah pemukiman, sehingga hal ini perlu dilestarikan dan dipertahankan di tengah-tengah masyarakat.

" Tidak hanya saat lomba saja, namun Siskamling harus terus digalakan setiap saat untuk menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungannya masing masing, sehingga masyarakat akan merasa aman dan terlindungi," harap Pelda Slamet.

Selain di RT 05/ RW. 02 Dusun Cibenon Desa Sidareja, penilaian lomba Siskamling juga dilakukan di RT. 04/ RW. 02 Dusun Tinggarjaya dan RT.  02/ RW. 04 Dusun Sidamulya Desa Sidamulya Kecamatan Sidareja. Dalam penilaian tersebut, selain Pelda Slamet Widada, juga ada Kapolsek Sidareja AKP Agung Suginarto, S.H.,  Babinkamtibmas Aiptu Siswanto, Kasi Trantib Kecamatan Sidareja Nanang serta disaksikan Kepala Desa, Perangkat Desa, BPD dan warga.

[ Urip / Sty ]

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال