Koramil 11/Paguyangan Bina Saka Wira Kartika

Brebes | Jateng, IMC - Koramil 11/Paguyangan Kodim 0713/Brebes melaksanakan kegiatan pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika di halaman Makoramil. Minggu (23/03/2019).
Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap hari minggu melibatkan 22 orang peserta Pramuka Penegak dalam wadah Saka Wira Kartika, kegiatan pembinaan yang diberikan Koramil ini dititik beratkan pada pendidikan Bela Negara sebagai kewajiban dasar manusia juga merupakan kehormatan bagi setiap warga negara yang dilaksanakan dengan penuh kesadaran, tanggung jawab, dan rela berkorban bagi bangsa dan negara.
Kesadaran Bela Negara harus dibangun, dibina dan ditumbuhkembangkan dalam diri setiap warga negara sejak usia dini melalui pendidikan seumur hidup dalam bentuk proses pembelajaran interaktif, partisipatif dan progresif sepanjang hayat.
Dalam usaha menjaga integritas bangsa dan negara, perlu meningkatkan pembinaan pemberdayaan partisipasi masyarakat sesuai dengan tuntutan keadaan dewasa ini.   Koramil Paguyangan melalui fungsi pembinaan teritorial berusaha membangkitkan, mendorong, mengarahkan serta mengendalikan keinginan, semangat dan daya masyarakat terutama bagi generasi muda, dalam rangka peningkatan pembinaan partisipasi masyarakat dalam mewujudkan Kesadaran Bela Negara sesuai amanat pasal 30 ayat (2) UUD 1945.
Dalam amanatnya kepada peserta Pramuka Saka Wira Kartika Ranting Paguyangan, Danramil 11/Paguyangan Kapten Cpl Harsono mengatakan ”Satuan Karya Wira Kartika merupakan bagian integral dari Gerakan Pramuka dan jajaran Kwartir Gerakan Pramuka yang merupakan wadah pendidikan guna menyalurkan minat, mengembangkan bakat dan meningkatkan pengetahuan, kemampuan, ketrampilan dan pengalaman Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam berbagai bidang kejuruan/teknologi, serta memotivasi mereka untuk melaksanakan kegiatan karya nyata dan produktif sehingga dapat memberi bekal bagi kehidupan dan pengabdiannya kepada masyarakat, bangsa dan negara, sesuai dengan aspirasi pemuda Indonesia dan tuntutan perkembangan pembangunan dalam rangka peningkatan ketahanan nasional. 
Keberadaan dan kegiatan operasional dari Saka Wira Kartika sebagai kepanjangan proses pendidikan progresif sepanjang hayat Kepramukaan yang berlandaskan pada Anggaran Dasar dan Anggaran rumah Tangga Gerakan Pramuka. (Utsm0713).

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال