Tim Sergap Sterad Tinjau Langsung Panen Raya di Cilacap


Cilacap | Jateng, IMC - Komandan Kodim 0703/Cilacap Letkol Inf Wahyo Yuniartoto, S.E, M.Tr(Han)  menerima kunjungan kerja Tim Sterad dalam rangka pengawasan Sergap, serta meninjau panen raya di areal sawah milik Gapoktan Sumber Makmur Desa Maos Kidul, Kecamatan Maos, Kabupaten Cilacap, Rabu (13/2/2019).

Dandim Cilacap bersama Kepala Staf dan para Danramil turut mendampingi tim yang terdiri dari dua perwira menengah TNI AD yakni,  Kolonel Inf Enoch Sulaiman
dan Kolonel Czi Budi Santoso, kedatangan mereka disambut oleh Camat Maos Ahmad Husin, S.Sos, unsur Forkompincam beserta PPL Kecamatan Maos dan Ketua Gapoktan Sumber Makmur Bapak Sudarjo serta anggota Gapoktan.


Adapun lahan yang menjadi sasaran peninjauan sergap adalah milik Tugimin Poktan Manggala Tirta Desa Maos Kidul seluas 10 hektar, dengan varietas padi Cintanur. Pada kesempatan itu Tim Sergap Sterad dan Dandim Cilacap berkesempatan menaiki mesin pemanen padi (Komben) untuk melihat secara langsung proses panen yang dilakukan dengan cara modern.

Selaku Ketua Tim Kolonel Inf.Enoch Sulaiman
menjelaskan,  maksud dan tujuan kegiatan sergap kepada Ketua Gapoktan Sumber Makmur selaku perwakilan petani, ia  mengatakan, bahwa demi menjaga stok gabah guna memenuhi kebutuhan beras dalam negri, TNI bersinergi dengan Dinas Pertanian dan Bulog untuk mensosialisaikan program ketahanan pangan yang dikemas melalui upsus (upaya khusus) melalui pendampingan TNI kepada petani," jelasnya.


Pendampingan ini dilakukan secara berkesinambungan, untuk meningkatkan produktifitas padi, jadi harapanya setelah tiba masa panen, para petani tidak menjual semua gabahnya, tapi menjual hasil panen kepada Bulog, yang nantinya gabah ini menjadi stok beras nasional yang akan digunakan untuk kepentingan sosial, seperti bencana alam, " tandas Kolonel Enoch Sulaiman.

Pada kesempatan itu, Ketua Gapoktan Sumber Makmur Sudarjo menyampaikan apresiasinya kepada TNI yang selama ini mempunyai peran penting dibalik suksenya para petani." Kami sangat mengapresiasi Babinsa yang selalu mendampingi petani siang dan malam, tempat kami mengadu setiap ada kendala. Kami cukup merasakan pendampingan TNI sangatlah membantu kami, bisa dilihat dari hasil panen kami yang meningkat, dalam 1 hektar dapat  menghasilkan profitas sebanyak 6,5 Ton," papar Sudarjo kepada Tim Sergap Sterad.

[ Pendim 0703/Cilacap ]

2 Comments

  1. Terimakasih BPK Bpk atas kunjungannya, semoga kami bisa berkarya lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  2. Terimakasih BPK Bpk atas kunjungannya, semoga kami bisa berkarya lebih baik lagi.

    ReplyDelete
Previous Post Next Post

نموذج الاتصال