Saka Wira Kartika Binaan Koramil Karangpucung Dilatih Kompas Siang dan Malam


Cilacap | Jateng, IMC  – Kompas adalah alat navigasi untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat, " kata Serda Moch. Ismail saat memberikan latihan  penggunaan Kompas kepada Saka Wira Kartika di Makoramil 15/Karangpucung, jajaran Kodim 0703/Cilacap, Minggu (03/02/2019).

Menurut Serda Moch. Ismail selaku pembina Saka Wira Kartika Koramil 15/Karangpucung mengatakan, Kompas adalah alat yang berfungsi untuk menunjukkan arah mata angin. Dan bagi para Pramuka khususnya Saka Wira Kartika Koramil 15/Karangpucung, haruslah mengetahui dengan benar tentang kompas dan kinerjanya.
Bahwasannya, dengan mengetahui dan bisa membaca peta dengan arah kompas, maka kemungkinan akan tersesat menjadi semakin kecil. Penting sebenarnya bagi Pramuka saat kegiatan di alam bebas, tetapi banyak yang belum menggunakannya.


Selain pengenalan penggunaan Kompas dan perlengkapannya, seperti Peta dan Teropong. Pembina juga menjelaskan mengenai penggunaanya, manfaat dan fungsi dari perlengkapan yang biasa dipakai oleh TNI saat bertugas  di daerah Operasi.

" Peserta kegiatan juga diberi kesempatan untuk mencoba menggunakan perlengkapan kompas tersebut dan cara penggunaan kompas siang dan malam hari," papar Serda Moch. Ismail.

Kegiatan seperti ini juga merupakan salah bentuk usaha pembinaan dan pengembangan bela negara yang sangat berguna bagi calon-calon penerus bangsa yang masih duduk di bangku SLTA. Selain itu banyak manfaat yang bisa diperoleh dalam latihan pramuka antara lain, Siswa akan terbiasa memiliki sikap dan prilaku disiplin dalam kegiatan sehari-hari baik di rumah maupun di sekolah, siswa akan terlatih kesabarannya, memiliki sifat yang jujur dan berani berbuat sesuatu yang benar.

Dikatakan, " kegiatan tersebut diikuti Siswa – siswi Pramuka Saka Wira Kartika kurang lebih 15 orang dalam rangka kegiatan rutin Saka Wira Kartika Koramil 15/Karangpucung." Terangnya.

Wiwit, (16) salah satu anggota Saka Wira Kartika binaan Koramil Karangpucung  mengaku senang sekali latihan kompas siang dan malam, latihannya mudah dipahami dan kompasnya berbeda dengan kompas yang dia sering lihat sebelumnya.

"Saya suka latihan kompas siang dan malam, alatnya mudah digunakan dan cara pemakaiannya mudah dimengerti, kompasnya beda sama kompas-kompas yang pernah saya lihat sebelumnya,"ujar Wiwit penuh semangat.

[ Sutaryo ]

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال