Jelang Pembukaan TMMD, Kodim 0703/Cilacap Bersama Pemda Gelar Rakor


Cilacap | Jateng, IMC - Jelang dibukanya TMMD Sengkuyung Tahap I di Desa Dayeuhluhur, Kecamatan Dayeuhluhur, Kabupaten Cilacap, Kodim 0703/Cilacap menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) persiapan TMMD Sengkuyung tahab I dengan Instansi terkait. Acara Rapat Koordinasi berlangsung di Aula Satya Kartika Kodim setempat, Kamis (14/02/2019).

Rakor tersebut dipimpin oleh Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf Wahyo Yuniartoto, S.E., M.Tr (Han), Kepala Dispermades Cilacap Arifin SR, S.H., M.M. dan Asisten I Tata Kepemerintahan Kabupaten Cilacap Drs. Dian Setyabudi, MM, serta diikuti oleh Pasiter Kodim 0703/Cilacap Kapten Inf Marjono, Danramil 17/Dayeuhluhur Kapten Inf Umar Hutapea, SKPD, BUMN/BUMD, Forkompincam Dayeuhluhur serta Kepala Desa Dayeuhluhur.

Tujuan digelarnya rapat ini untuk menginformasikan secara umum kegiatan TMMD Sengkuyung tahap I di Kabupaten Cilacap tahun 2019, mempersiapkan pelaksanaan
Upacara pembukaan TMMD Sengkuyung I Tahun 2019, meminta informasi Program/Kegiatan SKPD, BUMN/BUMD, SWASTA yang dapat disosialisasikan dalam mendukung pelaksanaan TMMD dan menginformasikan rencana kegiatan baik fisik maupun kegiatan non fisik.

Dalam sambutannya, Dandim Cilacap mengemukakan bahwa kegiatan TMMD ini merupakan program kemanunggalan TNI dengan Rakyat. Desa Dayeuhluhur dipilih dengan mempertimbangkan sejumlah faktor, seperti keterbatasan infrastruktur dan sarpras.


Direncanakan pembukaan TMMD Sengkuyung tahap I  akan dibuka pada tanggal 26 Februari 2019 mendatang. Kegiatan TMMD dinilai sebagai sarana mendukung pelaksanaan pembangunan nasional melalui percepatan pembangunan daerah yang berbasis pembangunan penduduk kewilayahan.

Selain itu, kata Dandim, kegiatan TMMD ini sebagai sarana untuk mendorong peningkatan kehidupan bermasyarakat melalui upaya peningkatan sarana umum yang bisa mendukung kelancaran aktifitas perekonomian serta mendorong akses masyarakat dalam hal pendidikan, kesehatan dan pembangunan, meningkatkan kualitas hidup dan daya saing pendapatan melalui pemberian penyuluhan, ketrampilan dan bintek.

" Kita membuka kran selebar lebarnya kepada seluruh instansi maupun stakeholder yang ada di Kabupaten Cilacap untuk bersama sama mendukung kegiatan TMMD sengkuyung tahap I yang akan dilaksanakan di Desa Dayeuhluhur. Untuk itu, melalui rapat ini, diharapkan ada masukan ataupun program yang bisa disinergiskan dengan kegiatan TMMD atau bantuan-bantuan yang bisa diberikan kepada masyarakat yang ada di Desa Dayeuhluhur, " tandas Dandim.

Sementara itu, menurut Asisten I, Drs. Dian Setyabudi, MM., Pelaksanaan upacara pembukaan TMMD Sengkuyung tahap I ini sesuai informasi hasil rapat koordinasi di BAPPEDA Provinsi Jawa Tengah pada tanggal 31 Januari 2019.

Menurutnya, rencana pelaksanaan kegiatan fisik meliputi, pembangunan Jalan Makadam dengan volume 1.150 X 3 meter, Pembangunan MCK 2 unit, Pembangunan gorong-gorong 3 unit, Pembangunan drainase 95 meter serta pembangunan pendukung TMMD berupa pemugaran RTLH sebanyak 20 unit.

Rencana kegiatan Non Fisik meliputi, Penyuluhan Pertanian, Peternakan dan Perkebunan, Penyuluhan Kesehatan dan pengobatan gratis, Penyuluhan Bela Negara dan Kamtibmas, Penyuluhan tentang Bencana Alam dan Narkoba, Pembuatan Akte kelahiran gratis, pengobatan ternak gratis, Pelayanan Perpustakaan keliling dan Pembinaan Administrasi kearsipan.

[ Pendim Cilacap ]

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال