Indahnya Kebersamaan Saat Makan di Lokasi TMMD Dauyeuhluhur


Cilacap | Jateng, IMC - Kodim 0703/Cilacap  sedang melaksanakan Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkyung tahap 1 Tahun Anggaran 2019 yang telah dibuka sejak tanggal, 26 Pebruari 2019 berlokasi di Desa Dayeuhluhur, Kecamatan Dayeuhluhur, Kabupaten Cilacap.

Dusun Ciperahu, Desa Dayeuhluhur yang membutuhkan sentuhan pembangunan untuk memberdayakan kehidupan masyarakat setempat. Ada sasaran fisik berupa pembanguan infrastruktur, ada juga berupa sasaran non fisik dalam bentuk berbagai penyuluhan untuk menambah wawasan masyarakat.

Namun dari semua hal tersebut ada satu hal menarik yang dilakukan oleh Satgas TMMD Kodim 0703/Cilacap dengan masyarakat setempat. Seluruh personel TMMD tidur di rumah-rumah penduduk termasuk logistik dapur ataupun memasak makanan dilakukan oleh masyarakat.

"Ini sebagai bentuk kebersamaan kita dengan masyarakat dan tidak setiap saat kita memiliki moment seperti makan bersama berbaur penuh kekeluargaan", Selepas lelah bergotong royong dalam pekerjaaan fisik pada kegiatan TMMD Sengkuyung tahap 1 di wilayah Kodim 0703/Cilacap  anggota dan warga masyarakat melaksanakan makan siang bersama di lokasi TMMD.

"Kegiatan makan siang bersama ini rutin dilaksanakan setiap hari, selain masak dan makan bersama dengan pemilik rumah dimana Prajurit TNI tinggal di rumah-rumah masyarakat", ungkap personel  Tehnisi dari Staf Teritorial Serda Basuki, Kamis (28/02).

Lebih lanjut dikatakan, kegiatan ini sebagai salah satu wujud kebersamaan antara personel Satgas dengan seluruh warga masyarakat. "Makan bersama bisa menjadi salah satu simbol kemanunggalan TNI dengan rakyat. Hendaknya semua lapisan masyarakat menyadari bahwa "TNI tidak bisa dipisahkan dari rakyat karena inti kekuatan pertahanan kita terletak pada kemanunggalan TNI dengan rakyat", sebut Basuki.

[ Sutaryo ]

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال