Danramil 07/Maos Bareng Babinsa Nonton Wayang Kulit Semalam Suntuk

SHARE:

Cilacap | Jateng, IMC – Pagelaran wayang kulit dalam memeriahkan Syukuran putra Hadi Tarsim disaksikan langsung oleh Danramil 07/Maos Ka...


Cilacap | Jateng, IMC – Pagelaran wayang kulit dalam memeriahkan Syukuran putra Hadi Tarsim disaksikan langsung oleh Danramil 07/Maos Kapten Inf Joko Yunanto bersama Babinsa di Jalan Cempaka Rt. 03 / Rw. 07 Desa Maos Lor, Kecamatan Maos, Kabupaten Cilacap.

Kegiatan pagelaran wayang kulit ini digelar juga untuk melestarikan kesenian wayang kulit yang semakin lama terkikis oleh kebudayaan modern." Ujar Danramil 07/Maos Kapten Inf Joko Yunanto, Sabtu (09/02) malam.

Gelaran seni budaya Jawa tersebut bagian dari hajatan yang di gelar ini sebagai wujud syukur nikmat yang dirasakan Hadi Tarsim. Acara tersebut bertajuk (makan bareng masyarakat, sembari menonton pertunjukan wayang kulit), sekaligus Syukuran Anak dari Hadi Tarsim, yang malam itu digunakan sebagai tempat menggelar pertunjukan wayang kulit.

Menariknya, yang memainkan pertunjukan wayang merupakan dalang terkenal yakni Ki Joko Edan yang malam itu membawakan lakon berjudul "Gatot Kaca Winisuda".

Masyakarat dan para pamong terlihat kompak, mereka bahu membahu, membantu menyambut juga mengarahkan para tamu malam itu. Sebagian generasi mudanya terlihat mengatur kendaraan yang akan parkir, sedang lainnya turut mengurusi dan membantu berbagai sarana pendukung acara.

Menurut Danramil Maos, Kapten Inf Joko Yunanto, " Memperhatikan budaya kesenian daerah seperti Wayang Kulit yang sudah banyak dilupakan oleh masyarakat kita sendiri, dan di harapkan wayang kulit menjadi sarana untuk mempererat tali silaturahmi antar warga Kecamatan Maos. Disamping itu, Pagelaran Wayang kulit juga sebagai sarana komunikasi sosial (Komsos) dan meningkatkan kekompakan seluruh lapisan masyarakat binaannya," Ungkapnya.

[ Sutaryo ]

COMMENTS

[/fa-book/ THE LATEST NEWS]_$type=two$m=0$rm=0$h=400$c=2