Gaungkan Gotong-royong, TNI-Polri dan Pemuda Banjarsari Hijaukan Bumi Brebes

Brebes | Jateng, IMC – Sinergitas antara TNI, Polri serta Pemuda Desa Banjarsari Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes, divisualisasikan melalui penanaman ribuan pohon dalam gerakan sosial gaungkan kembali gotong-royong mereboisasi tepian Jalan Raya Buaran-Banjarsari serta perkebunan penduduk setempat. Kamis siang (17/1/2019).

Nampak Kapolsek Iptu Hasari, Danramil 12 Bantarkawung Kodim 0713 Brebes Kapten Armed Zaenal Abidin, Kades Banjarsari, H. Imron serta Pemuda-pemudi desa maupun anggota Babinsa dan Babinkamtibmas.

Dinyatakan Kades, H. Imron bahwa, reboisasi digelorakan dalam rangka menggerakkan kembali budaya gotong-royong dan semangat untuk saling menghormati perbedaan di lingkungan masyarakat, terutama menjaga kondusifitas Kamtibmas yang aman dan damai jelang Pemilu 2019. Pemerintah Kecamatan Bantarkawung melalui PMD (Pemberdayaan Masyarakat Desa) berupaya meningkatkan ketahanan keluarga melalui program Tribina, yaitu Bina Remaja, Keluarga dan Bina Lansia.
Sementara dari keterangan Danramil, dari 7500 pohon yang ditanam, pohon cemara difokuskan untuk merindangkan para pengguna jalan yang melintas, memberikan estetika lingkungan serta mengawetkan akses dengan pencegahan abrasi bahu jalan.

“Geografis Kecamatan Bantarkawung adalah perbukitan sehingga merupakan wilayah rawan bencana longsor. Edukasi kepada masyarakat dalam pencegahan longsor melalui penghijauan sangatlah penting dilakukan guna memperkuat tebing atau bahu jalan,” ungkapnya.

Diketahui, anggaran pengadaan menggunakan ADD TA. 2018. Dari jumlah pohon, bibit cemara, mangga dan rambutan masing-masing sebanyak 500 batang, sedangkan sisanya adalah sengon dan petai. (Aan0713/Adin).

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال