Danramil Beserta Anggota Bantu Warga Terdampak Banjir di Wilayah Kecamatan Gringsing



Batang | Jateng,IMC - Hujan deras dengan durasi cukup lama mulai dari Sabtu sore (26/1)  sampai hari Minggu pagi, menyebabkan banjir terjadi di sejumlah wilayah Desa di Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang.

Danramil 03/Gringsing Kapten Cba Dwi Kistanto dan anggota  dari jajaran Kodim 0736/Batang bertindak sigap membantu sejumlah masyarakat di beberapa Desa wilayah Kecamatan Gringsing yang terdampak banjir,Minggu (27/01/2019).

Sejumlah wilayah terendam banjir antara lain pemukiman warga di lingkungan Dukuh Gendogo Wetan Desa Krengseng.Dukuh Mundu,Dukuh Yosorejo Desa Yosorejo,Dukuh Bendosari,Dukuh Siklayu,Dukuh Bulusari Desa Sidorejo.

Air setinggi  kurang lebih 50 Cm di atas lutut orang dewasa itu berasal dari luapan Sungai Jenes dan Sungai Kalikuto karena tidak sanggup menampung air yang datang dari arah hulu," kata Danramil 03/Gringsing  Kapten Cba Dwi Kistanto saat berada di lokasi banjir.

Danramil bersama anggotanya membantu masyarakat mengevakuasi warga yang rumahnya terkena luapan air. Anggota Koramil membantu warga dan juga memindahkan barang-barang warga untuk diamankan ke rumah warga yang tidak terkena banjir.

Nampak warga dan perangkat Desa Bapak Purnomo Desa Yosorejo ,serta warga bersama Danramil dan anggota juga ikut turun membantu warga yang kena dampak Banjir tersebut. 

Sementara itu, ditempat terpisah Dandim 0736/Batang Letkol Kav Henry Rudi Judianto Napitupulu menghimbau masyarakat di wilayah Kabupaten Batang untuk tetap waspada selama kondisi cuaca masih ekstrem seperti sekarang ini.

Sebab dengan curah hujan yang tinggi bencana banjir bisa saja terjadi, termasuk tanah longsor, maupun angin kencang yang menyebabkan pohon tumbang.

"Saya mengimbau seluruh masyarakat Kabupaten Batang khususnya yang berada di Kota maupun di Desa ,untuk selalu waspada dan berhati-hati apabila keluar rumah ataupun di mana saja, mengingat kondisi cuaca yang tidak menentu dan ekstrim," kata Dandim Hendry Rudi Judianto Napitupulu.

Wilayah pembinaan teritorial Kodim 0736/Batang termasuk Wilayah Kecamatan Gringsing Dandim Henry Rudi Judianto Napitupulu mengatakan, pihaknya sudah menginstruksikan para Babinsa maupun anggota Koramil setempat agar terus memonitor dan memantau situasi di desa binaan masing-masing.

Sehingga setiap perkembangan situasi sekecil apapun cepat terpantau dan bisa memberikan bantuan secara cepat dan tanggap kepada masyarakat jika bencana alam terjadi.

"Semoga dengan kejadian ini kita semakin mawas diri dan tetap waspada terhadap setiap perubahan maupun perkembangan situasi," katanya.(Pen-0736)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال