Danramil 01/Kota Cilacap Tabur 700 Benih Ikan Lele


Cilacap | Jateng, IMC - Salah satu sumber protein yang mudah didapat adalah ikan, dan salah satunya adalah ikan Lele. Di wilayah Koramil 01/Kota Cilacap untuk budidaya Ikan Lele tergolong masih minim buktinya untuk pembudidaya lele kapasitas besarpun masih kwalahan untuk mensuplai konsumen yang ada dimasyarakat sekelilingnya apalagi untuk masyarakat luas.

Jika masih terdapat lahan yang kosong dan tidak produktif tidak ada salahnya kalau  digunakan untuk budidaya Ikan Lele, seperti yang dicontohkan Koramil 01/Kota Cilacap dalam memanfaatkan lahan kosong yang sudah tidak produktif lagi lahan yang berukuran tidak lebih dari 5 x 4 meter tersebut cukup digunakan untuk budidaya Ikan Lele, apalagi Lele tidak membutuhkan air ngalir seperti halnya Ikan Nila atau lainnya.

"Lahan minim di Koramil yang hanya berukuran 5 X 4 meter ini dibuat kolam Ketahanan Rumah Pangan Lestari (KRPL) dan kita tabur benih lele sebanyak 700 ekor ikan Lele," ujar Kapten Kav Nursohib Ansori, Kamis (31/01).

Menurut Kapten Kav Nursohib Ansori, bahwa Ikan Lele tidak menyukai air yang punya aliran deras atau mengalir/sirkulasi, cukup 3 x penggantian air bahkan tidak usah digantipun lele sebetulnya malah suka terhadap air yang cukup keruh dan minim oksigen sekalipun. Lele biasanya dapat dipanen setelah umur 2 hingga  3 bulan dari pembibitan 5 Centimeter. Untuk pakan cukup mudah didapat, bisa buatan sendiri atau pelet pabrikan yang sudah banyak dijual ditoko-toko Perikanan/Unggas, harganya pun murah." Terangnya.

Dalam kesempatan tersebut Kapten Nursohib Ansori juga  mengajak anggota yang mempunyai lahan disekitar rumah untuk turut serta dalam pemeliharaan dan pembesaran bibit ikan lele dalam rangka meningkatkan kesejahteraan anggota dan keluarganya, serta menjaga agar ketahanan pangan di wilayah Cilacap tetap terjaga dengan baik." Pungkasnya. (Sty)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال