Babinsa Ajak Warga Gotong Royong Bersihkan Saluran Irigasi

Batang | Jateng, IMC - Batituud Pelda Awali beserta Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 12/Tulis Kodim O736/Batang bersama warga dan perangkat desa membersihkan saluran irigasi yang bertempat di antara tiga (3) desa yakni Desa Kaliboyo, Desa Kebumen dan Desa Simbangdesa Kecamatan Tulis Kabupaten Batang Jawa Tengah, Sabtu (26/1/19).

Kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya untuk memperlancar aliran air menuju persawahan sehingga pada masa tanam 2019 di Kecamatan Tulis dapat meningkat serta produksi pertanian dalam menunjang program ketahanan pangan nasional di Kabupaten Batang lebih maksimal.

Tujuan dari pada pendampingan tersebut untuk mengajak dan memotori serta memotivasi para petani untuk melakukan pengolahan lahan sawah, perawatan tanaman, dan perawatan teknis pengairan, agar hasil produksi padi semakin meningkat dan bagus.

Dengan adanya pembersihan saluran irigasi ini diharapkan air yang akan mengaliri area pesawah di tiga desa tersebut menjadi lancar dan dapat memudahkan para petani dalam mengolah lahan pertanian mereka.

"Semoga tidak ada lagi gangguan irigasi dalam memenuhi kebutuhan air di lahan pesawahan milik para petani yang ada di Kecamatan Tulis" kata Pelda Awali.

Pembersihan irigasi yang dimotori oleh Tentara Nasional Indonesia ( TNI ) khususnya Babinsa serta mengajak warga sangat membantu para petani dan warga setempat.

“Kami merasa sangat terbantu dengan adanya pendampingan dari Babinsa Koramil Tulis. Semoga air menjadi lebih lancar sampai di sawah kami," ungkap salah satu petani, Rohman (51) saat mengikuti pembersihan Irigasi.

Koordinasi yang baik antara Babinsa dan masyarakat desa binaan serta para petani semata-mata untuk meningkatkan produktifitas pertanian dalam rangka menunjang program swasembada pangan khususnya padi, jagung dan kedelai (Pajale). (Pen-0736)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال