Terkait Keluhaan Warga Soal CSR Bridgestone, Ini Tanggapan Komisi I DPRD Kota Bekasi Dapil Utara


Bekasi, IMC - Menanggapi adanya keluhan warga Kp. Sawah PLN, RT 05 RW 01 Kel. Harapan Jaya, Kec. Bekasi Utara yang mempertanyakan dana CSR (Corporate Social Responsibility) dari PT Bridgestone Tire Indonesia, Komisi I DPRD Kota Bekasi mengaku siap turun melakukan Inspeksi mendadak (Sidak) ke pabrik produsen ban tersebut.

" Abang siapkan suratnya kepada komisi I dan nanti kita siap turun. " tegas anggota Komisi I DPRD Kota Bekasi, M. Falak, Sabtu (22/12/2018) melalui telepon selularnya.

Anggota DPRD ini juga menyarankan  warga membuat proposal pengajuan kepada pihak perusahaan yang dimaksud dalam bentuk pembangunan sarana umum, termasuk perekrutan tenaga kerja setempat.

Selain itu, kata dia, warga bisa mencari informasi ke Kerja Sama dan Investasi (KSI) Kota Bekasi apakah PT. BTI telah menyalurkan CSR-nya dalam bentuk pembangunan di Kota bekasi.


" Biasanya diberikan dalam bentuk kegiatan atau pembangunan, mereka tidak akan memberikan uang,"  jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, warga Kp. Sawah PLN, RT 05 RW 01 Kel. Harapan Jaya, Kec. Bekasi Utara yang mempertanyakan dana CSR (Corporate Social Responsibility) dari PT Bridgestone Tire Indonesia.

Salah satu warga Kp. Sawah PLN RT 05 RW 01, Amsar mengatakan CSR dari PT PT Bridgestone Tire Indonesia sampai sekarang tidak mereka rasakan.

Padahal kata dia, sesuai aturan semua perusahaan wajib mengeluarkan CSR, terutama ke warga sekitar yang terkena dampak akibat aktifitas perusahaan.

Senada dengan Amsar, Sekretaris RT 05 yang sekaligus ketua IREKAS (Ikatan Remaja Kampung Sawah ) Angga juga mempertanyakan perhatian produsen ban tersebut kepada warga sekitar.

Padahal kata Angga, pabrik itu berdekatan dengan lingkungan warga RT 05. Jarak Gudang Karbon TWH-C PT. BTI dengan Warga RT 05 hanya dipisahkan dengan tembok  perusahaan.
Selain masalah dana CSR, Angga juga menyoroti PT. BTI yang tidak pernah melibatkan warga RT 05 dalam perekrutan tenaga kerja.

"Padahal kondisi TWH- C tempat penyimpanan karbon sangat menggangu buat pernapasan dan bau yang cukup menyengat," kata dia.

Kata dia, warga RT 05 bahkan sudah pernah bersurat ke perusahaan itu tapi tidak pernah di respon.

Pihak PT Bridgestone masih belum bisa dimintai tanggapannya atas keluhan warga RT 05 Kampung Sawah PLN tersebut. (red)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال