Belum Ada Aturan Resmi Terkait Kebijakan Siswa SMA Bawa Hp Ke Sekolah


Sampang | Madura, IMC - Tidak bisa dihindari lagi kemajuan teknologi khususnya di bidang teknologi informasi (TI) oleh anak didik. Semua bisa diakses melalui jaringan internet, tentunya ada hal positif dan negatifnya. Sebagai orang tua atau sebagai guru di sekolah haruslah peka terhadap anak didiknya. 

Pantauan di lapangan banyak siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) membawa telepon seluler ke sekolah diperbolehkan oleh guru atau dengan kata lain "ada pembiaran". Siswa berkerumun membentuk kelompok pada waktu istirahat bahkan sebagian siswa pada waktu pulang sekolah masih berkelompok di suatu tempat untuk bermain game bersama yang sedang digandrungi oleh siswa. 

Saat dikonfirmasi, Bagas salah satu siswa kwlas X SMAN 3 Sampang Madura, Jawa Timur, mengatakan dirinya bersama teman-teman sangat senang dan ketagihan dengan game online, bermain game bersama. 

" Waktu main game bersama - sama teman-teman kalau di sekolah pada waktu istirahat, kadang di dalam kelas atau di kantin sekolah," kata Bagas, Sabtu (1/12/2018).

Saat ditanya masalah uang untuk membeli paket internet itu, sebulan sampai membeli dua kali, dengan perpaket mengeluarkan kocek sebesar  60 ribu rupiah. Jadi sebulan bisa menghabiskan 120 ribu rupiah. 

" Kalau uang untuk membeli paketan minta kepada orang tua dan sebulan menghabiskan 120 ribu rupiah," jelasnya.

Lain lagi, siswa yang satu ini, Hilman tidak suka dengan permainan game online yang sedang dimainkan teman sekelasnya. Mayoritas anak membawa  hp ke sekolah,  meskipun diketahui gurunya tidak diambil asalkan waktu jam pelajaran tidak boleh pegang hp dan hp harus dalam kondisi off.

"Hp yang dipegang hanya untuk telpon dan WhatsApp saja, serta browsing tentang pelajaran sekolah dan tidak senang dengan main game online," ujar Hilman. 

Hendro, Kasi SMA Upt Sampang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur saat dihubungi melalui telepon selulernya mengatakan tidak ada aturan resmi di Dinas Pendidikan bahwa siswa tidak boleh membawa Hp ke sekolah. 

" Itu kebijakan lembaga masing-masing mas, boleh tidaknya siswa membawa Hp, " singkatnya. (Memet)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال