Antisipasi Bencana Alam, Babinsa Koramil Cimanggu Ikuti Apel Siaga Penanggulangan Bencana




Cilacap | Jateng, IMC - Meningkatnya Intensitas curah hujan, Babinsa Koramil 14/Cimanggu, Kodim 0703/Cilacap, Serda Carnoyo dan Serda Djoyo Hartono mengikuti apel Siaga Penanggulangan Bencana yang digelar oleh Perhutani KPH Banyumas Barat dan BPBD Kabupaten Cilacap. Acara berlangsung di Lapangan Wanakrida Dusun Cikarag Desa Cilempuyang Kecamatan Cimanggu Kabupaten Cilacap, Kamis (13/12).

Dalam Apel tersebut diikuti ratusan relawan dari berbagai unsur diantaranya,
KPH Banyumas Barat, BPBD Cilacap, Pabin Perhutani KPH Banyumas Barat, Forkopincam  Cimanggu, para Asper se KPH Banyumas Barat, Asper Majenang, Asper Kawunganten, Asper Bokol Jeruklegi, Asper Wanareja, Asper Sidareja, Asper Lumbir, Kades Cilempuyang, karyawan Perhutani dari tiap tiap KRPH se KPH Banyumas Barat, RAPI serta Perwakilan dari MDMC (Muhammadiyah Disaster Management Center).

Dalam laporannya Serda Carnoyo Babinsa Koramil 14/Cimanggu mengemukakan, Apel Siaga Penanggulangan Bencana dipimpin oleh Camat Cimanggu Buddy Haryanto S.Sos.MM. Pihaknya menjelaskan, pelaksanaan Apel tersebut yang dilakukan Perhutani KPH Banyumas Barat bekerjasama dengan BPBD Kabupaten Cilacap bersama-sama dengan instansi terkait sebagai wujud nyata kesiapsiagaan dalam rangka mengantisipasi terjadinya bencana.

"Memasuki musim penghujan seperti saat ini, potensi terjadinya bencana alam sangat besar. untuk itu perlu adanya peran dan partisipasi kita semua dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana sedini mungkin,” kata Babinsa Desa Cimanggu.

Apel siaga bencana ini selain bertujuan untuk memantapkan dan mensiap siagakan personil TNI, Polri dan istansi terkait dalam rangka membantu masyrakat dalam menghadapi kemungkinan terjadi bencana alam di wilayah Kecamatan Cimanggu.

"Mengingat di kecamatan Cimanggu ada beberapa wilayah rawan banjir dan longsor yang perlu diwaspadai, untuk itu kita  selaku Babinsa akan melakukan latihan bersama guna mengantisipasi semua itu," imbuh Carnoyo.

Diakhir pelaksanaan apel siaga bencana alam dilakukan penyerahan secara simbolis bibit tanaman puspa sebanyak 1000 pohon diserahkan oleh KPH Banyumas Barat kepada Kepala Desa Cilempuyang. (Sutaryo)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال