Parade Juang Surabaya, Walkot dan Kapolres Tanjung Perak Terima Penghargaan dari LVRI

Surabaya.www.pewartamadiun.net Moment memperingati Hari Pahlawan, yang digelar Pemerintah Kota Surabaya dalam Parade juang Surabaya, rutin dilaksanakan tiap setahun sekali,

Giat Parade juang yang dipimpin Walikota Surabaya, Tri Rismaharini itu, berlangsung meriah dimulai pukul 07.30. hingga selesai pada Minggu pagi, 11 Nopember 2018.

Turut hadir Seluruh pejabat kepolisian dan TNI ikut memeriahkan acara ini. Termasuk diantaranya Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Antonius Agus Rahmanto, S.I.K, Msi, Kapolrestabes Surabaya Kombespol Rudi Setiawan, S.I.K, SH, MH, kepala Kejaksaan Negeri Tanjung Perak, kepala Kejaksaan Negeri Surabaya, para Dandim dan juga para anggota veteran.

Peserta parade bergerak diawali dari sebelah timur Tugu Pahlawan dengan finish parade di Taman Bungkul Surabaya.

Saat itu Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak menaiki kendaraan Panser Anoa bersama Walikota Surabaya. Mereka berada di barisan terdepan menyusuri Jalan Pahlawan hingga gedung Siola.

Rombongan kemudian bergerak di depan Hotel Majapahit yang dahulu dikenal dengan nama Hotel Orange di jaman Belanda dan Hotel Yamato di jaman penjajahan Jepang.

Kemudian disini rombongan berhenti sejenak lalu Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak dan Walikota Surabaya turun dari kendaraan Panser Anoa.

Peserta parade bergegas melakukan pengibaran bendera di halaman hotel, untuk mengenang peristiwa perobekan bendera Belanda oleh pejuang Indonesia.

Usai melakukan pengibaran bendera, dilanjutkan pembacaan puisi yang dilakukan oleh Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak.

Selanjutnya rombongan kembali bergerak menuju Gedung Grahadi, dimana saat itu rombongan disambut teatrikal Perang Surabaya 45 dan Pidato Gubernur Suryo.

Setelah itu rombongan bergerak lagi menuju monument Bambu Runcing, dimana disini diperdengarkan rekaman pidato Bung Tomo yang kala itu membakar semangat arek-arek Suroboyo untuk melawan gempuran pasukan asing.

Perjalanan dilanjutkan menuju ke depan monument Perjuangan Polri, dimana disini kembali ditunjukkan drama teatrikal Perang Surabaya 45 dan pembacaan puisi.

Saat itu Walikota Surabaya dan Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak menerima penghargaan dari Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI).

Terakhir setelah menerima penghargaan, rombongan Walikota Surabaya dan Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak melanjutkan perjalanan menuju garis finish parade. Secara keseluruhan acara Pareade berlangsung Sukses, aman, hikmat. (eks)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال