Kedekatan TNI dengan Kaum Milenial

Batang | Jateng, IMC - Kedekatan anggota Koramil 11/Warungasem Kodim 0736/Batang dengan masyarakat tampak  betitu dekat, pasalnya para Baninsa pun tidak segan- segan selalu berbaur dan merangkul semua kalangan baik tua maupun muda.
Seperti yang terlihat, dua orang pemuda Arif (25) dan Riyan (23) Warga Desa Banjiran Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang begitu akrab dengan anggota Koramil, mereka tanpa sungkan bercengkerama dengan penuh kekeluargaan dengan beberapa anggota Koramil di kantor, sambil menikmati manisnya buah mangga dan teh hangat. Kamis (22/11/2018).
Riyan yang rumahnya dekat kantor Koramil Warungasem itu memang sering bermain di Kantor Koramil sembari menemani dan membantu anggota yang sedang melaksanakan piket.
“Pagi hari saya bantu orang tua jualan dipasar, setelah itu main dikantor Koramil, kita sudah akrab seperti saudara karena bapak-bapak TNI di sini baik-baik,” ungkap Riyan.
Hal itu memang Sesuai dengan perintah Komandan Koramil, Kapten inf Hari Santoso untuk dekat dengan rakyat, karena sistem pertahanan yang dianut Bangsa Indonesia adalah sistem pertahanan rakyat semesta dimana jika negara dalam bahaya maka tugas TNI mempertahankan.
“Jika TNI tidak mampu menangkal maka rakyat diajak bersama sama untuk mempertahankan negeri ini. Untuk itu agar rakyat siap digerakkan sewaktu–waktu bila negara dalam bahaya maka tugas prajurit mempersiapkan semuanya,” ungkap Danramil Hari Santoso.
Kapten Hari juga mengatakan bahwa persiapan ini dilakukan pada saat seperti sekarang ini dimana negara masih dalam keadaan aman.Banyak hal yang bisa dilakukan seorang prajurit untuk bisa dekat dengan masyarakat seperti sering anjangsana, kerja bakti bersama, membuat agenda atau kegiatan kemasyarakatan bersama–sama. Hal itu untuk memudahkan prajurit dalam mendapatkan informasi dari masyarakat tentang wilayah.
“Kita sebagai aparat Teritorial harus mengerti tugas sebagai aparat kewilayahan yang merupakan sistem pertahanan indonesia yang memamakai sistem Defensif aktif. Untuk anggota perbanyak kegiatan di lapangan agar masyarakat terbiasa dengan TNI dan merupakan sarana mendekatkan dengan masyarakat,” pungkasnya. (pen-0736).

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال