Banjarharjo Brebes Stop Buang Air Besar Sembarangan

Brebes | Jateng, IMC - ODF (Open Defecation Free) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan, telah dideklarasikan Muspika Banjarharjo, dinas terkait, Puskesmas, serta 14 Perangkat Desa, di Aula Kecamatan yang di. Kamis (22/11/2018).

Adapun inti dari maklumat adalah Jamban yang merupakan kebutuhan dasar sanitasi keluarga guna menuju keluarga yang lebih sehat, sehingga diharapkan nantinya warga tidak lagi Buang Air Besar Sembarangan (BABS). Program ini dikhususkan bagi keluarga yang kurang mampu atau memang tidak memilikinya.

Dikatakan Camat Banjarharjo, Munaedi, SH bahwa pembuatan jamban bagi keluarga prasejahtera di dusun/desa di wilayahnya, guna menciptakan lingkungan permukiman yang bersih, sehat, dan higienis kedepannya. Pasalnya masih didapati warganya yang melakukan kegiatan BAB tidak sesuai dengan norma ataupun estetika kebersihan lingkungan. Harapannya juga adalah agar warga nantinya malu dengan budaya BAB sembarangan pasca Jambanisasi, masyarakat agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Sungai dan kebun, masih menjadi pilihan segenap warga untuk buang hajat sehingga menyebabkan pemandangan yang kurang sedap dan mencemari lingkungan.

Sinergitas lintas sektoral ini dalam rangka mendukung program pemerintah untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya di wilayah Banjarharjo. Kegiatan mendapatkan apresiasi dari para perangkat desa, karena akan memberikan bonus pembangunan kepada warganya sekali lagi. Faktor ekonomi adalah pemicu belum adanya jamban sehat, sebagian lagi dipengaruhi kebiasaan turun temurun.

Selain Jambanisasi, prioritas lainnya adalah pada Bidang Kesehatan yang meliputi penurunan Stunting, Eliminasi TBC maupun Kualitas Imunisasi.

Turut hadir dalam kegiatan ini antara lain Danramil 14 Banjarharjo Kodim 0713 Brebes yang diwakili Sertu Sagiman, Kapolsek diwakili Bripka Hendra, Kepala UPTD setempat Ibu Tatik, Kepala Puskesmas dr. Edi Junaedi, perwakilan Dinas Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sampah Kabupaten Brebes serta Perangkat Desa Cikakak, Ciawi, Pende, Pananggapan, Cipajang, Cikuya, Kertasari, Dukuh Jeruk, Kubangjero, Parereja, Sukareja, Tiwulandu, Cibendung dan Karangmaja. (pendim0713brebes/Aan)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال