Inilah Tantangan Jurnalis di Era Digital Menurut Ahli Pers

SHARE:

TANTANGAN JURNALIS DI ERA INFORMASI DAN MEDIA DIGITAL Oleh: Wilson Lalengke 1. PENDAHULUAN "Siapa menguasai informasi, dia menguasai du...

TANTANGAN JURNALIS
DI ERA INFORMASI DAN MEDIA DIGITAL

Oleh: Wilson Lalengke


1. PENDAHULUAN

"Siapa menguasai informasi, dia menguasai dunia", demikianlah sebuah kalimat bijak yang sering kita dengar. Ungkapan itu dalam kenyataannya bukanlah sebuah utopia belaka. Realitas telah memberikan bukti di sepanjang sejarah manusia. Seseorang yang memiliki informasi selalu memenangkan setiap kesempatan yang ada. Kemajuan seseorang maupun sebuah bangsa amat ditentukan oleh kepemilikan atau penguasaan informasi. Negara-negara kaya di benua Eropa adalah contoh kongkrit sebagai bukti bahwa penguasaan informasi adalah mutlak bagi pencapaian keberhasilan sebuah usaha. Faktor kecepatan memperoleh informasi juga menjadi amat penting. Penguasaan informasi boleh sama antara satu pihak dengan pihak lainnya, namun dampak dan efektivitas kepemilikan informasi tersebut akan berbeda, salah satunya disebabkan oleh faktor siapa yang terlebih dahulu menguasai informasi tersebut.

Dahulu kala masyarakat hanya mengandalkan berita dari orang per orang melalui proses verbal, suara dari mulut ke mulut, dan kemudian berkembang kepada bentuk tulis dan baca. Pada mulanya manusia hanya mampu saling berkomunikasi antara individu satu dengan individu lain, sementara saat ini seseorang bisa menyampaikan informasi kepada banyak orang bahkan tiada terhitung jumlah penerima informasinya. Dalam hal sistim pertukaran informasi seperti terakhir ini, dari satu pihak kepada banyak orang/pihak, manusia membutuhkan wadah khusus yang dinamakan "media massa" atau dikenal juga dengan istilah umum "pers". Salah satu entitas penting dalam dunia media massa adalah wartawan atau jurnalis .

Abad berganti, peradaban bergeser. Ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi bagian perjalanan peradaban manusia yang masuk dan mempengaruhi hampir setiap sisi kehidupan manusia, di manapun jua di atas permukaan bumi ini. Pola interaksi dalam berbagi informasi tidak luput dari pengaruh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Bahkan, dunia informasi ini merupakan sisi peradaban manusia yang paling terkait-kelindan dengan kemajuan teknologi. Peralihan wadah (baca: media) penyampai informasi dari analog (berbentuk cetakan, benda kasat mata, dan sejenisnya) ke sistim digital (termasuk online, streaming, dan bentuk informasi elektronik lainnya) amat muskil dielakkan.

Dalam kondisi dunia pers yang berbasis teknologi informasi seperti sekarang ini, jurnalis yang sejak awal mulanya sebagai pion dan ujung tombak media massa, merupakan kalangan yang rentan tertimpa berbagai tantangan berat dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai jurnalis. Makalah ini bermaksud memberikan berbagai telaah dan alternatif solusi sebagai bahan pemikiran bagi para jurnalis.


2. BEBERAPA PERSOALAN UMUM

Berdasarkan hasil riset tentang komunikasi dan media massa di tahun 1970-an, para ilmuwan komunikasi umumnya menggunakan model pendekatan powerful-effect dalam menganalisis pola interaksi dan dampak yang ditimbulkan oleh sebuah sistim pemberitaan di media massa. Noelle-Neumann, seorang ahli komunikasi, melalui pandangannya mengenai gelombang kebisuan pendukung teori ini, yang menganggap bahwa media memiliki pengaruh yang kuat, terutama media televisi dengan tayangan visualnya. Media massa menurut Wilbur Schramm, 2005 , dapat memperluas wawasan masyarakat. Media massa adalah pembentuk kebudayaan dan peradaban manusia, dari masa ke masa. Sejalan dengan itu, teori komunikasi massa populer "uses and gratifications", mencoba menjawab pertanyaan, "Mengapa orang menggunakan media dan apa yang mereka gunakan untuk media?" (McQuail, 2002). Sebuah studi pernah dilakukan untuk mengkaji tentang perilaku komunikasi khalayak dalam relasinya dengan pengalaman langsung-nya dengan media massa. Khalayak diasumsikan sebagai bagian dari publik yang aktif dalam memanfaatkan muatan media saat mengkonsumsi media massa. Masyarakat konsumen media massa diasumsikan sebagai partisipan aktif dan diarahkan oleh tujuannya sendiri. Dalam penelitian itu media massa dianggap hanya sebagai salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan individu, dan individu boleh memenuhi kebutuhan mereka melalui media massa atau dengan cara lain.

Riset yang dilakukan dengan pendekatan ini pertama kali dilakukan pada tahun 1940-an oleh Paul Lazarfeld yang meneliti alasan masyarakat atau pendengar terhadap acara radio berupa opera sabun dan kuis serta alasan mereka membaca berita di surat kabar (McQuail, 2002). Hasilnya, kebanyakan perempuan yang mendengarkan opera sabun di radio beralasan bahwa dengan mendengarkan opera sabun mereka dapat memperoleh gambaran ibu rumah tangga dan istri yang ideal atau dengan mendengarkan opera sabun mereka merasa dapat melepas segala emosi yang mereka miliki. Sedangkan para pembaca surat kabar beralasan bahwa dengan membaca surat kabar, selain mendapat informasi yang berguna, mereka juga mendapatkan rasa aman, saling berbagi informasi dan rutinitas keseharian. 

Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa setiap pengguna media massa senantiasa memiliki motivasi kuat terhadap media massa yang pada intinya dimaksudkan untuk mengisi kekosongan rasa, jiwa, dan pikir. Kekosongan itu melahirkan keingin-tahuan terhadap sesuatu yang harus dipenuhi. Jawaban atas keingin-tahuan itu tidak lain adalah informasi, yang selanjutnya –bagi publik– akan  dijadikan pedoman dalam bersikap dan berperilaku di kehidupan sehari-hari. Pada kondisi yang lebih luas, sebuah media massa dapat memenuhi rasa ingin tahu masyarakat dalam jumlah yang besar terhadap suatu masalah. Pada saat yang hampir bersamaan sesungguhnya media massa telah melakukan pembentukan opini, sikap dan perilaku publik terhadap sesuatu masalah tersebut, yang seringkali berbentuk dukungan, pilihan, atau penolakan terhadap suatu hal. Prinsip komunikasi massa melalui pemberitaan di media massa ini perlu dimanfaatkan sebaik mungkin untuk menggalang dukungan dan kekuatan bagi tercapainya tujuan jurnalistik, yakni "Menyediakan informasi yang cukup kepada pembaca (publik) agar mampu membentuk paradigma (keputusan) diri sendiri."   Untuk itu, amat relevan kiranya agar setiap jurnalis terus belajar dan meningkatkan kompetensinya demi peningkatan kemampuan kerja jurnalistiknya.

Pada dua dekade terakhir, para jurnalis sebagai elemen penting dari sebuah sistim publikasi dan media massa di Indonesia menghadapi berbagai persoalan. Hal ini diperberat oleh perkembangan teknologi informasi yang begitu cepat, yang berakibat kepada perubahah paradigma media massa dan sistem yang diberlakukan di internal pekerja media dan publikasi. Kehadiran berbagai ruang berbagi informasi seperti media sosial, jejaring komunikasi berbasis mobil phone, dan berbagai variannya, menjadi faktor vital yang mempengaruhi pola kerja para jurnalis. Awalnya sebagai kuli tinta, kemudian bergeser menjadi kuli disket, dan hari-hari ini dipanggil si Junol (Jurnalis Online) ataupun si Juned (Jurnalis Digital).

Beberapa permasalahan yang harus menjadi perhatian serius bagi seorang jurnalis di era digital ini antara lain, sebagai berikut:

a. Rendahnya Kualitas Jurnalis

Banyak kalangan mengakui bahwa salah satu persoalan mendasar bagi bangsa Indonesia saat ini adalah pengelolaan dunia jurnalisme yang bergeser dari rel yang diharapkan. Pemberitaan dan publikasi informasi yang bebas kebablasan sering menjadi bahan gunjingan dimana-mana. Hal itu tentu saja terkait langsung dengan kerja-kerja jurnalis yang dianggap tidak melakukan tugasnya sesuai dengan aturan main yang telah ditetapkan. Kode etik jurnalistik seakan hanya pajangan semata, dan tidak lagi menjadi acuan dalam pelaksanaan tugas seorang jurnalis.

Sebenarnya yang terjadi adalah kemampuan kerja rata-rata jurnalis Indonesia saat ini umumnya berada pada tingkat yang memprihatinkan. Ketrampilan menulis berita yang faktual, aktual, informatif dan bernilai kebenaran tidak sebanding dengan idealisme yang dimiliki jurnalis. Tingkat pendidikan rata-rata para jurnalis yang kurang memadai, baik dari segi kesesuaian pendidikan dengan kerja-kerja jurnalisme maupun dari sisi levelitas pendidikan yang masih rendah, menyebabkan kualitas hasil karya kebanyakan jurnalis yang berseliweran di media massa amat memprihatinkan.

Kehadiran jutaan "pemain" informasi yang bebas berkeliaran di media sosial dan berbagai jaringan komunikasi berbasis internet, menambah rumitnya persoalan kualitas SDM pekerja informasi belakangan ini. Suply informasi di media sosial yang sering menjadi "bahan baku" pembuatan berita oleh banyak jurnalis, baik berita tulis, berita foto, maupun berita video, tidak jarang menjadi blunder tersendiri bagi pemberitaan di media-media, tidak hanya di tingkat lokal, namun seringkali juga di level media mainstream nasional.

b. Minimnya Sarana/Prasarana Kerja Jurnalis

Kinerja yang kurang maksimal juga disebabkan oleh minimnya sarana dan prasarana kerja kebanyakan jurnalis kita. Hal ini dengan mudah dapat dilihat dari pola kerja seadanya dari para jurnalis berbagai media, baik media besar terlebih lagi media-media berskala kecil. Ketidakberdayaan untuk melengkapi diri dengan peralatan kerja, seperti kamera, laptop, alat komunikasi handphone, notebook, dan lain-lain merupakan imbas dari rendahnya pendapatan para jurnalis. Tidak tersedianya peralatan mobilitas kerja, seperti kendaraan dan biaya transportasi menjadi hambatan tersendiri bagi umumnya pekerja media di lapangan.

Kemampuan sebahagian besar badan pengelola publikasi untuk mengadakan peralatan kerja bagi jurnalisnya juga tidak begitu baik, sehingga umumnya para pengusaha media membebankan pengadaan sarana kerja kepada masing-masing jurnalisnya. Rendahnya arus keluar-masuk dana bagi sebagian besar pengusaha media massa menjadi pertimbangan utama dalam program pemberian kelengkapan kerja jurnalis yang bekerja di perusahaan mereka. Dalam kondisi tidak dibebankan peralatan kerja jurnalispun, belakangan ini satu per satu perusahaan media mengalami kebangkrutan dan gulung tikar selamanya.

Kondisi ini berdampak langsung terhadap hasil kerja para jurnalis. Kehilangan moment penting pada suatu liputan menjadi keseharian mereka. Perekaman situasi yang kurang memadai akibat terbatasnya peralatan dokumentasi seperti kamera dan alat rekam lainnya menyebabkan hasil liputan menjadi tidak sempurna, bahkan jauh dari harapan sijurnalis itu sendiri. Akhirnya, publikpun disajikan infromasi dan data publikasi apa adanya, seada-adanya.

c. Minimnya Penghargaan dan Fasilitas bagi Jurnalis

Sudah menjadi rahasia umum bahwa penghasilan jurnalis di Indonesia amat rendah. Beberapa kalangan bahkan menempatkan profesi jurnalis sebagai penerima penghasilan yang paling rendah setelah buruh pabrik garmen. Upah seorang jurnalis di Indonesia malah lebih rendah dari penghasilan pedagang kaki-lima! Bagi mereka yang berstatus jurnalis tetap sebuah media massa mainstream menengah ke atas, bolehlah berbangga dengan gaji bulanan antara 2,7 hingga 5 juta rupiah. Sesuatu yang sulit bagi para jurnalis lepas yang sehari-hari serabutan mengejar berita sana-sini, namun rata-rata dalam sehari hanya membawa pulang 50 ribu hingga 100 ribu rupiah di kantongnya. Dengan penghasilan demikian itu, bagaimana mungkin seorang jurnalis mampu memenuhi kebutuhan sandang dan papannya?

Kesulitan mendapatkan penghasilan yang memadai bagi para jurnalis di negeri ini merupakan salah satu kendala terbesar dalam meningkatkan kualitas kerja dan hasil karya jurnalistiknya. Himpitan ekonomi yang seakan tiada berubah membaik dari waktu ke waktu menjadi persoalan klasik nan krusial. Terlebih lagi bagi mereka yang sudah berkeluarga, tentu beban pikiran untuk mendapatkan penghasilan yang lebih memadai menjadi faktor penghambat dalam menghasilkan karya-karya jurnalistik yang baik.

Pada kondisi yang demikian, tidak jarang terjadi penurunan tingkat idealisme para jurnalis, yang bermuara kepada perilaku melenceng dari pribadi seorang jurnalis sejati. Pameo ada dana ada berita menjadi prinsip dalam bekerja. Lebih parah lagi, banyak terjadi terima uang berita hilang. Tidak berlebihan kiranya jika banyak kalangan memberi label "bodrex", WTS, wartawan tempo, dan sejenisnya kepada sebagian jurnalis.

Alhasil, ruang publikasi media massa kita, baik cetak, elektronik, maupun online, dipenuhi dengan informasi yang kurang akurat, ABS, penuh kamuflase, lebay, bahkan jauh dari fakta dan kebenaran. Akbatnya, publik sebagai penikmat informasi yang tersaji di tengah-tengah mereka mengambil kesimpulan dan keputusan yang salah, karena kesalahan informasi yang diterimanya. Fatalitas terjadi di mana-mana, menyebabkan keburukan dan kemunduran peradaban di tengah masyarakat kita.

d. Kurangnya Sinergitas Antar Pemangku Kepentingan di Dunia Jurnalistik

Dari sisi eksternal, ketidak-berdayaan kaum jurnalis Indonesia juga disebabkan oleh faktor pendukung yang kurang memadai. Kebijakan pemerintah dan perundangan yang ada belum berpihak kepada peningkatan kualitas dunia jurnalisme di dalam negeri. Tumpang-tindih dan ketidak-sesuaian antar aturan yang diberlakukan terhadap para pekerja informasi dan publikasi menjadi penghambat bagi pembangunan jurnalisme secara umum, dan peningkatan kualitas karya para jurnalis secara khusus. Egosentris setiap lembaga dan pengambil kebijakan bidang informasi dan publikasi yang amat tinggi, menyebabkan ketidak-harmonisan dalam sinergi kerja-kerja jurnalistik di lapangan.

Sebagai contoh sederhana, menurut UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers, digariskan bahwa pers adalah lembaga sosial (pasal 1 ayat 1), namun pada ayat 2 di pasal yang sama dinyatakan tentang perusahaan pers yang merupakan badan hukum Indonesia... Bagaimana mungkin lembaga sosial berbentuk perusahaan? Lagi, pada banyak kasus penyiaran dan publikasi berita, jurnalis harus berhadapan dengan kriminalisasi atas hasil karya jurnalistiknya walau dalam UU Pers tersebut telah dicantumkan dengan jelas tentang jaminan kebebasan pers sebagai Hak Asasi Manusia yang paling asasi, selevel dengan HAM memiliki agama dan kepercayaan apapun.

Pemerintah bersama lembaga-lembaga yang dibentuk untuk menangani dunia informasi dan publikasi terlihat belum memberikan perhatian serius dan memadai terhadap keberadaan rakyatnya dari kelompok jurnalis. Selama ini, kalangan jurnalis dianggap sebagai kelompok mapan ilmu pengetahuan dan kemampuan "survive" di tengah masyarakat, sehingga dipandang tidak perlu diperhatikan. Akibat dari paradigma berpikir pemerintah yang demikian itu, maka belum pernah terdengar adanya program pemberdayaan jurnalis, semisal beasiswa khusus bagi jurnalis, program perumahan bagi jurnalis, pemberian kredit usaha bagi jurnalis, atau bentuk pemberdayaan lainnya. Jadilah para jurnalis harus berjuang sendiri mengatasi masalahnya masing-masing dengan cara masing-masing pula. Sebagian kecil berhasil keluar dari himpitan masalah, yang umumnya dengan cara meninggalkan dunia jurnalistik dan memasuki dunia kerja baru yang lebih menjanjikan.


3. ALTERNATIF PENINGKATAN KINERJA JURNALIS

Mengeluh dan menangisi nasib sebagai jurnalis yang termarginalkan tidak akan pernah menyelesaikan masalah yang ada. Bahkan, kalangan jurnalis diharamkan untuk berharap banyak mendapatkan perhatian dan bantuan dari pemerintah sekalipun, apatahlagi dari rekan sesama jurnalis dan pemimpin redaksi serta pemilik media. Sangat sedikit dari kalangan yang disebutkan terakhir ini yang benar-benar memahami situasi dan kondisi para jurnalisnya dan membantu mereka sesuai kebutuhan secara memadai. Kondisi perusahaan media massa tempat para jurnalis bekerja juga belakangan ini banyak yang kembang-kempis, bahkan kolaps diterpa berbagai krisis internal yang umumnya terkait dengan penurunan omset yang berakibat kepada krisis keuangan yang parah.

Berikut ini dipaparkan beberapa konsep yang mungkin dapat dijadikan bahan pemikiran, bahasan, referensi dan acuan dalam menyiasati berbagai persoalan yang dihadapi para jurnalis, sebagai berikut:

a. Pelatihan Jurnalistik Intensif

Untuk mengatasi masalah rendahnya kemampuan kerja para jurnalis, hal ini dapat diatas dengan pengadaan beragam program pelatihan jurnalistik, baik dalam bentuk workshop, magang, pelatihan inensif, maupun tutor sebaya, dan lain-lain. Peningkatan wawasan dan pengetahuan tentang ilmu jurnalistik juga merupakan hal penting yang harus diagendakan bagi setiap perkeja media massa. Penyelenggaraan seminar, forum diskusi, kuliah umum jurnalistik, dan berbagai bentuk pembelajaran, baik yang membahas jurnalisme maupun bidang ilmu pengetahuan lainnya amat penting diinisiasi sepanjang masa.

Setiap orang memiliki keterbatasan ingatan, keterbatasan memori untuk menampung berbagai informasi dan data dalam benaknya. Upgrading, updating, dan pengulang-ingatan atas berbagai bidang ilmu, terutama yang terkait dengan jurnalistik mutlak dilakukan secara terjadwal dan terus-menerus. Perkembangan dunia informasi, media massa, sistim publikasi, dan teknologi informasi yang begitu pesat, juga menjadi alasan kuat mengapa para jurnalis perlu diberikan sentuhan pelatihan dan pengembangan wawasan demi mencapai wujud jurnalis yang profesional, handal, dan berkualitas serta bertanggung-jawab.

Hampir tidak ada cara lain, selain pengadaan kegiatan semacam pendidikan dan pelatihan bagi jurnalis dalam rangka meningkatkan kemampuan dan ketrampilan kerja mereka. Pendidikan dapat ditempuh melalui lembaga pendidikan formal seperti sekolah, perguruan tinggi, dan lembaga kursus reguler. Namun, peningkatan kualitas diri jurnalis juga dapat melalui pelatihan-pelatihan temporer, parsial sesuai kebutuhan, dan pelatihan bidang khusus. Penyelenggaraan semestinya dilakukan oleh pemerintah, namun dapat juga diinisiasi oleh kalangan dunia media massa maupun lembaga-lembaga pemerhati dunia jurnalistik kita.

b. Penyediaan Sarana/Prasarana Kerja yang Memadai 

Kelengkapan peralatan kerja amat menentukan hasil kerja seseorang. Sarana/prasarana yang dimiliki setiap jurnalis haruslah menjadi perhatian serius bagi semua penyenggara kegiatan publikasi, dari jenis apapun juga. Melengkapi jurnalis dengan perangkat kerja yang cukup dapat memperlancar proses penyediaan informasi yang cukup dan berkualitas bagi media yang bersangkutan.

Sepatutnya, penyediaan sara-prasarana kerja para jurnalis menjadi tanggung jawab dari lembaga media massa yang mempekerjakannya. Berbagai cara dapat ditempuh untuk menyiasati berbagai kendala dalam penyiapan perangkat kerja jurnalistik kepada para jurnalis. Misalnya, penyediaan perangkat dalam jumlah yang terbatas namun dapat digunakan secara bergantian sesuai momentum dan kebutuhan lapangan. Strategi lainnya, dapat juga melaui pola sewa peralatan dari pihak lain, yang dengan demikian dapat memperkecil biaya awal yang mesti dikeluarkan. Dan lain-lain strategi yang dapat dilakukan.

Akan tetapi, sebagai seorang jurnalis, alangkah bijaknya jika setiap pekerja media massa itu melengkapi diri dengan peralatan kerjanya. Ibarat seorang petani, ia harus menjunjukkan dirinya sebagai petani profesional sejati dengan kepemilikan atas sarana-prasarana kerja pertanian. Semakin canggih dan modern alat pertaniannya, semakin baik dan profesional-lah yang bersangkuran. Dengan performa petani yang lengkap peralatan kerjanya, maka sang petani itu diyakini mampu mengerjakan tugas-tugas yang akan diberikan kepadanya. Semestinyalah juga semua jurnalis berupaya semaksimal mungkin melengkapi dirinya dengan peralatan kerja dengan selengkap mungkin.

c. Peningkatan Penghasilan dan Fasilitas Jurnalis

Terkait dengan usaha meningkatkan penghasilan seorang jurnalis, penulis cenderung menyarankan agar para jurnalis berhenti berharap untuk mendapatkan penghasilan lebih atau meningkat dari pekerjaan sebagai jurnalis. Marilah kita mengembalikan posisi kerja-kerja pers sebagai suatu kegiatan sosial, kerja mengabdi bagi peradaban bangsa. Sebagai kerja sosial, tentu bukan imbalan uang yang menjadi ukuran keberhasilan, namun kepuasan bathin yang terwujud sebagai hasil membantu orang lain, membantu publik dalam mengambil sikap dan keputusan penting dalam hidup mereka. Biarkanlah infromasi sebagai barang bebas, tidak terikat oleh angka-angka, tidak mengikuti kurs rupiah.

Lalu, bagaimana kita menyiasati kebutuhan hidup sehari-hari? Adalah sebuah keniscayaan bahwa terdapat banyak peluang bagi seorang jurnalis untuk mengerjakan berbagai hal yang berorientasi ekonomi, baik yang terkait dengan jurnalistik maupun bidang lain yang berberda sekali dengan profesi jurnalis. Ketersediaan informasi, pertemanan, dan jaringan yang luas dengan berbagai kalangan yang terbentuk sebagai akibat dari kerja-kerja jurnalistik seperti wawancara, koordinasi, komunikasi dan kontak hubungan lainnya, adalah cukup potensial dalam memulai bisnis pribadi di luar jurnalisme. Berkolaborasi dengan pihak lain adalah jalan awal yang mudah untuk dilakukan dalam membangun usaha baru.

Usaha bisnis ini menjadi yang utama, kerja sebagai jurnalis sebagai kegiatan sosial yang menunjang usaha bisnis utama tersebut. Banyak bidang yang bisa diupayakan, semisal menerbitkan buku dengan berbagai ragam, usaha penyewaan buku bacaan anak-anak dan remaja, dan sejenisnya. Di luar jurnalistik dapat berbentuk koperasi jurnalis yang bergerak di bidang transportasi, perdagangan, pertanian, bahkan properti dan ekspor-impor. Saat ini, bisnis di dunia maya berbasis internet menjadi ladang yang tidak terbatas dengan potensi yang juga tidak terbatas. Pilihan usaha tersedia amat banyak, mulai dari toko online, penyediaan artikel atau jurnal ilmiah online, hingga ke perdagangan valuta dan komoditi emas, dan lain-lain. Pemberdayaan anggota keluarga, bagi jurnalis yang sudah berkeluarga, merupakan hal mutlak dalam menggalang kekuatan ekonomi keluarga.

d. Koordinasi dan Kerjasama antar Instansi Terkait

Poin ini hakekatnya lebih ditujukan kepada para stake holder di tingkat pengambil kebijakan, khususnya di bidang jurnalistik. Di internal pelakon jurnalisme, jajaran pemimpin redaksi dan pemilik usaha media massa menjadi institusi penting yang mesti terlibat langsung dalam proses kerjasama yang baik dan harmonis satu sama lainnya. Peningkatan sinergitas dan koordinasi antar lembaga dan instansi terkait penting didorong agar dapat dilahirkan berbagai aturan, kebijakan dan program-program yang pro kepada kepentingan para pekerja media massa terutama kalangan jurnalis. Sudah selayaknya jika pemerintah bersama perangkatnya melahirkan berbagai program dan strategi pemberdayaan jurnalis, semisal penyediaan kesempatan belajar, kesempatan berusaha melalui kemitraan dengan dunia usaha, dan lain-lain.


4. HARAPAN AKHIR

Karya jurnalistik yang dihasilkan oleh seorang jurnalis profesional, berkualitas, berwawasan dan piawai dalam mengolah informasi akan memberikan pencerahan yang baik dan berkualitas bagi publik konsumen karya jurnalistik tersebut. Kondisi ini pada akhirnya akan bermuara kepada terbentuknya komunitas masyarakat yang cerdas, trampil, dan mampu mengambil keputusan bagi hidupnya, keluarganya, komunitas dan bangsanya dengan baik dan benar. Muaranya, pembentukan budaya dan peradaban bangsa Indonesia yang tinggi nan luhur dapat diwujudkan, untuk kemudian dipertahankan dan dilestarikan dari generasi ke generasi. (red)

COMMENTS

[/fa-book/ THE LATEST NEWS]_$type=two$m=0$rm=0$h=400$c=2

Name

#2019GantiPresiden,9,2019,1,4 Pilar Kebangsaan,1,Abdul Somad,1,Aceh,246,Aceh Besar,1,Aceh Selatan,2,Aceh Tamiang,13,Aceh Tengah,1,Aceh Tenggara,2,Aceh Timur,7,Aceh Utara,15,Adat,3,ADD,5,Advetorial,8,Advokat,1,Aerobik,1,Afrika,1,Afrika Tengah,1,Agama,13,Agribisnis,2,Agrowisata,1,Ahok,1,Akademi TNI,2,Akmil,1,Aksi 212,2,Aksi Damai,2,Aksi Sosial,2,Alam,3,Alih Tugas,1,Aljazair,1,Aloeswood,1,Alquran,1,Alsintan,1,Alumni 93 FH Univ 45 Makasar,1,Alutsista,2,amankan natal,1,Amerika,1,Anak,3,Anak Tertabrak Kereta Api,1,Anak-anak,1,Anak-anak TK,1,Ancaman Pidana,1,Anggaran Dana Desa,2,Anies Baswedan,3,APEC,1,apel 3 pilar,1,apel bersama,1,Apel Bersama Sispamkota,1,Apel Gelar Pasukan,3,Apel Gelar Sarana dan Prasarana,1,Apel Kesemaptaan,1,apel kesiapsiagaan bencal,2,Apel Kesiapsiagaan Pemilu,1,Apel pagi,1,Apel Pengamanan Pemilu,2,apel pengamanan perayaan imlek 2019,1,Apel Pengecekan Cuti,1,Apel Siaga May Day,1,Apel Tiga Pilar,2,Apotik Hidup,3,Aqualaria spp,1,Arab,15,Artis Pantura,1,Aset Negara,1,Aset TNI,6,Asian Games,23,Asian Games 2019,23,Asmat,1,Aspal Cair,1,Aspal Sand Sheet,1,Aspirasi Masyarakat,2,AstraZeneca,1,Asusila,1,Atlet,2,Audiensi,2,Ayan,1,Babel,1,Babinsa,11,Babinsa Bantu Bersihkan Material Longsor,1,babinsa bantu petani pengolahan lahan,1,Babinsa Batu Kesulitan Rakyat,1,Babinsa Bekali Linmas,1,Babinsa Berikan Pelatihan Kepada Poktan,1,Babinsa Evakuasi Korban Banjir,1,Babinsa Hadiri Maulid Nabi Muhammad SAW,1,Babinsa Halal Bi Halal,1,Babinsa Peduli Lansia,1,Babinsa Sigap,1,Babinsa TNI dan Masyarakat,1,Babinsa Urun Rembug Musyawarah Masyarakat Desa,1,Badan Pertanahan Nasional,1,Badiklat Kejaksaan,36,Bagi Takjil,1,bagikan sembako dalam rangka HJK,1,Bagikan Takjil di Jalan,1,Bahas Irigasi,1,Bahu Jalan,1,BAIS,1,Baju Hitam,1,Bakamla,12,Bakau,1,Baksos,2,Baksos HJK,1,Baksos TNI,2,Bakti Sosial,6,Bakti TNI,1,Bali,2,Balita,1,Banau,1,Banda Aceh,19,Bandara Kertajati,1,Bandung,4,Bang Japar,2,Bangun Masyarakat,1,Banjarharjo,1,Banjarharjo Brebes,1,Banjarharjo-Salem,1,Banjarnegara,1,Banjir,24,Banjir Bandang,1,Banjir Losari,3,Banser,3,Bansos,1,Banten,15,Bantu Air Bersih,1,bantu pengamanan natal,1,bantuan bibit ayam,1,bantuan kaki palsu,1,Bantuan Kaki Palsu Kodam Diponegoro,1,bantuan kursi roda,1,Bantuan Logistik Ke Lombok,1,Bantuan Pangan Non Tunai,2,Bantuan Pemerintah,1,Bantuan Pengemudi,1,Bantuan Sosial Bencana Palu,1,Bantuan TNI,6,Banyumas,26,barak siaga,1,Bareskrim,1,based test,1,Basket,4,Basmi,1,Batalyon 405/SK,1,Batalyon Infanteri 405,1,Batang,1,Bawang Merah,2,Bawaslu,1,Bazar Murah,2,Bazar Ramadhan,1,BBGRM,1,BBM,1,Becana Alam Banjir,2,Bedah Rumah,1,Begal,6,Bekasi,7,Bela Negara,3,Belanegara Jakarta,1,Benahi Pangkalan,1,Bencal,3,Bencana,3,Bencana Alam,98,Bencana Banjir Brebes,4,Bencana Rob,2,Bendera Latihan,1,bendungan notog margahayu resmi dibuka,1,Bentuk Kedisiplinan Linmas,1,Bentuk Postur Prajurit,1,Berbagi Takjil,1,Berdoa Bersama,1,Berduka,1,Beredar,1,Berikan,1,Berita Duka,3,Berita Hoax,2,Berita Informasi,26,berita terkini,99,Bersih,1,Bersihkan Tempat Ibadah,1,Betonisasi Jalan Desa,1,Bhakti Sosial,3,Bhayangkari,1,Bimbingan Rohani,1,Bimtek,2,Bimtek Pilkada,1,Bina Linmas,1,Bina Pramuka,1,Bina RT RW,1,Bingkisan Kasad,1,Bingkisan lebaran,1,Binroh,1,Bintal Kodam,1,Bintal TNI,1,Bireuen,3,Bireun,3,Bisnis,2,BMKG,1,BNN,7,BNSP,1,Bobotoh,1,Bogor,1,Bola,2,Bom,7,Bom Molotov,1,Boyolali,1,BPJS,1,BPK RI,2,BPNT,3,Brebes,119,Bridgestone,1,Brinus,1,BSC,1,Buah Naga,1,Budaya,65,Buffalo Boys,1,Buka bersama,2,Buka Puasa,4,Buka Puasa Bersama,6,Bukber,1,Bulan Bakti Gotongroyong,1,Bulan Puasa,1,Bupati,1,Bupati Brebes,1,Burung,1,Bus Way,1,Cagar Budaya,1,camat ucapan selamat,1,Capratar,1,Capres 2019,5,Car Free Day,1,Car Free Night,1,Cawapres 2019,1,Cegah Banjir,1,Cegah DBD,1,Cek Urine,1,Ceramah,1,Cerita Mistis,1,Cerpen,1,China,1,Christmas,1,Cilacap,420,Cinta,1,Cinta NKRI,1,Croplife Agriwarta Awards 2018,2,Croplife Indonesia,2,CSR,2,Cyber,2,Cyber Crime,5,Daerah,1044,Daerah Papua,1,Dakwah,4,Dakwah Islam,2,Damkar,1,dan recovery bencana,1,Dana Desa,3,Danau Toba,1,Dandenkesyah,1,Dandim,1,Dandim 0713 Brebes,1,Dandim Brebes,1,Dandim Cilacap Tutup TMMD,1,Dandim Sambut Rombongan Gowes Danpussenif,1,Danramil,1,Danramil Bekali Wasbang Kepada Pelajar,1,Danramil Cek Warganya Bunuh Diri,1,Danramil Kodim Brebes,1,Danramil Lepas Anggota MPP,1,Danramil Pimpin Pemakaman Secara Militer,1,Danrem Wijayakusuma,1,Debat Capres,7,Debat Cawapres,1,Debt Collector,1,deklarasi,1,Demlot,1,Demokrat,1,Demonstrasi,2,demontrasi alat rice transplanter,1,Denkesyah,1,Denpom,1,Desa,8,Destinasi Wisata,1,Dewan Pers,33,Dhuafa,1,Dialog Interaktif,1,Difteri,1,Diklat,3,Dinsos,1,Dirgahayu,1,Dirgahayu RI,8,Disnakertrans,1,Dispenad,2,Distribusi logistik Pemilu,1,DOA,2,Doa Bersama,9,doa bersama HJK,1,Doa Untuk Keselamatan Bangsa,1,DOB,1,Donasi,1,Donggala,1,Donor,2,Donor Darah,5,Donor Darah Dan Pengobatan Massal,2,DPD PPWI Banten,2,DPD RI,6,DPN PPWI,2,DPR,2,DPRD,1,DPT Ganda,1,Dragon Fruit,1,Dufi,2,Duka Cita,2,Dukacita,2,Dzikir,1,e-Tilang,2,Eastparc Hotel,1,Edaran Dewan Pers,1,Edukasi,187,Edukasi ke Masjid,1,Edukasi TNI,1,Ekonomi,81,Ekonomi Budaya,1,Ekowisata,1,Eksploitasi Anak,1,Empat Pilar Kebangsaan,4,Enterpreneurship,1,Epilepsi,1,Erupsi Gunung Slamet,1,Evaluasi Kinerja,1,Event,1,Fadli Zon,1,Fashion Show,2,Fasum,2,FBR,1,Feature,1,Februari,1,Festival Tabuh Bedug dan Takbir,1,FH Unibos 45,1,Film,10,Film "Guru Ngaji",1,Financial,1,FJKS,1,fogging,1,Forkompimcam Doa Bersama,1,Forkompimda Cek TPS,1,Forkompimda Cilacap Konferensi Pers,1,Forkompincam Rakor Jelang Pilkades,1,Forkopimcam,2,Forkopimda,2,Forum Silaturahmi Kehumasan,1,Foto,6,FPI,1,FPII,1,Fusion Jazz,1,Fusion Stuff,1,G30S/PKI,18,Gabah dan Beras,1,Gaharu,1,Gajah Purba Terbesar,1,Gaji,1,Galau,1,GAM,2,Gambatte,3,Gangguan Kamtibmas,1,Ganjil Genap,3,Gapoktan,1,Garjas,1,Garut,1,Gatotkoco,1,Gaza,1,Gedung Joang,1,Gempa,15,Gempa Bumi,1,Gempa Donggala,3,Gempa Lombok,22,Gempa Lombok Timur,1,Gempa NTB,1,Gempa Palu,2,Gempa Situbondo,1,Gempa Sukabumi,1,Generasi Muda,2,Geng Motor,2,Gerakan Perempuan Peduli Mangrove,1,Gerhana,1,Gerindra,1,Giziburuk,6,Gladi Posko,2,Gladi Posko 1,1,Gladi Posko TNI,1,GMI,1,Golkar,3,Got,1,Gotong Royong,1,gowes,2,Gowes Dalam Rangka Hari Juang Kartika,1,Gowes Sepeda Sante Bersama Masyarakat,1,GP Ansor,1,GPS,1,Green Hill,1,Grobogan,4,Gropyok Tikus,1,Gubernur Jateng,1,Gugatan,1,Gugatan Dewan Pers,1,Gunungan Hasil Bumi,1,Gunungsitoli,1,Guru,1,Habib Rizieq Shihab,2,Habib Riziq,1,Hacker,1,Hak Pilih,1,Halal,1,Halal bi halal,3,Halal Bihalal Forkompimda,1,HAM,1,Hama Padi Blas,1,Hama WBC,1,Hankam,3298,Hankam kodim brebes,16,Hankam Korem 071 Wijayakusuma,1,Hanura,1,HAORNAS,1,Hardiknas,1,Hari,1,Hari Amal Bhakti ke 73,1,Hari Batik Nasional,2,Hari Bayangkara,1,Hari Buruh,1,Hari Ibu,5,Hari Infanteri,1,Hari Jadi Kabupaten Brebes,1,Hari Kartini,1,Hari Kebangkitan Nasional,1,Hari Lahir Pancasila,2,Hari Lahir Pancasila ke 73,1,Hari Otonomi Daerah,1,Hari Pahlawan,1,Harkamtibmas,1,harkitnas,2,Harry Moekti,1,Headline,10,Hercules,1,Hibahkan Tanah,1,Hiburan,13,himbauan,1,HIV,2,HJK,2,HMI,1,Hoax,5,Hoby,1,Honorer,1,HPN,1,HPSN,1,HSN,1,Hukum & Kriminal,421,Humas,3,HUT,60,HUT 1 IMC,2,HUT AAU,1,HUT Ardhya Garini ke-62,1,HUT Armada RI,1,HUT Armada RI 2018,1,HUT Bhayangkara ke 72,4,HUT Bhayangkara ke-72,1,HUT Brebes,1,HUT Kabupaten Brebes,1,HUT Ke-73 RI,2,HUT Korem ke -57,1,HUT Korpri,1,HUT Korpri ke 47,1,HUT Kowad,1,HUT PPWI,1,HUT RI,3,HUT RI Ke-73,9,Hut RRI Ke-73,1,HUT SOGO ke-28,1,Hut TNI,2,HUT TNI ke 73,6,Hutan Manggrove,1,Ibadah,1,Ibadah Ramadhan,1,Ideologi,1,Idul Adha 1439H,7,Idul Fitri,1,Ikatan Sarjana dan Profesi Perpolisian Indonesia (ISPPI),1,Iklan,5,ILC,1,ILO,1,IMC,2,IMC Peduli,1,IMC TV,1,IMF,1,IMO,1,Inacraft,1,Indah,1,Independence Day,1,Indobatt,1,Infrastruktur,6,Infrastruktur Desa,1,Insektisida,1,Inspektorat,1,Inspirasi,3,Institusi TNI,1,Instruksi Kasad,1,International,107,IPB,1,IPJI,1,Irwandi Yusuf,1,ISIS,1,Islam,5,Islam Nusantara,1,Isra Mi’raj,1,Israel,2,istighotsah,1,istighotsah dan doa bersama,1,istri prajurit pengrias pengantin,1,ITE,4,Jabar,2,Jabodetabek,241,Jadwal Sholat DKI,2,Jakarta,10,Jakmania,1,Jalan,1,Jalan Desa,1,jalan lumpur,1,Jalan Provinsi,1,Jalan Tol,1,Jalin Komsos,1,Jam Komandan,3,Jambanisasi,3,Jambret,2,jamdan,2,Jateng,395,Jatibarang,1,Jatim,8,Jawa Barat,3,Jawa Timur,11,Jazz,1,Jeddah,17,Jelang Pilkades Babinsa dan Bhabinkamtibmas Patroli,1,Jembatan Antar Desa,1,Jembatan Darurat,1,Jembatan Putus,1,Jenderal Soedirman,1,Jepang,1,Jokowi,24,Julius Naisama,1,Jumat Bersih,3,Jumat Sehat,1,Jurnalis,2,Jurnalistik,1,Kabel Listrik,1,Kabupaten Brebes,1,Kaderisasi Penanggulangan Bencana Alam,1,Kalibata City,1,Kalijodo,1,Kampung KB,2,Kampus,75,Kamtibmas,10,Kanker Paru,1,Kanker Serviks,1,Kantor Pos,1,Kapal Tenggelam,1,Kapolres Brebes,1,Kapolsek Sambangi Desa Binaannya,1,Kapten Inf Sudarso Jabat Danramil 13/Majenang,1,Karate,1,Karbak,1,karbak memperingati HUT TNI Ke-73 tahun 2018,1,Karnaval,3,Karnaval Peringatan HUT Proklamasi,1,Kartika,1,Karya Bakti,40,Karya Bakti TNI,1,Karya Bhakti,15,Karya Bhakti bersih sampah,1,karya bhakti perbaikan jembatan,1,Kasad,1,Kasad Pimpin Upacara HUT TNI ke 73 di Papua,1,Kategori Berita Informasi,67,Kawal Logistik Pemilu,1,Kawal Logistik Pilkada,1,Kawal Pilkada Jateng,2,Kawanua,2,KB,1,KB Kes,1,Kb kes Mkjp,1,KB Kesehatan,4,Ke-104 Tahun 2019,1,Keamanan,4,Kebakaran,15,kebakaran di perkebunan jati hutan,1,Kebersihan Lingkungan,2,Kebumen,1,Kecamatan Sirampog,1,Kecapekan,1,Kecelakaan,2,Kecelakaan Lalu-lintas,1,Kecelakaan laut,3,Kecelakaan Maut,1,Kecelakaan Pesawat,2,Kecelakaan Saungai,1,kegiatan percepatan tanam Padi Situbagendit,1,Kegiatan Persit,4,Kejagung,6,Kejaksaan,181,Kejar Target,1,Kekerasan Anak,1,Kelestarian Lingkungan,1,keluarga besar Kodim 0713 Brebes,1,Kelurahan Brebes,1,Kemampuan Teritorial,1,Kemanusiaan,5,Kemarai,1,Kemarau,2,Kemenag RI,1,Kemendes PDTT,1,Kemenhub,2,Kemenperin,5,Kementan,1,Kemerdekaan,41,Kemhan,2,Kenakalan Remaja,1,Kepedulian Pemimpin,1,Kepresidenan,1,Kereta Api,1,Kereta Kencana,1,kerja bakti,13,Kerja Bhakti,1,Kerusuhan,1,Kesehatan,69,Ketahanan Pangan,10,Ketegori Berita Informasi,3,Ketenagakerjaan,1,Ketua “Relawan DjoSS4Sumut”,1,Ketua Dewan Pembina Relawan DjoSS4Sumut,1,Ketua KPU Brebes,1,Ketum PPWI,1,Kewaspadaan,1,Kewilayahan,1,Kewirausahaan,1,Khutbah,1,Kicau Mania,1,Kirab Budaya,1,Kirab Tunas Kelapa Ke-34 2018,1,KKN,1,KKSB,13,KNKT,2,KNPI,1,Kodam,8,Kodam Cendrawasih,1,Kodam Cilacap,5,Kodam IV,81,Kodam IV Diponegoro,1,Kodam IV/Dip,3,Kodam Jaya,1,kodiim brebes,4,Kodim,85,Kodim Cilacap,1,Kodim 0713 Brebes,8,Kodim Banyumas,1,Kodim Batang,635,Kodim Bondowoso,1,Kodim Brebes,675,Kodim Brebes Doa bersama,1,Kodim Brebes Gelar Pemeriksaan Kendaraan Dinas,1,kodim brebes latihan menembak,1,kodim brebes ziarah hut korem ke 57,1,Kodim Cilacap,658,Kodim Cilacap Peringati Maulud Nabi Muhammad SAW,1,Kodim IV,1,Kodim Pemalang,1,Kodim Salatiga,2,Kodim Salurkan Zakat Fitrah,1,Kodim Semarang,2,Kodim Sleman,1,Kodim Sukoharjo,1,Kodim Tegal,2,Kodim Wonogiri,13,Kodim Yogyakarta,1,Kodimbatang,2,Kolom,20,Kominfo,1,Kompolnas,1,Komponen Masyarakat,1,Komsos,50,komsos dengan berkotbah,1,Komsos KBT,1,Komsos Kreatif Korem Tahun 2018,1,Komsos TNI,30,komunikasi sosial,3,Komunisme,1,Komunitas Motor King,1,Komunitas Pecinta Reptil,1,Komunitas Trabas,2,Kondisi Sosial,1,Kondusifitas Wilayah,1,KONI,1,Konser,1,Konsos,1,Kontes Murai Batu,1,koordinasi lintas sektoral,1,Kopassus,3,Kopassus Pukau Peserta 3Fun HJK,1,Koperasi,1,Koperasi Kartika,1,Koramil,33,koramil patroli gabungan sambut natal dan tahun baru,1,Koramil Peduli Lingkungan,1,Koramil Rehab Rumah Tidak Layak Huni,1,Koramil Siapkan Rest Area,1,Korban,1,Korban Tenggelam,2,Korem,31,Korem 071,6,Korem 071/WK,36,Korem 072/Pamungkas,1,Korem 072/Pmk,2,Korlantas,1,korp raport,1,korp raport perwira,2,Korsik,1,Korupsi,17,Koruptor,1,Kota Langsa,4,Kota Tua,2,Kotacane,1,Kotak Suara,1,KPAI,33,KPK,3,KPKP,1,KPU,5,KPU RI,1,Krida Survival,1,Kriminalisasi Wartawan,24,Kriminalitas,3,KRL,1,KSAD,1,KSPI,3,KUA Kersana,1,Kucing Garong,1,KUKM,1,KUKMP,1,Kuliner,4,Kultum,1,Kuningan,1,Kuningan Barat,2,Kunjungan Anak TK,1,Kunjungan Anak TK Brebes,2,kunjungan kerja,2,kunjungan PAUD di koramil tonjong,1,kunjungan tim SPI dan tim lomba binter,1,kunjungan tim verifikasi,1,kunjungan tim wasev kodam iv di kodim brebes,1,kunjungan wasev kodam iv diponegoro,1,kunker,1,kunker gubernur,1,Kunker Mentan,1,Kunker Mentan pelepasan bawang ekspor,1,Kupang,2,Kurang Pengawasan Orang Tua,1,Kurban,4,Kurma,1,Lagu Lokal,1,lahan produktif,1,Laka,1,Laka Lantas,15,Laka Laut,1,Lalu Lintas,19,Lalulintas,1,Lampung,1,Lanal Cilacap,2,Langsa,10,Lanud J.B Soedirman,2,Lanud Jenderal Soedirman,1,Lanud Leo Wattimena,1,laporan korp kenaikan pangkat,1,laporan korp pindah satuan dan MPP,1,Larantuka,2,Lari 10 K,1,Latbakjatri,1,Latih Kedisiplinan Linmas,1,latih renang,1,latihan,1,Latihan 250 Parako di Tugu Kopassus Brebes,1,latihan dasar kepemimpinam,1,latihan gabungan senam gemu famire,1,Latihan Menembak,4,Latihan Menembak Senjata Ringan,1,Latihan PBB,8,Latihan Penanggulangan Bencana,1,Latihan Penanggulangan Bencana Alam,1,Latihan Posko I,1,Latihan Posko I Kodim 0712 Tegal,1,latihan teknis teritorial,1,Latnister,1,launching bulan dana PMI,1,launching kampung asian games 2018 di desa kalimati brebes,1,Laut,1,Law & Crime,1,Layanan Polri,2,Layanan Samsat,1,LBH,2,Leasing,1,Lebanon,9,Lebaran,27,Lebaran 2018,1,Ledakan,4,Lembata,17,LGBT,7,Lhokseumawe,11,Lhoksukon,1,Limbah,1,Lingkungan,20,Linmas,1,Lintas Instansi,1,Lion Air JT-610,2,Lion Air JT610,2,Lippomall Kemang,1,Listrik,1,lokakarya,1,Loker,1,Lomba Karya Jurnalistik,1,Lomba Marching Band Komsos Kreatif Tahun 2018 Piala Danrem 071,1,Lomba Menembak,3,lomba safety riding,1,Lomba Senam Gemu Famire,1,Lombok,8,London Love Story 3,2,Longsor,22,Longsor Brebes,2,Longsor Nasional,3,Longsor Nasional Pasir Panjang,1,Longsor Salem,1,Longsor Sukabumi,1,Losari,1,LRT,1,LSM,2,LTT,1,luas tambah tanam,1,Luka Rindu,1,Lumpur,1,M. Anton Sipahutar SE,1,M.Sc MA,1,Ma'ruf Amin,1,Mabesad,1,Mabuk Pembalut wanita,1,Madinah,2,Madiun,6,Madura,2,Magang,1,Magang Jepang,2,Magelang,1,Magetan,3,Magrib Mengaji,1,Mahfud MD,2,Makam Longsor,1,makan bersama,1,Makar,2,Makassar,1,Mako Brimob,1,Maksimalkan Lahan Sempit,1,Malam Pisah Sambut Dandim,1,Malaysia,2,Maluku,1,Maluku Utara,1,Manasik Haji,1,Manfaat Buah Naga,1,Marathon,1,Marinir,1,Maroko,3,Masjid,1,Masjid Kodim Brebes,1,Masyarakat,2,Maulid Nabi,2,Maulid Nabi 1440 H,1,Maulid Nabi Muhammad SAW,1,May Day,6,Mayjen TNI (Purn) Tatang Zaenudin,1,Mayjen TNI Wuryanto Bangsa Menjadi Warga Kodam IV,1,Medan,3,Media,3,Media Baru,1,Media Sosial,1,Medsos,3,Medsos dan Online,1,Mekkah,2,Melanggar Aturan Pemasangan,1,Melatih Linmas,1,melatih pbb,1,memerangi stunting,1,Mendagri,1,Mengancam Pemukiman Masyarakat,1,menggelar Binroh (Bimbingan Rohani),1,Menggugat Dewan Pers,6,Menggugat DP,1,Mengungsi,1,Meninggal Dunia,1,Menkominfo,1,Menyaksikan Pemberian Remisi Umum,1,Menyelamatkan Generasi Pemuda,1,Menyerap Anspirasi,1,Merawat Jenazah,1,Mesum,1,Militer,1,Minggu Militer,1,Mitigasi,4,Mitigasi Bencana,11,MKGR,1,MOI,1,Money Laundry,1,Motivasi,1,Motivasi Belajar,1,MPP,1,Muda Hutan,1,Mudik,12,Mudik 2018,1,Mudik Lebaran,1,Muh. Suherman,1,Munas IPJI,1,Musafir,1,Musibah,3,Music,2,Muspika,1,Musyawarah Desa,1,Musyawarah KNPI,1,Mutasi,1,Mutasi Jabatan,1,Nagan Raya,3,Napak Tilas,1,Napiter,2,Narkoba,42,Nasional,286,Nasionalisme,1,Natal,19,Natal Bersama Umat Kristiani,1,nenek dapat sembako di HJK,1,Netralitas,1,Netralitas TNI,4,New Year,16,News,489,Ngabuburit,1,Ngawi,2,Ngelem,2,Nias,2,Nizal Dahlan,1,NKRI,4,Nobar Film 22 Menit,1,Nobar Film G 30 D/PKI,1,Non fisik TMMD,1,Normalisasi Kali Sigeleng Brebes,1,Normalisasi Saluran Irigasi,2,normalisasi saluran irigasi sungai,1,normqlisasi saluran irigasi desa,1,NTB,7,NTMC Polri,1,NTT,62,NU,1,Nutrisi Cair,1,Nyamuk,1,Objek Wisata,1,Objek Wisata Kaligua,1,ODGJ,1,Ojek,1,Ojek Online,2,OJOL,2,OKI,1,Olahraga,22,olahraga bersama,3,Olimpiade,1,OMSP,1,Operas Keselamatan,1,Operas Keselamatan 2019,1,operasi katarak,1,Operasi Keselamatan,2,Operasi Keselamatan Candi 2019,1,Operasi Patuh,1,Operasi Zebra Candi,2,Opini,37,OPM,2,Orang Gila,1,Orang Meninggal Dunia,1,Orang Tak Dikenal,1,Orang Tenggelam,1,Organisasi,9,Organisasi Persit,3,Organisasi Wanita,1,Orgnisasi,1,Ormas,5,Ormas Pemuda Pancasila,1,Oso,1,OTT,5,outclass dalam Kemah Bakti Osis,1,P4GN,1,Pabrik Gula,2,Pabrik Kayu Terbakar,1,Padang,3,Padat Karya,2,Pahlawan,1,Pajak Motor,1,Palembang,1,Palestina,4,Palu,4,Pam Arus Balik Lebaran,1,Pam Idiul Fitri 1439 H,1,Pam Lebaran,2,Pam Libiran Idul Fitri,1,Pam Pilkada,2,Pam Sholat Idul Fitri,1,Pam Stasiun KA,1,Pam.Pilkada,1,Pameran Alutsista,2,Pancasila,7,Panen Padi Program Ketahanan Pangan Kodim 0713/Brebes,1,Pangan,5,Pangdam Halal Bihalal,1,Pangdam IV Halal Bihalal,1,Pangdam IV Lepas Kontingen Porad,1,Pangdam IV Silahturahmi dengan Forkompimda,1,Pangdam IV/Diponegoro Berikan Kuliah Umum Mahasiswa Baru Unsoed,1,Pangkalan,1,Panglima TNI,2,Panglima TNI dan Kapolri pantau arus mudik,1,Panitia Penjemputan Imam Besar (PPIB),1,Pantura,2,paparan persiapan Latihan Taktis (Lattis) Intel,1,Papua,36,Papua New Guinea,1,Para Pelajar SMA,1,Pariwisata,2,Pasar Blok B Tanah Abang,1,Pasca Bencal,1,Pasca Bencana Alam,1,Pasca Kuliah,1,pasien katarak HJK,1,Paskibraka,3,Paslon Pilpres,1,Pasuruan,1,Patani Padi,1,Patroli,11,patroli amankan natal,2,Patroli Bersama Polri,2,patroli gabungan,2,patroli malam natal,1,Pawai Obor,1,PBB,11,PBNU,1,PDIP,1,PE,1,Pecel Lele,1,Pedagang,1,Peduli,2,Peduli Sosial,1,Pegebroran,1,Pekalongan,1,Pekanbaru,9,Pekarangan,1,Pela Mampang,3,Pelajar,1,pelajar mendapat santunan,1,Pelajar SD,1,Pelajar SMA,1,Pelajar Tewas,1,Pelanggar Lalulintas,1,pelantikan,2,Pelantikan dan Pembekalan PPDK Kecamatan Bulakamba,1,Pelantikan Pengurus Pimpinan Daerah Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Brebes,1,Pelantikan Perwira TNI Polri,3,Pelatihan,1,Pelatihan Satlinmas,1,Pelatihan Disiplin,1,Pelatihan Fungsi Penerangan,1,pelatihan materi repling,1,Pelatihan PBB,2,pelatihan pengurus osis,1,Pelatihan Pertanian,1,Pelayanan KB Kes,2,Pelayanan KB-KES,1,Pelecehan Seks,1,Pelepasan Dandim Brebes,1,peletakan batu pertama,2,peletakkan Batu Pertama Barak Siaga Kodim Brebes,1,pemakaman militer,2,Pemakaman Serda (Purn) Darmo,1,Pemali,1,Pemanfaatan Lahan Sempit,1,Pemantauan Pemilu,1,Pemaron,1,pemasangan bendera disepeda motor dinas,1,Pemasangan Bendera merah putih,1,Pembagian Kue Kotak,1,Pembagian Sembako,1,Pembagian Takjil Buka Puasa,1,Pembangunan Desa,2,Pembangunan Jembatan,1,Pembangunan Jembatan Gantung,1,Pembantaian,1,Pembekalan,1,pembekalan binsik dan PBB,1,pembekalan hukum,1,Pembekalan Wasbang,2,Pembentukan Karakter,2,Pemberantasan Nyamuk,1,Pemberdayaan Masyarakat,1,pemberian taliasih kepada veteran,1,pembinaan dan pelatihan PBB,1,Pembinaan Fisik,1,Pembinaan Ideologi,1,pembinaan KBT,1,Pembinaan Kerohanian,1,Pembinaan Linmas,1,Pembinaan Mental dan Ideologi Kejuangan,1,pembinaan netralitas TNI,1,Pembinaan Peningkatan Kemampuan Apkowil,2,Pembinaan Personel,1,Pembinaan Teritorial,1,Pembinaanguru ngaji,1,pembuatan pos kampling,1,Pembukaan,1,pembukaan kejuaraan Dandim 0713 Cup 2018,1,Pembukaan TMMD,9,Pembunuhan,5,Pembunuhan Anak,1,Pemda,24,Pemekaran Wilayah,1,Pemeliharaan Aset Negara,1,Pemeriksaan Bakal Calon Kades,1,pemeriksaan kendaraan dinas,1,Pemerintah,59,Pemerintah Desa,2,pemerintahan,2,Pemerintahan Desa,2,Pemerkosaan,1,pemilihan perangkat desa,2,Pemilu,8,Pemilu 2019,12,Pemindahan Napi,1,Pemkot,1,Pemuda Agen Perubahan,1,Pemuda Muslimin Indonesia,1,Pemuda Pancasila,2,Pemulasaran Jenazah,1,Penambangan Liar,1,Penanaman 8000 pohon di Jatibarang,1,penanaman pohon mangrove,1,penandatanganan zona integritas,1,Penangkapan Bandar Sabu,1,Pencabulan,1,pencanangan TNI Manunggal KB Kes,1,pencari rumput tewas,1,Pencegahan,1,Pencemaran Lingkungan,1,Pencinta Alam,1,Pencipta Lagu Mars Babinsa,1,Pencurian,4,Pencurian Polda Metro Jaya,1,Pendam IV,13,Pendamping Kewirausahaan,13,Pendampingan Babinsa,3,Pendampingan Belajar,1,pendampingan penerima pendistribusian Logistik Pemilu,1,Pendampingan Pertanian Babinsa,1,pendampingan tanam padi,1,Pendidikan,222,pendidikan dan latihan satpam,1,Pendidikan Raider,1,Pendidikan Spiritual,1,Penduduk,1,penemuan bayi,1,Penemuan Mayat,3,Penemuan Mayat Tanpa Identitas,1,Penemuan Situs Purbakala,1,Penentuan bakqlcalon Kades,1,Penerangan Indobatt. TNI. Internasional,1,Penerangan Jalan,1,Penertiban APK,2,penertiban bangunan liar,2,Pengamanan,8,Pengamanan Kepulangan Jamaah Haji,1,Pengamanan Natal,4,Pengamanan Obyek Wisata,1,Pengamanan Pemilu,1,Pengamanan Pemilu 2019,1,Pengamanan Pileg,1,Pengamanan Pilkades,2,Pengamanan Pilkades Serentak,1,Pengamanan Presiden,1,Pengamanan RI 1,1,Pengamanan Stasiun,1,Pengamanan Stasiun KA,1,Pengamanan Stasiun Kereta Api,1,pengamanan turnamen sebakbola,1,pengambilan sumpah,1,pengarahan,1,Pengarahan Danrem,1,Pengawalan dan Pengamanan,3,Pengawasan,1,Pengecekan pendiatribusian logistik pemilukada,1,pengecekan rel kereta api,1,Pengecoran Jalan,1,Pengembangan Kewirausahaan,3,Pengenalan Tugas TNI,1,Penggalangan Dana,1,Penggilingan Padi,1,Penghargaan,2,Penghargaan Panglima TNI,1,Penghijauan,5,Penghijauan Dalam Rangka HJK,4,Penghijauan dan pertanian,2,Pengosongan Rumah Dinas,1,Pengukuhan Paskibra Tanjung,2,Pengumuman,1,Penhijauan,1,Peningkatan Kapasitas Linmas,1,Peningkatan Komsos,1,Peningkatan Pelayanan Publik,1,peninjauan,1,Penrem 071/WK,1,Pensiun,1,Pentingnya Wasbang Bagi Generasi Muda,1,Penutupan Diksarcabpaif 2018,1,Penutupan Disusbasus TNI,1,Penutupan Latihan Gladi Posko,1,Penutupan Latihan Komando,1,Penutupan Raider,1,Penutupan TMMD Sengkuyu II TA. 2018,4,Penutupan TMMD Sengkuyung,5,penutupan turnamen sepakbola Dandim Brebes Cup 2018,1,penyampaian kasdim brebes sebelum kejuaraan karate,1,Penyemprotan,1,Penyemprotan Hama Blas,1,penyempurnaan garjas,1,penyerahan piagam penghargaan secara simbolis,1,Penyerahan RTLH,1,Penyerapan Anspirasi,2,penyuhan,1,penyuluhan,1,Penyuluhan anti narkoba,1,penyuluhan dan sosialisasi KB Kes,1,Penyuluhan hukum,1,Penyusunan RKPDesa,1,Peradi,1,Peragaan Seragam Korpri Baru,1,Perahu Tenggelam,1,Peraturan Baris Berbaris,1,Perayaan Hari Buruh Sedunia,1,perbaken Brebes,1,Perbakin Cabang Brebes,1,Perdangan Orang,1,Perdata,5,Perekrutan TNI,1,peresmian gedung rawat inap,1,Peresmian Jalur Tol Colomadu,1,peresmian kampung lalu lintas,1,Peresmian Masjid,1,peresmian rehab koramil,1,Perhutani,1,Peringatan Haornas Ke 35 Di Alun-Alun Brebes,1,Peringatan Hari Ibu,1,Peringatan Hari Kesaktian Pancasila,1,peringatan HUT TNI Ke-73,1,Peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW 1440 H,1,Peringatan sumpah pemuda,1,peringati Hari Peduli Sampah Nasional,1,Peringati HUT Propinsi Jateng Ke-68,1,Peristiwa,196,perlombaan memeriahkan HUT RI,1,perpustakaan keliling,1,Pers,77,Persatuan Pewarta Warga Indonesia,1,Persekusi,2,persiapan pembersihan sungai sigeleng brebes,1,Persiapan Pilkada,1,Persija,1,Persit,19,Persit Brebes Pelatihan Table Manner,1,Persit Brebes Peraih 2 Medali Emas Sea Games,1,Persit dan Bhayangkari Polres Brebes Bagikan takjil gratis,1,Persit KCK,1,Persit KCK Kodim Cilacap,1,Persit Kodim 0713 Brebes,1,Pertanian,129,Pertanian Brebes,1,pertemuan persit,1,Perumahan,1,Pesantren,1,Pesantren Kilat,1,Pestisida,1,Petugas Keamanan,1,Petugas PPS,1,PG. Banjaratma,2,pH meter,1,pH tanah,1,Phitaya,1,Pidato Kenegaraan Presiden RI Pada Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Brebes,1,Pidie,3,Pidie Jaya,1,Pilgub,1,Pilgubjabar,2,Pilkada,33,Pilkades,1,Pilpres,7,Pilpres 2019,61,Pilpres dan Pileg,1,Pine Tree,1,PKI,7,PKK,2,PKS,1,PKT,10,Playground,1,Plh. Gubernur,1,Plt. Gubernur,1,PLTB,1,PMI,3,PMJ,4,PMPP TNI,1,Pokja,7,Polantas,1,Polda,1,Polda Jateng,1,Polda Metro Jaya,10,Polhukam,1,Police Line,1,Polisi Gadungan,2,Polisi Represif,1,Politik,248,Polres,15,Polres Brebes,1,Polri,146,Polri dan Relawan Padamkan Kebakaran Hutan,1,Polybag,1,Pon,1,Ponorogo,1,Ponpes,2,Popda,2,POPT,1,Porad,2,Pos Kamling,1,Posdaya,1,Poskamling,1,Posyandu,1,PPAPP,21,PPL,1,PPP,1,PPWI,32,PPWI Banten,1,PPWI-Gambatte,1,pra TMMD,2,Pra TMMD Sengkuyung,2,Prabowo,6,Prabowo-Sandi,12,prajurit kodim brebes melatih karate,1,Prajurit Kodim Cilacap Cek Urine,1,Prajurit TNI Aktivis Kemanusiaan Bencana Brebes,1,Prajurit TNI dan PNS dibekali IT,1,Pramuka,32,Pramuka Saka Wira Kartika,7,Pray for Lombok,1,Premanisme,1,Presiden,1,Presiden Joko Widodo,3,program rehab RTLH,1,Program RTLH,1,PROJO,1,Prona,2,Property,1,Prostitusi,1,Prostitusi Online,3,Provokasi,1,Psikopat,1,PSN,2,PSSI,1,Puasa,4,Puasa Ramadhan,1,Puisi,4,PUPR,1,Pupuk Bersubsidi,1,Pupuk Organik,1,Pupuk Wijayakusuma,3,Purbalingga,4,Purnawiran TNI-Polri,1,Purwokerto,1,Pusat Grosir Blok B Tanah Abang,1,Puspen TNI,64,Puting Beliung,1,Putri PPWI,1,PWI,2,Qurban,10,Radikalisme,2,Radio Bercahaya FM,1,Ragam,51,Ragam Bunyi Kentongan,1,Raider,1,Rakerda FKPPI,1,rakor,2,Rakor Kesiapan,1,Rakor penertiban bangunan liar,1,Rakor Sinkronisasi Data Pajale,1,Rakor TMMD Reguler,1,Rakor TMMD Sengkuyung,1,rakor upsus,1,Ramadhan,17,Ramah Lingkungan,1,ramah tamah dan silaturahmi dengan forkopimda,1,Rampas Motor,1,Rapat,3,Rapat Anggota Tahunan,1,Rapat Konsultasi,1,rapat pleno,1,Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi,1,Rapim TNI,1,Rastra,1,RAT,1,Razan Najjar,1,Razia Polisi,1,RDP,1,RDP DPD RI,1,Reboisasi,4,Recovery,2,Recovery Psikologis,1,Reformasi,1,Rehab Pangkalan,1,rehab RTLH,3,Reklamasi,17,Reklamasi Pantai,3,Reklamasi Pantai Balauring,1,Reklamasin,1,Rekor Dunia Menari Maumere,1,Relawan,1,Relawan DjoSS4Sumut,3,Religi,67,Reliji,1,Rembug Tani,1,Renungan Suci di TMP Bumiayu,1,Resepsi HUT Kemerdekaan RI Kecamatan Tanjung,1,Rest Area,2,Rest Area Koramil 13/Majenang,1,Reuni 212,4,Riau,2,Rice Mill,1,Rindam IV,2,Rinjani,2,Risma,1,RKPDesa,1,Rocky Gerung,1,Rohingya,1,RPI,11,RPTRA,1,RTLH,7,Ruas Tol Pejagan-Pemalang,1,Rumah Pejuang,1,Rumah Pejuang Indonesia,1,Rupiah Melemah,1,Sabung Ayam,1,safari ramadhan,3,Sahur bersama,1,Sahur on the Road,1,Saka Wira Kartika,1,Salem,4,Salem Brebes,4,Saluran Air,1,Saluran Irigasi,2,Samapta Periodek I Tahun 2019,1,Sambang,1,sambar petir,1,Sambaran Petir,1,Sambut HUT RI. Ke-73,11,Sambut Tahun Baru 2019,1,Sampah,1,Samsat,2,Samsat Keliling,1,Sand Sheet,1,Sandi Uno,2,Sandiaga Uno,2,sang juara karate dandim brebes cup 2018,1,Sangiran,1,Santri,2,santunan korban sambar petir,1,Sarana Umum Masyarakat,1,Sarang,1,Sarasehan Penerimaan Pramuka Estafet Tunas Kelapa Ke-34 Brebes,1,Satuan Teritorial TNI,1,Screenplay Films,3,Screenplay Production,2,SDPE,1,Secara Swadaya Koramil Renovasi Kantor,1,Sedekah,1,Sehat,5,Sekolah,46,sekurity PT. BIG bina fisik,1,Selebriti,1,seleksi calon paskibra,1,Selokan,1,Semarang,25,Sembako,2,Seminar,1,senam,1,Senam Barbel,1,Senam Gemu Famire,2,Senam Pagi,1,Senator,1,Seni Buadaya,1,Seni Budaya,11,Senin,1,senjata,1,senkom mengucapkan selamat HUT TNI,1,Sepak Bola,2,Sepakbola,7,Separatisme,1,Serah Terima Jabatan Kepala Sekolah N 8 Cilacap,1,serah terima kades,1,Serah Terima Kasdam IV,1,Serang,1,Serba - serbi,152,Serba serbi Bulan Ramadhan,1,Serba serbi Idul Fitri 1439 H,1,Serba Serbi Ramadhan,1,Serba-serbi,45,Serentak,1,Sergap,2,Sertifikasi Wartawan,1,Sertifikat Tanah,2,Sertijab,2,Sertijab dan Alih Tugas Perwira Kodim 0713,1,sertijab dandim brebes,1,Sertijab Ketua Persit Cabang,1,Sertijab Pangdam IV,1,Setijab Danramil,1,Shalat Idul Adha 1439 H,1,Sholat Idul Fitri,1,Sholat Ied Idul Fitri 1439 H,1,Siaga,1,sidang ukp,1,Sidoarjo,2,Sigli,1,silaturahmi,2,SIM,2,SIM Keliling,2,Simalakama,1,Simeulue,1,Simulasi,1,Simulasi Bencana Alam,1,Simulasi Kebakaran dan Pencurian Minyak,1,Sinergi Amankan Wisata,1,Sinergis TNI-Polri,19,Sinergitas,3,Sinergitas Pemda Wonogiri,1,Sinergitas TNI dengan Media,3,Sinergitas TNI Polri,5,Sinergitas TNI-Polri,9,Siraman Rohani,1,Siskamling,1,Sisrendal binter,1,Situs Bumiayu,1,Situs Fosil Purba,1,Slank,1,SmartCity,1,Sogo Dept. Store,1,Solo,1,Solok,2,Somasi,1,Sosial,224,Sosial Budaya,2,Sosialisasi,11,Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan,1,Sosialisasi Bahaya Narkoba,2,Sosialisasi Balatkom,1,Sosialisasi Kebencanaan,1,sosialisasi pemilu,1,sosialisasi perda,1,Sosialisasi PKT,4,sosialisasi program asabri,1,Sosialisasi UMKN,1,Sosialita,1,Sosmed,1,Sosok,2,Spiritual Keagamaan,2,Sport,48,SPRI,1,STAI Brebes,1,Standard Chartered,1,Stegodon,1,Street Crime,2,Subulussalam,1,Sudan,1,Suka Makmue,1,Sukabumi,3,Sumatera,6,Sumatera Utara,2,Sumbar,1,Sumpah Pemuda,8,Sumut,1,Sungai Cisanggarung,1,Sungai Pemali,1,suntik hepatitis B,1,suntik vaksin hepatitis B,1,Surabaya,11,Surat Terbuka,1,surprise,2,Surprise TNI Hut Bahayangkara Ke-72,1,Survei Lokasi TMMD,1,Surveyor Akreditasi FKTP Tim Kemenkes RI,1,Survival,2,Swasembada,4,Swasembada dan Ketahanan Pangan,1,Swasembada Ketahanan Pangan,1,Swasembada Pangan,62,Syariat,1,Syukuran HUT Penerangan TNI AD Ke 68,1,syukuran peringati HUT TNI,1,Syukuran Renovasi Gedung Sekolah,1,Tabloid Indonesia Barokah,1,Tahlilan,1,Tahun Baru,14,Takbir Keliling,1,Takengon,1,Takjil,1,Takjil di Jalan,1,Takjil Gratis,2,Takjil On the Road,1,Takziah,1,Tambang Minyak,1,Tanah Longsor,2,Tanaman Polybag,2,Tanda Bahaya,1,Tanda Datangnya Air Bah,1,tanggap darurat,1,tanggapan warga giat karbak,1,Tanggul Sungai,1,Tanggul Terkikis,1,Tangsel,1,Tanjung Brebes,1,Tarhim,2,Tarkhim Bulan Ramadhan,1,Tarling,3,Taruna,1,Tasyukuran Kades,1,Tawuran,4,Tawuran Pelajar,1,Tebing Bukit,1,Tegal,7,Tegal Parang,1,Teknologi,6,Telur Asin,1,Temu Ramah,1,Tennis,2,ter,1,Ternak,1,Teror,6,Teroris,15,Teroris Kaliurang,2,Terorisme,10,Tersambar Kereta Api Barang,1,tersengat listrik,1,Terseret Arus Sungai,1,Tertabrak Truk,1,Tes Jasmani,2,tes urin,1,tes urin antisipasi narkoba,2,tes urine,1,tes urine selepas pelaksanaan Upacara Bendera,1,tes usul kenaikan kenaikan pangkat,1,Tewas,2,The Jak,1,The Perfect Husband,2,THR dan Bingkisan,1,Tilang,1,Tim Gabungan TNI,1,Tim Wasev,1,Tim wasrik,1,Tingkatkan Sinergitas,1,Tinjau Loasi TMMD,1,Tinju,1,TMMD,207,TMMD Reguler 104,1,TMMD Sengkuyung,7,TMMD Sengkuyung 2019,5,TMMD Sengkuyung II Kodim 0713/Brebes,1,TNI,1952,TNI - Polri,2,TNI AD,2,TNI AL,1,TNI AU,3,TNI Awasi Keberadaan Orang Asing di Wilayahnya,1,TNI Berduka,1,TNI Brebes,2,TNI Kodim 0713 Brebes,1,TNI Komsos Masyarakat,1,TNI Manunggal Kesehatan,2,TNI Peduli Lingkungan,1,tni siap amankan natal di brebes,1,TNI-AU,2,TNI-Polri,3,TNI-Polri Brebes,1,TNI-Polri Nobar,1,TNI.,21,Toko Sepatu Anak,1,Tokoh,13,Tol,1,Tol Pejagan-Pemalang,1,Tonjong,1,Tonsus Paskibra,1,TPS,1,Trafficking,1,Trail,1,Transparansi,1,Transportasi,1,Trauma Anak,2,Trauma Healing,2,Trek-trekan,1,Tritura Buruh,1,Truk rem blong,1,Truk Sampah,1,Tsunami,10,Tsunami Anyer,10,Tsunami Lampung,12,Tsunami Palu,3,Tsunami Selat Sunda,15,tukang cukur dapat bantuan kaki palsu dari kodam iv,1,Turnamen,1,Turnamen Bola Kasti,1,Turnamen Futsal,1,turnamen sepakbola Dandim 0713 Cup 2018,1,UAS,1,Ucapkan Selamat,1,Uighur,1,Uji Kompetensi,1,Uji terampil jabatan,1,UKP,2,UKW,1,Ulama,6,Ular Berbisa,2,Ultah,1,UMKM,3,UN,1,Unjukrasa,2,Untirta,1,Upacara,7,Upacara Hari Kebangkitan Nasional,2,upacara 17 agustus,1,upacara 17-an,1,upacara awal bulan Juni 2018,1,Upacara Bendera,11,upacara bendera 17-an,1,upacara bendera Senin pertama bulan Agustus 2018,1,Upacara Hari Guru Nasional,1,Upacara Hari Kebangkitan Nasional,1,upacara hari kesaktian pancasila 2018,1,Upacara Hari Lahir Pancasila ke 73,2,Upacara Hari Pahlawan,1,Upacara Hut TNI ke 73,2,Upacara Kenaikan Pangkat,1,upacara korp raport,1,Upacara Militer,1,upacara minggu 4 juli 2018,1,upacara minggu milter,1,Upacara Pelepasan Anggota MPP,1,upacara pembukaan TMMD,2,Upacara Penurunan Bendera HUT Ke-73,1,Upacara Penutupan TMMD Ke-103 TA. 2018,1,Upaya Publikasi Destinasi Wisata Bumiayu Brebes,1,Upsus,2,usaha telor,1,Usia Dini,1,UU Pers,2,UU TNI No. 32 Tahun 2004,1,UUITE,1,Valentine,1,Varietas Padi Ciherang 600,1,Vidcon,1,Video,4,Volley,2,Wagub DKI,2,Wakasad Tutup TMMD,1,Wanita,1,Wapres,1,Wapres 2019,1,Wartawan,6,Wasbang,3,Wasev,1,Wasrik,1,Watergas,1,Wawasan kebangsaan,3,Wawasan Kebangsaan Terhadap Generasi Muda,1,Wereng,1,wilayah brebes,1,Wilio,1,Wilson Lalengke,3,Wisata,13,wisata kebun,1,Wonogiri,4,Wonosobo,1,Wujudkan Pemilu Damai,1,Yance,2,Yatim,1,Yatim & Dhuafa,1,Yayasan Yatim Piatu,1,Yogyakarta,5,Zakat,1,Ziarah,3,Ziarah HUT TNI,2,Ziarah Peringati Harkitnas,2,Zionis,1,
ltr
item
Indonesia Media Center: Inilah Tantangan Jurnalis di Era Digital Menurut Ahli Pers
Inilah Tantangan Jurnalis di Era Digital Menurut Ahli Pers
http://1.bp.blogspot.com/-86-AEACEl1Y/W6g7I73_pBI/AAAAAAAAVME/vOB4waYr8184ZpcVIkmqnR_vopC0huwzwCK4BGAYYCw/s320/IMG_3115-741726.jpeg
http://1.bp.blogspot.com/-86-AEACEl1Y/W6g7I73_pBI/AAAAAAAAVME/vOB4waYr8184ZpcVIkmqnR_vopC0huwzwCK4BGAYYCw/s72-c/IMG_3115-741726.jpeg
Indonesia Media Center
https://www.indonesiamediacenter.com/2018/09/inilah-tantangan-jurnalis-di-era-digital.html
https://www.indonesiamediacenter.com/
https://www.indonesiamediacenter.com/
https://www.indonesiamediacenter.com/2018/09/inilah-tantangan-jurnalis-di-era-digital.html
true
844235206098878914
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy