Babinsa Koramil 13/Majenang Dampingi Petani Lakukan Penyemprotan Tanaman



Cilacap | Jateng, IMC - Pada usia persemaian bibit padi memasuki 10 hari keatas memang dianjurkan untuk dilakukan penyemprotan agar tahan terhadap serangan hama wereng atau organisme pangganggu tanaman lainnya," kata Babinsa Desa Pahonjean, Koramil 13/Majenang, Kodim 0703/Cilacap.

Seperti yang dilakukan di lahan Kelompok Tani Dusun  Bantareja Rt. 01 Rw. 10 Desa Pahonjean Kecamatan Majenang, Kabupaten Cilacap, Selasa (25/9).

Hadir pada kesempatan tersebut Babinsa Pahonjean Koptu Teguh Sukamto,
Dinas Pertanian Turyadi, Laboratorium Banyumas Ir. Supriyadi, Laboratorium  Semarang Ir. Suprapto, Ketua Kelompok Tani Desa Pahonjean Rasidan, Kadus Bantareja, dan para kelompok tani desa setempat.

Sertu Teguh Sukamto sendiri saat dikonfirmasi menyampaikan bahwa pendampingan pertanian ini memang luar biasa dan sangat mebantu petani dalam menguasai tehnis-tehnis pertanian sehingga nantinya dapat berproduksi secara optimal.

"Dengan pendampingan seperti ini kami selalu diberikan arahan tehnis dalam mengolah lahan maupun dalam merawat tanamannya, disini saya sampaikan luar biasa karena Babinsa bersama PPL selalu aktif turun ke sawah bersama-sama kami memonitor tanaman hingga saatnya panen nantinya, tambah melimpah," terangnya.

Danramil 13/Majenang, Lettu Inf Sueb saat dikonfirmasi membenarkan adanya kegiatan pendampingan yang dilakukan oleh Babinsa jajarannya tersebut, seluruh Babinsa sudah saya perintahkan untuk memonitor perkembangan persemaian petani dan konsentrasinya sekarang memang pada pengendalian hama pada tanaman.

Namun demikian kaidah-kaidah perlakuan terhadap persemaian seperti itu kalau memang anjurannya harus dilakukan penyemprotan guna kekebalan bibit tersebut dari serangan hama wereng maupun organisme pengganggu tanaman lainnya, hendaknya diikuti oleh petani guna optimalisasi produksinya nantinya. (Sty)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال