Presiden Hadiri Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke-57 di Cibubur


Jakarta, IMC - Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo menghadiri upacara peringatan Hari Pramuka ke-57 yang dihelat di Lapangan Gajahmada, Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur, Jakarta Timur, Selasa sore, 14 Agustus 2018. Presiden yang juga merupakan Ketua Majelis Pembimbing Nasional (Mabinas) Gerakan Pramuka bertindak sebagai pembina upacara.

Setibanya di lokasi sekira pukul 15.57 WIB, Presiden yang mengenakan seragam pramuka lengkap disambut oleh Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault. Presiden kemudian menuju mimbar utama untuk menyaksikan persembahan atraksi para Anggota Pramuka.

Atraksi dibuka dengan aksi kolone tongkat yang membawa 57 bendera pramuka. Selain itu ditampilkan juga aksi pasukan semafor pramuka dan keterampilan kepramukaan lainnya. Selanjutnya para Anggota Pramuka yang berasal dari Kwartir Cabang Tangerang Selatan menyuguhkan atraksi Tari Anggrek.

Dalam amanatnya, Presiden mengucapkan selamat ulang tahun untuk Gerakan Pramuka. Presiden juga mengapresiasi Gerakan Pramuka yang telah turut berkarya dalam pembentukan generasi muda Indonesia yang cinta Tanah Air, yang berdarma bakti bagi kejayaan bangsa dan negara.

"Pertama-tama saya ingin mengucapkan selamat ulang tahun yang ke-57 kepada segenap unsur Gerakan Pramuka, kepada segenap praja muda karana, jiwa muda yang suka berkarya di seluruh tanah air dan yang berada di kantor-kantor perwakilan luar negeri," kata Presiden.

Sebelum menyampaikan amanatnya, dalam kesempatan ini Presiden juga menganugerahkan tanda penghargaan Gerakan Pramuka kepada enam orang penerima. Lencana Melati diserahkan kepada Ketua Mabida Kalimantan Utara Irianto Lambrie, Lencana Satyawira Utama untuk Ketua Mabida Jambi Fachrori Umar, Lencana Darmabakti untuk Ketua Mabicab Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin, Lencana Karya Bakti untuk Ketua Kwarda Kepulauan Riau Arif Fadillah, Lencana Teladan untuk Pramuka Siaga Garuda Kabupaten Bogor M. Abyan Mudzakir, dan Lencana Teladan untuk Pramuka Pandega Garuda Kota Semarang atas nama Zahrotul Aliyah.

Setelah penganugerahan tanda penghargaan, Presiden kemudian menandatangani sampul peringatan Hari Pramuka ke-57. Saat penandatanganan, Presiden tampak didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara, dan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault. Selain itu pada upacara kali ini tampak hadir juga Sekretaris Jenderal _World Organization of Scout Movement_ Ahmad Alhendawi.

Acara kemudian ditutup dengan pembacaan doa oleh Anggota Pramuka cilik, M. Andra Wibowo. Selesai upacara, Presiden beserta Ibu Iriana meninggalkan tempat upacara sekira pukul 17.20 WIB. (red)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال