Warga Peduli AIDS (WPA) Merupakan Wujudan Partisipasi Masyarakat



Wonogiri | Jateng, IMC  -  Bertempat di Pendopo Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogori telah berlangsung kegiatan Advokasi Dan Sosialisasi Pembentukan Warga Peduli Aids (WPA).
Kegiatan tersebut dihadiri Camat Purwantoro Joko Susilo, Kapolsek diwakili Iptu Wiyono, Danramil 19/Purwantoro Kapten Kav Subagyo yang diwakili Batuud Pelda Sujono, Sekcam Samuri, Kepala Puskesmas 1 Dr. Warseno Ismunandar, Kades se-Kecamatan Purwantoro, Penggerak PKK se-Kecamatan  Purwantoro, Tomas, Toga dan  Toda perwakilan tiap desa se Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri, Selasa (05/06).
           
Pada kesempatannya, Camat Purwantoro Joko Susilo  menyampaikan, kegiatan  pembentukan Warga Peduli Aids (WPA) adalah dalam rangka pelaksanaan program Penurunan Kesakitan dan Kematian terkait HIV dan AIDS di Kabupaten Wonogiri, bahwa setiap desa membentuk warga peduli HIV-AIDS yang terintegerasi dengan forum kesehatan desa. "Pembentukan Warga Peduli AIDS (WPA) tersebut merupakan perwujudan partisipasi masyarakat dalam Penanggulangan HIV-AIDS". Ujarnya.

Sementara, Kepala puskesmas 1 Kecamatan Purwantoro, Dr. Warseno Ismunandar menyampaikan, “Warga Peduli AIDS adalah sebuah iktiar untuk membangun kesadaran Nasional dalam pencegahan dan Penanggulangan HIV dan AIDS yang selama ini kurang melibatkan masyarakat sebagai aktor. Melalui WPA ini, program pemberdayaan masyarakat yang ada dengan prinsip transparasi, partisipatif dan akuntabilitas, serta memperhatikan nilai agama dan budaya di masing-masing daerah, sehingga masyarakat tahu, mau dan mampu menanggulangi HIV-AIDS di lingkungannya.

Kemudian pembentukan WPA ini dimaksudkan untuk menghapus stigma dan diskriminasi terhadap pengidap HIV (ODHA). Pembentukan Warga Peduli AIDS (WPA) adalah sebagai upaya Penanggulangan dan Pencegahan HIV-AIDS di Kecamatan Purwantoro Kabupaten Wonogiri.

Tujuan pembentukan WPA adalah terbentuknya Warga Peduli AIDS (WPA) di wilayah Kecamatan Purwantoro, Identifikasi potensi masalah penularan HIV-AIDS di wilayah Purwantoro dan Penangananya,  Adanya edukasi dan fasilitasi masyarakat kelayanan atau akses layanan yang ada, Terbentuknya Kader Warga peduli AIDS (WPA) yang dapat memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang HIV-AIDS yang benar serta Menjaga Harmonisasi warga tanpa adanya diskriminasi bagi orang yang terinfeksi HIV. (S)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال