Pencegahan Peredaran Narkoba, Kodim Brebes Gelar Sidak Test Urine

Brebes | Jateng, IMC - Dalam rangka pencegahan penyalahgunaan narkoba di lingkungan TNI,  Kodim 0713/Brebes dan jajarannya melakukan tes urine terhadap anggota Kodim dan jajaran di Makodim 0713/Brebes  Jl. Jenderal Sudirman No. 107 Kabupaten Brebes, Senin (04/6/2018).

Kegiatan tes urine dimulai setelah selesai upacara bendera awal bulan Juni 2018 oleh anggota Staf Intel, kemudian personel dipanggil perkelompok terdiri dari 10 orang, selanjutnya menuju ke kamar mandi dan diawasi oleh petugas. Setelah kegiatan  pengambilan urine selesai selanjutnya dilakukan pemeriksaan dengan alat tespack yang sudah disiapkan.

Pasi intel Kodim 0713/Brebes Kapten Inf Tuteng Aryalona menyatakan, tes urine ini merupakan bagian dari program Kodim 0713/Brebes dalam Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) Triwulan II TA.2018. “Tes urine ini dilakukan secara mendadak (tiba-tiba) terhadap seluruh anggota Makodim dan jajarannya, bertujuan untuk mengetahui kemungkinan adanya anggota yang terlibat narkoba,”ujarnya.

Dirinya menambahkan, pelaksanaan tes urine tersebut merupakan upaya internal Kodim dalam mencegah dan memberantas narkoba di tubuh TNI khususnya di Kodim 0713/Brebes

Dandim 0713/Brebes Letkol Ahmad Hadi Hariono mengatakan "Kami melakukan pemeriksaan urin dilakukan setiap 3 bulan sekali, dan itu perintah langsung dari komando atas yang bertujuan mengecek anggota apakah ada yang terlibat di dalam narkoba, ini wajib kami lakukan sudah berkali-kali dilaksanakan tidak ada yang terlibat," ucap Dandim.

Disamping itu, dia juga menghimbau kepada anggota tidak boleh berdekatan dengan siapapun juga.

"Hati-hati juga bergaul jangan karna hanya nafsu kita terjerumus. Peraturan sudah jelas, pengedar atau pemakai bisa kena sanksi atau dipecat," pungkasnya.

Dalam pemeriksaan urin tersebut sebanyak 100 orang TNI dan PNS Kodim diperiksa secara acak disetelah kegiatan upacara. Kegiatan ini adalah kerja sama Staf Intel dengan BNK Brebes. Sementara sejauh ini dari personel yang diperiksa urinnya diperoleh hasil negatif. (Pendim 0713/Brebes).

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال