Kasdim 0736/Batang Mayor inf Raji Mewakili Dandim Hadiri Acara Silaturahim Dan Buka Puasa Bersama

Batang | Jateng, IMC -  Dandim 0736/Batang Letkol Kav Henry Rudi Judianto Napitupulu  yang diwakili Kasdim  Mayor Inf Raji  menghadiri  acara Silaturahim dan Buka Puasa Bersama   di Pondok Pesantren Modern TAZAKA Desa Sidayu, Kecamatan Bandar Kabupaten Batang, Minggu (20/5/18). 

Acara rutin tahunan yang selalu diadakan pada bulan Ramadhan kali ini dihadiri oleh Menkominfo/Ketua DMI Rudiantara, Bupati Batang dan Forkompimda, santri dan salisantri dari 21 provinsi, marbot, muadzin dan imam masjid, togatomas, ormas-ormas dan masyarakat. Tak kurang dari 3800an orang hadir ikut mensyiarkan Ramadhan itu. 

Rudiantara hadir mewakili Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia yang juga Wakil Presiden RI HM. Jusuf Kalla.

"Undangan kepada Wakil Presiden sudah diterima beliau, namun karena beliau acara kenegaraan ke Turkey, maka beliau menugaskan Pak Rudiantara untuk hadir ke Tazakka. Di struktur DMI, Pak Rudiantara sebagai salah seorang ketua" jelas Kiai Anizar.

Acara dikemas dengan baik dalam satu rangkaian buka puasa dan santunan bagi dhu'afa dan yatim piatu serta tali asih dan pemeriksaan kesehatan gratis bagi imam muadzin dan marbot masjid, serta donor darah.

Acara silaturahim & buka puasa bersama Menkominfo, dibuka dengan sambutan Bupati Batang. Dalam sambutannya, Bupati Batang, H. Wihaji, S.Ag., M.Pd. mengucapkan selamat datang kepada Menkominfo. Menurutnya, Bandar dengan adanya Pesantren Tazakka dan Undip yang akan dibangun, menjadikan Bandar sebagai kota pendidikan. 

Pimpinan Pondok KH. Anang Rikza Masyhadi, MA menegaskan bahwa forum pertemuan seperti ini sangat mahal karena semua elemen umat dapat berkumpul dalam suasana yang hangat dan penuh kekeluargaan. “Ini wujud ukhuwah Islamiyah,  ukhuwah wathaniyah, dan ukhuwah basyariyah sekaligus" ujarnya.  

Ibarat orang sedang shalat berjamaah, kata Kiai Anang, shaffnya yang lurus dan rapat, supaya tidak diisi oleh setan. 

"Kata Rasul, shaff shalat yang renggang bisa diisi oleh setan, itu artinya perintah supaya shaffnya rapat. Nah, dalam konteks kebangsaan, kita ini sedang berjamaah, maka kalau shaff kebangsaan kita rapat, maka setan-setan provokator yang ingin memecah-belah bangsa ini tidak bisa masuk" tandasnya. 

Menkominfo RI Rudiantara, S.Stat, M.BA dalam wejangan dan nasihat di hadapan sekitar 3800an hadirin mengungkapkan kekhawatirannya akan munculnya kelompok kelompok radikal dan teroris akibat konten-konten paham radikalisme dan terorisme di dunia maya. 

Menkominfo berharap pesantren bisa berperan aktif dalam menyebarkan konten-konten yang positif untuk mengcounter balik konten yang mengandung paham radikalisme dan terorisme.

"Saya berharap dari pesantren ini bisa membuat konten-konten positif. Saya bisa fasilitasi dengan sistem. Saya minta bantuan pesantren bikin konten-konten yang bisa menggambarkan Islam yang sesungguhnya, dan saya janji untuk memfasilitasinya" ujarnya bersemangat.

Menkominfo juga mengatakan bahwa kementeriannya menargetkan di tahun 2022 semua pesantren dan lembaga pendidikan lainnya akan berbasis internet. "Jadi nanti semua pesantren akan saling terkoneksi satu sama lain" imbuhnya. 

Acara berjalan sangat meriah, panitia menyiapkan 4000 box nasi dan ta'jil, serta sekitar 1000 parsel tali asih yang akan dibagikan kepada para dai, imam, muadzin dan marbot masjid serta dhuafa. Secara simbolik beberapa diantaranya diserahkan pada acara itu, dan lainnya akan didistribusikan door to door oleh tim amil Lazis Tazakka. 

Hadir semua elemen organisasi kemasyarakatan antara lain: NU, Banser, Muhammadiyah, Kokam, Kiai-kiai Muda Jawa Tengah, FKPPI, FPI, Pemuda Pancasila, Srikandi, HNSI, Pagar Nusa, Gojukai, LBH Lindu Aji, GMBI, Barisan Roban, dan lain sebagainya.

Kiai Anizar, salah seorang Pimpinan Pondok Tazakka menegaskan bahwa bertemunya semua elemen masyarakat di Tazakka ini untuk semakin merekatkan ukhuwah, sekaligus menyinergikan dan mengkolaborasikan berbagai potensi untuk meraih kemajuan bersama.

Tazakka sesuai dengan taglinenya adalah menjadi perekat umat, terus bergerak dalam kegiatan pendidikan, sosial, dakwah dan  kemasyarakatan dalam rangka membina ukhuwah Islamiyyah dan ukhuwwah wathoniyah.

Ketua panitia Aminuddin menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut membantu dalam suksesnya acara buka puasa bersama ini.(Pen-0736)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال