Bersama Perangi Hama Tikus Sawah,Babinsa Berbaur Dengan Warga




Batang | Jawa Tengah ,IMC - Dalam upaya menekan populasi tikus sawah, para Babinsa Koramil13/Banyuputih, bersama petani, serta warga melakukan pembasmian massal memburu hewan  ini, Kegiatan ini sebagai wujud kepedulian bersama akan ketahanan pangan di Kabupaten Batang ,Jumat (11/5/18).


Kegiatan pembasmian hama tikus ini dilakukan oleh para Babinsa dari Koramil13/Banyuputih bersama PPPL Kec Banyuputih.dan aparat Desa Kalibalik, Kecamatan Banyuputih. Sebelum kegiatan dilaksanakan, para petani diberikan sosialisasi bagaimana caranya berburu hama tikus menggunakan bahan Kimia PETROKUM 0,005 BB yang diberi dari dinas terkait.

Menurut Kepala Desa (Kades) Kalibalik Bapak Kuat Basari, kegiatan berburu hama tikus tersebut dalam upaya untuk mengurangi serangan sejumlah hama padi, khususnya tikus. “Karena serangan hama tikus hampir setiap musim tanam, yang terjadi saat-saat beberapa hari lagi padi akan dipanen,” ungkapnya.

Di waktu yang sama Babinsa Serka Hermansyah menyampaikan, bahwa apa yang mereka lakukan ini merupakan salah satu dari beragam cara memberantas hama di sawah bagi para petani, selain dengan membunuh hama lewat bahan kimia, “yang jelas cara yang alami serta bisa menumbuhkan rasa kebersamaan dan kegotongroyongan,” katanya di sela-sela kegiatan memburu tikus.

Sementara itu, komandan Koramil (Danramil)13/Banyuputih, Kapten Arm Rasmono, menjelaskan bahwa keterlibatan Koramil dalam kegiatan perburuan hama tikus tersebut sebagai upaya membantu petani dalam membasmi hama, apa yang mereka lakukan tersebut, menurutnya merupakan pendampingan terhadap petani, sebagai tindak lanjut MOU TNI dengan Kementerian Pertanian, dalam upaya peningkatan ketahanan pangan.

“Kegiatan ini merupakan yang pertama dilaksanakan di Desa Kalibalik, dengan menurunkan seluruh Babinsa, untuk bergabung dan mendampingi para petani, dan mudah-mudahan akan membuahkan hasil yang maksimal," ujarnya.(Pen-0736)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال