Dengan Pola Tanam Jarwo Hasil Panen Padi di Karangpucung Lebih Meningkat




Cilacap | Jateng, IMC - Personel Babinsa  Koramil 15/Karangpucung Jajaran Kodim 0703/Cilacap  bersama PPL Kecamatan Karangpucung terus melakukan  pendampingan dimusim panen padi di wilayah binaannya, salah satunya di Dusun Cijanggot, Desa Sindangbarang, Kecamatan Karangpucung, Kabupaten Cilacap, Senin (05/03).

Pendampingan panen padi kali ini dilaksanakan di lahan milik Kelompok Tani "Setyo Ngudi Karyo" seluas 34 Hektare. Jenis padi yang dipanen Cigeulis dengan pola tanam Jajar Legowo (Jarwo), pola tanam ini ternyata mampu meningkatkan hasil panen hingga 9,6 Ton per Hektare. Hasil ini tentu sangat memuaskan para petani "Setyo Ngudi Karyo" karena hasil panen sebelumnya hanya mencapai 8 Ton per hektare," Ujar Babinsa Serka Suwarjo, Senin (05/03/2018).

Kata Babinsa, Dalam pelaksanannya Kelompok Tani "Setyo Ngudi Karyo" juga memanfaatkan alat perontok padi bantuan dari Pemerintah, sehingga proses panen menjadi lebih menghemat waktu dan tenaga.
Selain itu, dengan menggunakan alsintan perontok padi kualitas gabah yang dihasilkan lebih bersih daripada menggunakan alat tradisional," terangnya.

Pendampingan panen padi ini merupakan bentuk dukungan dari Koramil Karangpucung dalam rangka mensukseskan Program Swasembada Pangan Nasional."Tindakan untuk mendukung para petani di desa binaan di wilayah Koramil Karangpucung merupakan perintah langsung dari komando atas dalam rangka mensukseskan program swasembada pangan Nasional.

"Kami sebagai Babinsa akan selalu siap mendampingi para petani, dan berkoordinasi dengan pihak terkait serta pihak manapun demi suksesnya program ketahanan pangan ini khususnya di wilayah Kecamatan Karangpucung dan Kabupaten Cilacap pada umumnya, " tandas Serka Suwarjo. [ STY ]

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال