Bencana Tanah Longsor Terjadi di Cimanggu, 2 Rumah Terancam Longsor Susulan




Cilacap | Jateng, IMC - Musibah tanah longsor terjadi di Dusun Petir RT. 01 RW. 06 Desa Karangsari Kecamatan Cimanggu Kabupaten Cilacap, Minggu (11/03) pukul 06.00.
Kejadian tersebut, sebuah tebing setinggi 6 meter mengalami longsor yang menimpa rumah warga milik Murodi (50), dan membuat bangunan rumah bagian samping mengalami kerusakan.

Dalam laporan Koramil 14/Cimanggu yang diterima Penerangan Kodim 0703/Cilacap, Minggu (11/03/2018) mengatakan, "longsor sendiri terjadi akibat tingginya curah hujan yang terjadi terus menerus.
Tiba-tiba sekira pukul 06.00 Wib pagi hari, Murodi mendengar suara batu jatuh dan langsung keluar melihat sekeliling rumahnya. Ternyata tebing dekat rumahnya menimpa rumah miliknya, beruntung tidak ada korban jiwa.

Seketika itu pemilik rumah Murodi langsung menghubungi Babinsa, Kepala Desa dan Perangkat Desa Karangsari, dan diteruskan ke Forkompincam Cimanggu. Kondisi saat itu masih hujan, sehingga diputuskan untuk kerja bhakti dilaksanakan setelah hujan reda. Kerja bhakti difokuskan untuk membersihkan material longsoran dan mencegah terjadinya longsor susulan".terangnya.

Menurut Danramil 14/Cimanggu, Lettu CPM Agus Santoso, pada kejadian tersebut, anggota Koramil 14/Cimanggu terjun langsung membantu warga yang terkena longsor tebing permanen diatasnya, serta membuat penahan tebing untuk menghindari longsor susulan. Mengingat saat ini masih ada dua rumah yang terancam tanah longso yakni rumah milik Sutarmo (55) dan Surminah (35)". Ujarnya.
Adapun tebing yang longsor tersebut dengan panjang 15 meter dan tinggi 6 meter, dan kerugian ditafsir hingga  mencapai puluhan juta rupiah.
[ Sty ]

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال