Tinjau Longsor di Brebes, Mensos: “Jangan Sampai Ada Anak Bangsa yang Tak Tertolong”

Brebes, IMC - Menteri Sosial RI M Idrus Marham menandaskan, tidak boleh ada satu pun anak bangsa yang jadi korban bencana. Untuk itu, semua anak bangsa juga harus turun tangan melakukan upaya upaya prefentif agar tidak jadi bencana. 

"Bencana tidak bisa diduga sebelumnya, namun kita bisa mengantisipasi berbagai persoalan yang menjadi tanda tanda alam, maka tak boleh satupun anak bangsa yang jadi korban," kata Idrus saat meninjau lokasi Longsor di desa Pasirpanjamg, Salem Brebes, Selasa (27/2).

Idrus mengingatkan agar komponen bergerak dengan satu koordinasi yang kuat. Termasuk penanganan Longsor dan Banjir harus ditangani cepat dan tepat. "Kalau sudah ditetapkan tanggap darurat, maka penanganan dan penganggaranya sah untuk dilakukan pemulihan," tandas Idrus.

Dia juga mengintruksikan untuk menghitung kerugian dan memperbaiki fasilitas yang rusak. Seperti jembatan yang rusak, putus, harus secepatnya diperbaiki karena sangat vital yang menghubungkan dua kecamatan yakni Banjarharjo dan Salem.

Dalam kesempatan tersebut juga diberikan bantuan sebesar Rp 1.163.382.150 dengan perincian sebagai berikut;
- Bantuan logistik tanggap darurat sebesar Rp 347.301.150,
- Bantuan logistik buffer stock prov Jateng Rp. 47.396.000,
- Santunan ahli waris (13 org) Rp 195 juta
- Santunan luka luka (12) Rp 24 juta
- Sembako penerima santunan (25 org) Rp 3.750.000,-
- Sembako pengungsi (250 orang) Rp 22,5 juta
- Bantuan mobil dapur umum lapangan 1 unit senilai Rp 523.435.000

Selain itu, diberikan juga bantuan logistik tanggap darurat berupa paket lauk pauk A, B,C,D sebanyak 400 paket, Family kit 100 paket, kidsware 100 paket, foodware 50 paket, kasur 100 unit, velbet 100 unit, tenda gulung 249 lembar, sandang 200 paket, selimut 200 paket, peralatan bermain anak 10 paket dan peralatan belajar anak sebanyak 10 paket.

Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH atas nama masyarakat Brebes mengucapkan terima kasih dan merasa bahagia, bangga atas kedatangan Mensos Idrus.Marham dan Ketua DPR RI Bambang Soesetyo. 

Kedatangan mereka sangat membahagiakan apalagi disertai dengan membawa bantuan.
Semoga yang meninggal dunia khusnul khotimah dan yang ditinggalkan tetap sabar. Mudah mudahan membawa hikmah untuk tetap dalam keadaan imam dan islam. (Wasdiun)




Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال