Koramil 09/ Kawunganten Bantu Program Jambanisasi di Wilayahnya



Cilacap, IMC - Para Babinsa dari Koramil 09/Kawunganten, Kodim 0703/Cilacap melakukan karya bakti pembuatan jambanisasi bagi masyarakat kurang mampu dan yang belum memiliki jamban, kali ini Personel Babinsa Koramil 09/Kawunganten terjun ke sasaran pembuatan jambanisasi di rumah Supariyah (80) warga RT. 01 RW. 06, Dusun Karangbawang, Desa Kawunganten, Kecamatan Kawunganten, Kabupaten Cilacap, Kamis (25/01/2018).

Pembuatan jamban gratis bagi masyarakat miskin dan kurang mampu ini sebagai wujud kepedulian satuan Kodim 0703/Cilacap khususnya Koramil 09/Kawunganten terhadap kondisi masyarakat desa yang masih belum memiliki jamban, jika hal ini dibiarkan berlarut maka akan berpengaruh terhadap kesehatan warga itu sendiri.


Danramil 09/Kawunganten, Kodim 0703/Cilacap, melalui Bati Komsos, Seka Sugiyanto  menyampaikan, bahwa buang hajat di sungai di pekarangan  untuk saat ini sudah tidak jamannya lagi. Disamping dilihat tidak baik dan tidak sehat, buang hajat sembarangan berdampak penyakit.

"Itu merupakan penyakit yang membuat orang terkena diare. Setelah itu bisa menjadi dehidrasi, lalu karena kondisi tubuh turun maka masuklah penyakit-penyakit lain," tandasnya.

Menurutnya, pembuatan jamban diwilayah Koramil 09/Kawunganten dilaksanakan secara tersebar di setiap desa, sebelum pembuatan para Babinsa melakukan cek dan pendataan di lapangan sehingga akan tepat sasaran.

"Hal ini disamping sebagai aplikasi kegiatan program dari  Komando atas, jambanisasi ini sekaligus upaya agar masyarakat bisa hidup sehat," imbuhnya.

Dijelaskannya juga, kegiatan ini disamping dapat meringankan beban rakyat, juga jalinan komunikasi sosial akan tercapai guna memperkokoh kemanunggalan TNI–Rakyat. " pungkas Serka Sugiyanto. [ S - Pendim Cilacap ]

Penulis : Serda Sutaryo
Penyunting : Bambang Herman

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال