Gampong Paya Bujoek Beuramo Kota Langsa Raih Juara II Lomba Asuhan Mandiri TOGA dan Akupresur Tingkat Kota Langsa Tahun 2017



Langsa, IMC - Desa Paya Bujoek Beuramo Kecamatan Langsa Barat Kota Langsa meraih juara II (dua) lomba asuhan mandiri TOGA dan Akupresuruntuk tingkat Kota Langsa Tahun 2017.


Piala dan uang pembinaan sebanyak Rp. 750.000 diserahkan olehSekretaris Daerah Kota Langsa, H. Syahrul Thaib, SH, MAP kepada Geuchik Paya Bujoek BeuramAbdul Manaf setelah upacaraperingatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 53 Kota Langsa (13/11/2017) bertempat di Lapangan Merdeka Kota Langsa.

Geuchik Abdul Manaf terlihagembira dan tersenyum saat disapa IMC, "Alhamdulillah gampong yang saya pimpin meraih juara II (dua) lomba ini, Insya Allah Tahun 2018 kami akan dapat juarapertama", ujarnya sambil menepuk bahu Geuchik PayBujoek Teungoh, Idris Ismail yang meraih peringkat satu.


Informasi yang IMC dapatkan dari website Dinkes Aceh, bahwa Asuhan mandiri atau selfcare adalah suatu upaya yang dilakukan oleh manusia untuk mengatasi masalah kesehatan ringan yang dikeluhkan ataupun untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran bagi diri sendiri dan keluarga agar tidak mudah jatuh sakit.

Sedangkan Asuhan mandiri kesehatan tradisional berarti selfcare yang dilakukan dengan obat dan metode tradisional. Dalam hal ini obat dan metode yang dilakukan adalah dengan pemanfaatan taman obat keluarga (TOGA) dan pijatan akupresur.

Taman obat keluarga atau TOGA adalah sekumpulan tanaman yang berkhasiat obat yang dapat ditanam di sekitar rumah dan kemudian dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan. Jenisnya sangat banyak, yang umum ditemukan misalnya temu-temuan, daun sirih, pegagan, dan lainnya.

Akupreusur adalah metode pemijatan yang efektif untuk meningkatkan kesehatan ataupun mengatasi masalah kesehatan dengan melakukan penekanan pada titik tubuh tertentu. Misalnya tekanan pada titik di perpotongan garis tegak lurus dari sudut kuku jari kelingking sebanyak 30 kali, sangat efektif untuk memperlancar ASI pada ibu menyusui.


Kepala Puskesmas Langsa Barat. Ayu Artlinta, SKM, M. Kes menceritakan kepada IMC bahwa tahun ini semua pemenang lomba asuhan mandiri toga dan akupresur diraih oleh gampong dalam wilayah Kecamatan Langsa Barat.

"Juara satu diraih oleh Gampong Paya Bujoek Teungoh, juara kedua Gampong Paya Bujoek Beuramo dan juara tiga diraih oleh Gampong Matang Seulimeng", ucap Ayu dengan semangat.

Menutup pembicaraan, Ayu Artlinta menjelaskan bahwa puskesmas mempunyatugas membina upaypengobatan tradisional dalam bentuk: Melestarikan bahan-bahan tanaman yang dapat digunakan untuk pengobatan tradisional dan Melakukan pembinaan terhadap cara-cara pengobatan tradisional. 
Penulis: T. Iskandar Faisal.

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال