Kapten Kav. Nur Sohib Berikan Wawasan Kebangsaan Kepada Pelajar SMAN 3



Cilacap, IMC - Pemberian materi tentang Pendidikan Karakter kepada Siswa SMAN 3 Cilacap diberikan langsung oleh Komandan Koramil 01/Cilacap Kapten Kav. Nur Sohib Ansori, Kamis (20/07). Danramil 01/Cilacap memaparkan materi Wawasan Kebangsaan Indonesia saat ini kepada sejumlah Siswa SMAN 3 Cilacap yang baru memasuki tahun ajaran baru 2017 - 2018 di Gedung PGRI Cilacap Tengah, Kabupaten Cilacap.

Kepada para pelajar, Kapten Kav. Nur Sohib Ansori menjelaskan tentang Empat Pilar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI serta tiga unsur pokok Wawasan Kebangsaan yaitu Rasa kebangsaan, Paham Kebangsaan, dan Semangat Kebangsaan.


Kata Danramil, rasa kebangsaan merupakan wujud dari Sumpah Pemuda yang menyatukan tekad menjadi bangsa yang kuat, dihormati, dan disegani di antara negara–negara di dunia. Paham kebangsaan merupakan komitmen bersama yang benar– benar dilandasi semangat kebersamaan, senasib, dan sepenanggungan.

Sedangkan semangat kebangsaan merupakan perpaduan antara rasa dan semangat kebangsaan akan terpancar dari kualitas dan ketangguhan bangsa dalam menghadapi ancaman.
Selain itu Danramil juga menyampaikan tentang tren perang saat. Satu di antaranya berupa Proxy War di Indonesia. 

Sasarannya adalah generasi muda untuk menghilangkan rasa nasionalisme, menghilangkan patriotisme, tidak mau menghargai orangtua, cuek, dan tidak peka terhadap lingkungan, sikap dan perilakunya yang tidak mencerminkan budaya bangsa dan egoisme serta kebebasan tanpa batas, sehingga akan mudah dipecah belah dan mudah dikendalikan oleh pihak ketiga. 

Selain itu, Danramil juga menyinggung bahaya narkoba, seks bebas/pornografi, terorisme, aliran sesat, dan kekerasan/perkelahian antarpelajar.
Pada kesempatan itu pula, para siswa didampingi guru pendamping. Seorang guru menyampaikan, harapannya dengan belajar Wawasan Kebangsaan khususnya bela negara sejak dini sehingga akan tumbuh rasa cinta tanah air.

Pada kegiatan tersebut mendapatkan respon yang sangat positif dari kalangan siswa, ini terlihat banyaknya pertanyaan dari siswa /siswi yang disampaikan pada saat sesi tanya jawab oleh Danramil Kapten Kav. Nur Sohib Ansori. (Pendim0703Clp)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال