Babinsa Koramil 14/Cimanggu Bantu Warga Ngecor Jalan



Cilacap, IMC - Kebersamaan warga dengan TNI di Dusun 
Cigintung, Kecamatan Cimanggu patut dicontoh. Kebersamaan ini terlihat saat warga melakukan pembangunan peningkatan infrastruktur jalan Dusun di desa setempat, Jumat (15/07). Tampak puluhan warga dengan dibantu anggota TNI Babinsa Koramil 14/Cimanggu, Kodim 0703/Cilacap selama pengecoran jalan.

Danramil 14/Cimanggu melalui Batuud Pelda Budiyana mengatakan keterlibatan anggota TNI di saat kegiatan tersebut yakni untuk ikut meringankan warga dan mempercepat proses betonisasi agar akses jalan segera bisa digunakan.

“Saya sangat mengapresiasi semangat gotong-royong warga dusun Cigintung dalam pelaksanaan program ini. Kami juga terharu kepada warga yang merelakan waktunya untuk kerja bakti,” terang Batuud di dampingi Babinsa Sertu Mulyono.


Dijelaskan, tugas pertahanan terhadap NKRI tidak hanya memangul senjata saja bagi anggota TNI. Namun, keterlibatan anggota TNI berbaur dengan masyarakat adalah bentuk kemanunggalan TNI bersama rakyat. Dengan kegiatan itu, hubungan emosional dengan warga akan semakin terjaga dan harmonis.

Memang setiap ada kegiatan pembangunan desa, warga selalu melibatkan anggota TNI khususnya Babinsa. Itu menunjukkan bahwa bersama rakyat, TNI kuat," pungkasnya.

Saat ini warga sedang membangun jalan yang tadinya berupa jalan tanah dijadikan jalan beton. Pembangunan jalan dengan betonisasi tersebut setelah mendapat suntikan dana dari Dana Desa yang sebagian sudah cair. Anggaran pekerjaan bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD).

Sekdes desa setempat, Ujang, mengatakan, pembetonan jalan dilakukan secara beegotong-royong oleh warga setempat. Jalan itu merupakan akses yang menghubungkan dusun Cigintung ke dusun Kaliung dan dusun Karangsari, Kecamatan Cimanggu.

Jalan ini merupakan jalan lintas warga di dusun. Namun, karena berada di permukiman warga, sesuai hasil rapat desa menjadi tanggung jawab RT setempat. Yang beton tanggung jawab masing-masing RT setempat,” katanya.

Ujang menambahkan, pengecoran jalan dilakukan oleh warga secara bergotong royong dan terbagi menjadi beberapa kelompok. Masing-masing kelompok warga ada yang bertugas membuat adonan pengecoran.

“Warga lain ada yang mengambil material cor, krikil, pasir, semen dan air. Beruntung kegiatan pengecoran jalan ini dari anggota TNI Koramil 14/Cimanggu ikut terlibat terjun membantu meringankan pekerjaan warga." Pungkasnya. (Sty-Pendim0703Clp)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال