Tanamkan Pancasila Kepada Generasi Muda, Kodim 0703/Cilacap Gelar Outbond

 Cilacap, IMC  - Serangkaian kegiatan pekan Pancasila dan  memperingati hari lahir Pancasila, Kodim 0703/Cilacap menggelar kegiatan Wawasan Kebangsaan dan Outbond bersama Pelajar SLTA sederajat di Area wisata Benteng Pendem, Teluk Penyu Cilacap, Sabtu (10/06) siang.
Acara yang mengusung tema  "Aku Indonesia Aku Pancasila" diikuti kurang lebih 100 orang pelajar dan Guru pendamping tersebut bertujuan untuk menguatkan dan memperkenalkan ulang dasar-dasar Pancasila dan untuk menarik minat para generasi muda terhadap Pancasila, sehingga diharapkan seluruh komponen bangsa Indonesia dapat menerapkan nilai-nilai Pancasila ke dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Dalam sambutannya Komandan Kodim 0703/Cilacap, Letkol Inf. Ferdial Lubis, MPICT saat membuka pekan Pancasila mengatakan, kegiatan ini dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila yang sudah ditetapkan oleh pemerintah pada 1 Juni yang dilanjutkan dengan pekan Pancasila. “Kegiatan ini bertujuan untuk mengingatkan dan membangkitkan kembali nilai-nilai pancasila. kurang memahami nilai-nilai Pancasila sehingga munculnya paham radikal yang tidak sesuai dengan Pancasila dan  ingin merongrong persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia,” tegasnya.
Dalam kegiatan Pekan Pancasila ini, para pelajar juga mendapatkan materi wawasan kebangsaan tentang Pancasila dan Kebhinnekaan Tunggal Ika, seperti keberagaman yang ada di Indonesia, baik itu keberagaman budaya, adat istiadat, suku, agama, bahasa yang tersebar dari Sabang hingga Marauke yang bersatu dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
"Kendati adanya keberagaman tersebut, sebagai warga NKRI, itu semua tidak menjadi penghalang untuk kita hidup rukun dan damai, sesuai penerapan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila."
Selain itu, materi outbound yang dilaksanakan antara lain tongkat estafet, Boduzer, permadani terbang, hulahop, water estafet dan memindahkan bola dengan tali.
“Saya sangat senang mengikuti kegiatan outbond ini, karena sangat menarik dan penuh tantangan,” ucap salah seorang siswa seusai mengikuti kegiatan pekan Pancasila. (Pendim0703Clp)


Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال