Ciptakan Lingkungan Sehat Dan Bersih, Kecamatan Barat Siapkan Tempat Pengolahan Sampah Berbasis Masyarakat

Magetan (Pewarta) – Menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, merupakan  salah satu program fokus segenap pemerintahan Kecamatan Barat, Kabupaten Magetan. Upaya yang dilakukan diantaranya adalah dengan  membuat tempat penampungan dan pengelolaan sampah berbasis masyarakat di sekitar Kecamatan Barat, tepatnya di Desa Mangge. Saat dikonfirmasi oleh wartawan pewarta, Camat Barat, Yok Sujarwadi menjelaskan bahwa pembangunan tempat penampungan dan pengolahan sampah tersebut dimaksudkan untuk mengolah sampah menjadi sesuatu yang dapat dimanfaatkan. Semisal sampah organik dapat diolah menjadi pupuk kompos, sedangkan sampah non organik yang berupa plastik, kertas, kaleng, botol dilakukan daur ulang. Sedangkan sisa residu pengolahan sampah dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Magetan.
Yok Sujarwadi juga menceritakan teknis pengambilan sampah warga oleh petugas dilakukan secara rutin setiap harinya. “Mereka (warga –red) cukup menaruh sampah di depan pagar rumah, dan setiap hari petugas akan jemput bola mengambilnya, kemudian langsung dibawa ke tempat penampungan dan pengolahan sampah”, jelasnya. Sosialiasi program ini pun sangat gencar dilaksanakan, agar kesadaran warga dalam membuang sampah tidak di sembarang tempat. “Kami melibatkan segenap kepala desa di wilayah Kecamatan Barat, agar menyampaikan gambaran program ini kepada warganya, sehingga program ini bisa terlaksana dengan baik dan kontinyu”, pungkas Yok Sujarwadi.
Sementara itu, Parto, warga setempat menyatakan bahwa dia sangat senang dengan adanya petugas sampah yang setiap hari rutin mengangkut sampah warga, selain lingkungan bersih juga menjadikan lingkungan pemukiman menjadi sehat, terlebih hasil sampah dapat diolah. “Kami tidak perlu repot mas, tinggal menaruh sampah tiap pagi di depan pagar, nanti ada (petugas –red) yang ambil  sendiri”, terang pria paruh baya ini.  (red)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال