Dandim 0712/Tegal Melaksanakan Tatap Muka Pada Kegiatan Latihan Gladi Posko I Tahun 2017 di Makodim 0712/Tegal

Tegal, IMC - Guna menyiapkan satuan kewilayahan dalam rangka penanggulangan bencana alam dan membentuk prajurit serta satuan yang profesional dalam melaksanakan tugas yang akan dihadapkan dilapangan, Kodim 0712/Tegal gelar latihan Posko I penanganan bencana alam erupsi gunung slamet di wilayah kabupaten Tegal dalam rangka operasi penanggulangan bencana daerah di Jawa Tengah. Selasa (17/05).
Bertempat di Indoor Lapangan Tenis Kodim 0712/Tegal, melalui rangkaian latihan posko I pada kegiatan tatap muka bersama Fokorpinda kabupaten Tegal serta Instansi pemerintah dan Tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda desa Kedawung, desa Rembul desa Dukuhtengah, desa Sigedong dan desa Bàtumirah,  Dandim 0712/Tegal Letkol Inf Kristiyanto S.Sos  dalam paparanya mengatakan tujuan utama kegiatan  ini adalah selain silaturahmi dengan para pejabat Fokorpindakabupaten Tegal juga merupakan kesempatan untuk berbagi informasi tentang situasi dan kondisi wilayah kabupaten Tegal dalam sebulan terakhir ini.
Saat ini secara umum kondisi wilayah Jawa Tengah  sedang berada di musim hujan yang akan beralih ke musim kemarau, namun demikian masih terdapat beberapa wilayah yang curah hujannya cukup tinggi sehingga mengakibatkan tanah longsor seperti yang terjadi di desa Dermasuci Kec. Pangkah.
Disamping itu berdasarkan informasi dari Badan Meterologi, Klimatologi dan geofisika (BMKG) maupun  Ikatan  Ahli Geologi Indonesia ( IAGI) saat ini dilaporkan adanya peningkatan aktivitas Gunung Slamet.
Apa bila kondisi ini terus meningkat maka akan mengakibatkan gunung meletus. dan ini mengakibatkan resiko bencana yang akan menimpa wilayah sekitar Gunung Slamet antara lain Brebes, Pemalang, Tegal, Banyumas dan Purbalingga.
Oleh karena itu kita termasuk dalam wilayah sekitar Gunung Slamet pada kesempatan ini mari kita tingkatkan kesiapsiagaan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi diwilayah dengan mengorganisir kembali unsur- unsur yang ada paďa BPBD, kemudian kita sosialisasikan apabila terjadi bencana kita sudah siap untuk menanggulanginya.
Latihan Posko I tingkat Kodim dilaksanakan dengan tujuan untuk melatih serta meningkatkan prosedur hubungan antara Komando dan Staf untuk membantu Pemerintah Daerah setempat dalam menanggulangi bahaya erupsi gunung meletus, seperti yang tercantum dalam tema latihan kali ini, "Kodim 0712/Tegal bersama seluruh komponen bangsa di wilayah membantu menanggulangi akibat bencana alam erupsi gunung slamet, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan dalam rangka operasi militer selain perang.
Dengan cara ini maka dapat diukur kemampuan setiap staf dan satuan dalam menyelesaikan masalah yang timbul di lapangan, sekaligus dapat melakukan perbaikan, pengembangan dan penyempurnaan baik menyangkut protap, prosedur maupun taktik dan kodal yang lebih menggambarkan kesiapan. ( Teguh )

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال