Cegah Banjir, Koramil 0810/03 Loceret Bersama Masyarakat Buat Saluran Air

pewarta-madiun.net, Nganjuk – Dusun Sonanggan adalah salah satu dusun yang masuk wilayah desa Ngepeh kecamatan Loceret. Tempatnya yang berada di daerah ketinggian membuat dusun Sonanggan rawan longsor pada saat hujan deras, dimana air yang turun dari bukit langsung turun ke perkebunan milik masyarakat. Tidak jarang pula bebatuan ikut turun dari bukit pada saat turun hujan. Selain itu jarak antara dusun Sonanggan dengan dusun yang lain cukup jauh dan terpisahkan oleh hamparan hutan yang cukup lebat.
 
Oleh karena itu Koramil 0810/03 Loceret merasa tergerak untuk membantu meringankan beban masyarakat dusun Sonanggan tersebut. Bersama sekitar 50 orang masyarakat dusun Sonanggan, seluruh anggota Koramil 0810/03 Loceret dipimpin Kapten Arh Sarji melaksanakan karya bhakti membuat saluran air, Selasa ( 07/03/17 ). Hadir pula dalam kegiatan tersebut Moh. Afifodin Kades Ngepeh.
 
Menurut Kapten Arh Sarji Danramil 0810/03 Loceret dengan dibuatnya saluran air tersebut diharapkan aliran air yang turun dari bukit pada saat hujan bisa tertampung di saluran air tersebut sehingga tidak merusak perkebunan milik masyarakat. “ Pada saat hujan deras, air dari atas bukit langsung mengalir ke perkebunan milik masyarakat. Kalau dibiarkan secara terus menerus dikhawatirkan perkebunan milik masyarakat akan ikut longsor. Maka kami berinisiatif membuat saluran air ini, dengan harapan air yang jatuh dari atas bukit akan masuk ke saluran air ini sehingga perkebunan milik masyarakat tidak akan longsor nantinya,” papar  Kapten Arh Sarji Danramil 0810/03 Loceret.
 
 Sementara itu ditempat terpisah Moh. Afifodin Kades Ngepeh ketika ditemui mengatakan, “ Luar biasa, kami sangat mengapresiasi semangat dari bapak -bapak TNI khususnya Koramil 0810/03 Loceret yang telah bersedia membantu meringankan beban masyarakat dusun Sonanggan dengan membuat saluran air ini. Semoga dengan dibuatnya saluran ini maka perkebunan milik masyarakat tidak akan longsor pada saat hujan deras,” kata Moh. Afifodin Kades Ngepeh.
 
Pembuatan saluran air yang direncanakan sepanjang 1,5 Km tersebut akan dilaksanakan secara bertahap oleh Koramil 0810/03 Loceret bersama masyarakat dusun Sonanggan secara bergantian. (ed’s0810)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال