No title


WUJUD KEPEDULIAN TERHADAP GENERASI MUDA
PPWI MADIUN DAN PRIMAGAMA GELAR KELAS JURNALISTIK BAGI PELAJAR

Madiun pewarta-madiun.com - Menjelang peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke – 71, Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) Madiun bersama Primagama Uteran menggelar kelas jurnalistik bagi peserta didik SMP dan SMA di Kabupaten Madiun (Jumat, 12/8/2016). Kelas jurnalistik yang diselenggarakan di Gedung Primagama Uteran tersebut mengambil tema “Ilmu Jurnalistik dalam menghadapi Era Globalisasi”. Rangkaian kegiatan  yang mayoritas dihadiri oleh pelajar dari SMPN 1 dan SMAN 1 Geger, Kabupaten Madiun ini mendatangkan narasumber dari PPWI Madiun, Stevanus Eka dan Pengajar Jurnalistik dari PRIMAGAMA UTERAN-DOLOPO, Asep Gosaki. 

Stevanus Eka, pengurus PPWI Madiun mengatakan bahwa acara ini merupakan rangkaian kegiatan di Bulan Agustus yang dikemas bersama PRIMAGAMA UTERAN-DOLOPO. “PPWI sengaja menggandeng PRIMAGAMA dalam kegiatan ini, karena kami merasa memiliki visi  yang sama dalam mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara khusunya bagi pelajar. Sebab merekalah (pelajar) aset berharga bangsa Indonesia di masa depan, bagaimanapun juga kami ikut bertanggung jawab dalam membentuk karakter dan memberikan edukasi bagi pelajar/pemuda”, kata aktivis muda yang sering disapa Evan ini.
 
Selain untuk memberikan pengetahuan dasar jurnalistik kepada pelajar, acara ini juga menambah wawasan dalam menghadapi perkembangan informasi-teknologi di era globalisasi. Sehingga dalam berpartisipasi di zaman modern, pelajar mampu mengimplementasikan ilmunya secara positif. “ Saya cukup tergerak mengamati dan membaca unggahan tulisan generasi muda di dunia maya. Baik di website, jejaring sosial yang bentuknya opini, berita maupun sebatas komentar yang sifatnya kurang obyektif, mengandung SARA, melanggar norma, dll. Mereka mungkin belum sadar bahwa tulisan yang diunggah bisa dijadikan cermin dari tabiat dan karakter mereka. Maka harapan kami melalui kelas jurnalistik ini, materi yang kami sampaikan bersifat ringan namun mengandung pesan,  kaidah dan norma dalam partisipasi mereka di era majunya informasi dan teknologi.”, kata Asep Gosaki,  tutor Bahasa Indonesia & Jurnalistik di bimbingan nasional Primagama ini.

Dalam agenda edukatif tersebut, para peserta tampak antusias mengikuti alur acara mulai awal hingga akhir. Materi yang disampaikan  narasumber diantaranya dasar ilmu jurnalistik, kaidah penulisan berita,  kode etik jurnalis dan praktik langsung menulis berita. Selain kelas jurnalistik, PPWI Madiun dan PRIMAGAMA rencananya juga akan menyelenggarakan kegiatan – kegiatan lainnya yang bersifat edukatif dan pembentukan karakter untuk generasi muda, khususnya bagi pelajar di wilayah Kabupaten Madiun. (Van)
 


Edit : pewarta sat


 

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال